Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Alkitab? Berikut Penjelasannya

Apa itu Alkitab? Berikut Penjelasannya

Alkitab adalah kitab suci orang Kristen, dengan sendirinya salah satu indikator penting menjadi orang Kristen adalah membaca dan mendalami Alkitab yang berisi ajaran iman Kristen dan melaksanakan ajaran itu dalam kehidupan. 

Namun, belum semua orang Kristen memahami apa itu Alkitab. Mungkin pada pembelajaran di Sekolah Minggu ataupun katekisasi, siswa sudah pernah belajar tentang Alkitab. Pada pembahasan ini, kita akan fokus pada fungsi Alkitab dan mengapa orang Kristen menjadikan Alkitab sebagai penuntun hidupnya. 

Pembahasan ini akan memberikan pencerahan pada kalian sekaligus memotivasi dan menyadarkan untuk membaca dan mendalami isi Alkitab serta melaksanakan ajaran-ajaran iman yang difirmankan Tuhan dalam Alkitab. 

Dalam modul katekisasi Prodi PAK FKIP UKI, dikatakan bahwa, “orang Kristen harus mendalami Alkitab sebagai Penyataan Allah bagi manusia”. Selanjutnya, dikatakan yang dimaksudkan dengan mendalami bukan sekadar membacanya, namun harus membaca, memahami, mendalami serta menerapkan isi Alkitab dalam kehidupan sehari-hari.

Orang Kristen perlu mempelajari apakah Alkitab, ada berapa jumlah Kitab dalam kitab suci kita, secara garis besar kitab-kitab itu bicara tentang apa? Memahami Alkitab, latar belakang, dan isinya akan membantu orang Kristen dalam memelihara serta membangun imannya. 

Pengetahuan Alkitab penting dalam rangka memelihara serta membangun iman kepada Allah yang telah menyatakan dirinya melalui Alkitab. Dalam kitab 2 Timotius 3:16-17 dikatakan, “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan, dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. 

Dengan demikian, tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.” Alkitab adalah kitab suci yang diinspirasikan/diilhamkan Allah kepada para penulis sehingga mereka menulis kitab suci sesuai dengan keinginan Allah tanpa salah secara keseluruhannya. 

Bukan hanya dalam bentuk pikiran, tetapi juga kata-katanya adalah pilihan Allah secara sempurna. Alkitab adalah salah satu bentuk penyataan diri Allah bagi manusia. Menurut Niftrik dan Boland, Alkitab ditulis oleh orang-orang yang dianugrahi Roh Kudus sehingga mereka dapat menulis dan bersaksi tentang Allah. 

Alkitab adalah buku “kesaksian” di mana para penulisnya bersaksi tentang Allah Yang Maha Besar, Allah Pencipta, Pemelihara, Penyelamat dan Pembaharu hidup manusia. Alkitab terdiri dari 66 bagian yang disebut dengan 39 Kitab PL dan 27 Kitab PB. 

Ditulis dalam kurun waktu 1500 tahun, dari tahun 1500 BC – 100 AD oleh 35 penulis selama lebih dari 35 generasi, dari segala lapisan masyarakat. Ditulis di berbagai tempat yang berbeda dalam waktu yang berbeda-beda. Ditulis dalam dua bahasa yang berbeda: Bahasa Ibrani (PL) dan Yunani (PB). 

Alkitab adalah firman Allah yang ditulis untuk dijadikan pedoman kehidupan orang beriman. Membaca dan mendalami Alkitab akan memberikan petunjuk pada orang beriman mengenai bagaimana harus menjalani hidup ini. 

Kita membutuhkan tuntunan Roh Kudus dalam membaca serta mendalami isi Alkitab. Seluruh kitab yang terdiri dari Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru merupakan janji Allah bagi orang percaya, yaitu janji keselamatan yang dipenuhi dalam diri Yesus Kristus Tuhan dan Juruselamat kita.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Apa itu Alkitab? Berikut Penjelasannya"

close