Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri - Ciri Orang yang Diperbarui Oleh Roh Kudus

Ciri - Ciri Orang yang Diperbarui Oleh Roh Kudus

Pembaruan itu tidak terjadi seketika namun dalam sebuah proses pembelajaran iman sebagaimana tercantum dalam Kitab II Korintus 3:18, “Dan kita... sedang diubah menjadi serupa dengan kemuliaan yang terus meningkat, yang datang dari Tuhan, yang adalah Roh.” 

Ayat ini menjelaskan kepada kita bahwa perubahan dan pembaharuan terjadi dalam sebuah proses. Perhatikan bahwa dikatakan “kita sedang diubah.” Ini bukanlah sesuatu yang terjadi dalam sekejap. 

Roh Kudus membentuk orang beriman menjadi ciptaan baru, manusia baru yang hidup dalam roh dan mampu menolak keinginan-keinginan yang menyimpang dari ajaran iman. Apa saja yang menjadi ciri-ciri orang yang diperbarui oleh Roh Kudus? 

1. Mampu bertahan menghadapi godaan

Orang yang dipenuhi oleh kuasa Roh Kudus tidak mudah untuk dipengaruhi dan digoda oleh bermacammacam tawaran kejahatan. Mereka setia pada ajaran imannya. 

2. Setia membaca Alkitab, berdoa, dan beribadah

Orang yang dipenuhi oleh Roh Kudus menjadikan kegiatan membaca Alkitab, berdoa, dan beribadah sebagai kebutuhan utama dalam hidupnya. Mereka tidak akan mengabaikan asupan makanan rohani dalam hidupnya. 

3. Mengerti apa yang menjadi kehendak Allah

Melalui kesetiaan membaca Alkitab, berdoa dan beribadah, seseorang mengasah ketajaman imannya untuk mampu memahami kehendak Allah dalam hidupnya. Alkitab menulis bahwa Roh akan memimpin orang beriman untuk memahami kebenaran yang sejati. 

4. Selalu mengucap syukur dalam segala keadaan

Orang yang dipenuhi oleh Roh Kudus selalu tergerak untuk mengucap syukur dalam segala sitausi hidupnya, waktu susah maupun senang, waktu sehat maupun sakit, waktu bahagia maupun sedih. Untuk bagian ini kemungkinan siswa akan bertanya pada guru, mengapa saya harus mengucap syukur ketika saya ditimpa kemalangan ataupun kesedihan? Ada beberapa alasan kita mengucap syukur: 

  • mengucap syukur adalah kehendak Allah supaya umat-Nya senantiasa mengucap syukur, 
  • mengucap syukur mendatangkan kelegaan dalam hidup bahwa kita paham bahwa hidup kita berada dalam tangan Allah Sang Pengasih,
  • mengucap syukur baik bagi kesehatan mental kita. Menurut Tribun Solo (....) ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa orang yang selalu mengucap syukur dalam hidupnya memiliki kepasrahan dan keikhlasan dalam menghadapi setiap persoalan hidup. 

Ucap syukur akan menghancurkan energi negatif dalam diri manusia sehingga muncul rasa optimis hal ini penting bagi kesehatan mental. Dengan demikian, kesehatan mental yang baik menunjang kesehatan fisik sebagaimana semboyan “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. 

5. Rendah hati dan tidak sombong

Berbagai bacaan yang kita pelajari umumnya menulis bahwa kesombongan mendatangkan banyak kerugian dalam diri manusia. 

Orang sombong akan dijauhi oleh banyak orang, umumnya orang sombong hanya peduli pada kepentingan dirinya sendiri, ingin dipuji, dan disanjung, sebaliknya orang yang rendah hati akan memperoleh simpati dari banyak orang juga rasa hormat dan kasih. 

Orang yang rendah hati memahami bahwa semua yang ia miliki berasal dari Tuhan, karena itu tidak perlu bersikap sombong. 

6. Menerima dan menghargai semua orang tanpa kecuali

Orang yang dipenuhi oleh Roh Kudus akan menghargai semua manusia tanpa memandang latar belakang. Ciri-ciri tersebut diatas tentu masih dapat diperdalam lagi, ciri-ciri ini mengacu pada Efesus 5:18.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Ciri - Ciri Orang yang Diperbarui Oleh Roh Kudus"

close