Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Alkitab Bagi Manusia

Manfaat Alkitab Bagi Manusia

Semua kitab suci diilhamkan oleh Tuhan dan berguna untuk mengajar, untuk teguran, untuk koreksi, dan untuk pelatihan dalam kebenaran, sehingga setiap orang yang menjadi milik Tuhan bisa mahir, diperlengkapi untuk setiap pekerjaan yang baik (2 Timotius 3: 16-17). 

Alkitab memiliki banyak kegunaan bagi orang Kristen. Alkitab dapat dilihat sebagai buku panduan hidup di mana orang Kristen dapat memperoleh nasihat, bimbingan, dan petunjuk hidup. 

Hukum mutlak 

Karena Alkitab digolongkan sebagai firman Allah, beberapa ajaran di dalamnya digolongkan sebagai hukum absolut. Hukum absolut adalah hukum yang harus diikuti setiap saat seperti Sepuluh Perintah. 

Karena ini adalah hukum yang ditetapkan oleh Tuhan, maka harus ditaati. Orang Kristen percaya bahwa beberapa hukum dalam Alkitab tidak berubah dan berlaku dalam semua situasi, terlepas dari situasinya. Umat Kristen diharapkan untuk mematuhi hukum ini, dan mereka percaya orangorang akan diadili setelah kematian. 

Beberapa orang Kristen saat ini dikenal sebagai orang Kristen liberal. Ini berarti mereka memiliki interpretasi yang kurang literal dari Alkitab, dan mungkin tidak mengikuti semua hukum secara absolut. Namun, banyak yang masih melakukannya. 

Sebaiknya kita tidak menafsir isi Alkitab secara serampangan karena ada kaidah-kaidah penafsiran yang harus diikuti supaya kita jangan jatuh ke dalam kekeliruan menafsir ayat-ayat Alkitab. 

Bimbingan 

Alkitab digunakan oleh orang Kristen untuk memberi bimbingan tentang bagaimana dapat menjalani hidup sesuai dengan keinginan Tuhan. Ayat-ayat dalam Alkitab memberikan bimbingan dan petunjuk bagi orang beriman dalam berpikir, berkata-kata dan bertindak. 

Alkitab berkaitan dengan hampir semua bidang kehidupan. Beberapa orang Kristen mungkin menggunakan lectionary. Ini adalah pilihan bagian Alkitab yang berbeda yang dapat dibaca dari waktu ke waktu dan dapat memberikan nasihat tentang berbagai bidang kehidupan. 

Jadi, Alkitab membimbing orang beriman untuk mengambil jalan hidup yang benar sesuai dengan ajaran iman Kristen. 

Menjadi Acuan Utama dalam Ibadah dan Penyembahan 

Dalam ibadah orang Kristen, Alkitab selalu menjadi bahan renungan yang dibaca dalam ibadah dan direnungkan. Bagian-bagian dari Alkitab dibaca dan dibahas selama kebaktian rutin di mana Pendeta atau majelis jemaat akan membaca bagian tertentu dari Alkitab. 

Biasanya pembacaan Alkitab disesuaikan dengan tema ibadah dan tahun gerejawi juga berbagai peristiwa kehidupan. Ibadah dan penyembahan orang Kristen selalu dilakukan dalam membaca, mengkaji, dan merenungkan isi Alkitab. 

Hal ini sudah terjadi sejak zaman dahulu dalam ibadah orang Yahudi pun demikian. Alkitab memainkan peran kunci dalam ibadah orang Kristen, misalnya: 
  • Kisah pembaptisan Yesus akan dibacakan selama upacara pembaptisan, di mana pendeta dapat memilih bagian Alkitab yang menulis tentang pentingnya hidup beriman dan apa artinya menjadi seorang Kristen. 
  • Dalam upacara perkawinan, bacaan tentang cinta dan hubungan suami dengan istri dibaca, misalnya cinta itu sabar, cinta itu baik. Itu tidak membanggakan, tidak bangga ... (1 Korintus 13: 4). Begitu pula dalam ibadah ulang tahun. 
  • Bagian-bagian Alkitab dibacakan dalam kebaktian pemakaman untuk memberikan kenyamanan kepada orang yang dicintai almarhum sekaligus menghibur mereka. Misalnya bacaan Alkitab mengenai jangan takut karena Allah beserta umat-Nya, jangan cemas, karena Akulah Tuhanmu. Saya akan memperkuat anda dan membantu anda; Aku akan mendukungmu dengan tangan kananku yang benar (Yesaya 41:10) 
Di samping itu, Alkitab dipandang sebagai sumber otoritas terpenting bagi umat Kristiani karena di dalamnya terdapat ajaran iman dan firman Tuhan.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Manfaat Alkitab Bagi Manusia"

close