Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Tentang Pengenalan Riset

Riset/Research adalah suatu penyelidikan pemeriksaan, pencermatan, percobaan yang membutuhkan ketelitian tertentu dengan menggunakan metode/kaidah tertentu untuk memperoleh suatu hasil dengan tujuan tertentu.

Penjelasan Tentang Pengenalan Riset

Kegiatan riset/research meliputi pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektifyang bertujuan untuk memecahkan masalah. Perbedaan research dengan riset sebagai berikut :
  • Research hanya mencari sesuatu sedangkan riset lebih dari itu
  • Riset melibatkan pengumpulan informasi secara sistematis untuk menganalisanya untuk menetapkan fakta dan untuk mencapai kesimpulan.
  • Tinjauan dan evaluasi adalah bagian dari riset sedangkan research hanya melibatkan pencarian hal - hal.
  • Berselancar untuk mencari sesuatu di internet hanyalah research sambil membandingkan dan mengevaluasi informasi ini nantinya dapat disebut sebagai riset

Motivasi Penelitian/Riset

Penelitian selalu dimulai dengan adanya dorongan, baik yang berasal dari dalam diri maupun diluar diri si peneliti. Motivasi itu tidak lain keinginan seseorang atau sekelompok (tim) untuk mengetahui sesuatu melalui proses ilmiah.

Jadi keinginan seseorang atau sekelompok yang untuk memperoleh dan mengembangkan pengetahuan merupakan dasar dorongan untuk mengadakan penelitian.

Tujuan Riset

  1. Untuk mendapatkan pengetahuan yang dapat menjawab pertanyaan atau memecahkan masalah
  2. Untuk meningkatkan sejumlah pengetahuan

Jenis - Jenis Riset

A. Jenis Penelitian Kuantitatif

Merupakan Investigasi mengenai sebuah fenomena dengan mengumpulkan data yang dapat diukur menggunakan teknik statistik, matematika atau komputasi.

Penelitian Survei

Adalah jenis penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan sebuah fakta atauapun data yang ada dilapangan.

Penelitian Eksperimen

Memliki tujuan untuk meneliti pengaruh dari suatu perlakuan tertentu terhadap gejala suatu kelompok tertentu dibanding dengan kelompok lain yang menggunakan perlakuan berbeda.

B. Penelitian Kualitatif

Jenis penelitian ini, peneliti ikut serta dalam peristiwa atau kondisi yang di teliti. Untuk itu hasil dari riset kualitatif memerlukan kedalaman analisa dari riset peneliti

C. Penelitian Deskriptif

Adalah penelitian dengan metode untuk menggambarkan suatu hasil penelitian, memiliki tujaun untuk memberikan deskripsi, penjelasan, juga validasi mengenai fenomena yang tengah diteliti.

Pendekatan Penelitian

Merupakan hal yang sangat esensial sebelum seorang peneliti lebih jauh melaksanakan sebuah penelitian. Manfaat adanya pendekatan penelitian adalah ketika menjawab atau menentukan rumusan masalah, penelitian bisa terbantu/mempermudah

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Penjelasan Tentang Pengenalan Riset"