Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Roh Kudus Menguatkan Orang Beriman

Roh Kudus Menguatkan Orang Beriman

Setiap orang Kristen hidup bersama dengan Roh Kudus. Orang kristen mengimani bahwa Roh Kudus hadir pada saat ia dibaptiskan, yaitu ketika pendeta mengucapkan rumusan yang diakui oleh gereja di segala abad dan tempat, “Aku membaptiskan engkau dalam nama Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus. 

Amin.” Meskipun demikian, setiap orang Kristen juga perlu memelihara hubungannya dengan Roh Kudus, menjaga hidupnya agar tetap dalam ketaatan kepada Allah, sehingga ia tidak akan mendukakan Roh Kudus, seperti yang dinasihatkan dalam Efesus 4:30, “Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.”

Sebuah janji Roh Kudus yang sangat penting bagi orang-orang Kristen di Indonesia dan di berbagai belahan dunia lainnya adalah kekuatan. 

Sejak awal gereja terbentuk, sejak murid-murid Tuhan Yesus mendapatkan pencurahan Roh Kudus, mereka memperoleh kekuatan yang luar biasa yang memungkinkan mereka berdiri tegak tanpa takut di Yerusalem dan berbicara kepada orang banyak tentang siapa Yesus yang mereka salibkan (Kis. 2). 

Kekuatan yang diberikan oleh Roh Kudus itu terbukti dalam kehidupan berbagai tokoh dalam Alkitab maupun sejarah gereja. Dalam bagian ini diangkat pengalaman Rasul Paulus sendiri yang seringkali menghadapi masalah-masalah yang berat, serangan dari berbagai kalangan. Kutipan dari kata-kata Paulus sendiri menunjukkan hal itu: 

Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit; kami habis akal, namun tidak putus asa; ⁹kami dianiaya, namun tidak ditinggalkan sendirian, kami dihempaskan, namun tidak binasa. ¹⁰Kami senantiasa membawa kematian Yesus di dalam tubuh kami, supaya kehidupan Yesus juga menjadi nyata di dalam tubuh kami. 

¹¹Sebab kami, yang masih hidup ini, terus-menerus diserahkan kepada maut karena Yesus, supaya juga hidup Yesus menjadi nyata di dalam tubuh kami yang fana ini. ¹²Maka demikianlah maut giat di dalam diri kami dan hidup giat di dalam kamu. ¹³Namun karena kami memiliki roh iman yang sama, seperti ada tertulis: “Aku percaya, sebab itu aku berkata-kata”, maka kami juga percaya dan sebab itu kami juga berkata-kata. 

¹⁴Karena kami tahu, bahwa Ia, yang telah membangkitkan Tuhan Yesus, akan membangkitkan kami juga bersama-sama dengan Yesus. Dan Ia akan menghadapkan kami bersama-sama dengan kamu kepada diri-Nya. (2 Kor. 4:8-14)

Namun demikian sungguh menarik bila kita mencatat bahwa Paulus tidak pernah berputus asa. Itu terjadi karena Paulus memperoleh kekuatan dari Roh Kudus sendiri, seperti yang diungkapkannya, “Kami senantiasa membawa kematian Yesus di dalam tubuh kami, supaya kehidupan Yesus juga menjadi nyata di dalam tubuh kami.” (2 Kor. 4:10)

Tuhan Yesus sendiri menjanjikan bahwa Allah akan mengutus Roh Kudus kepada para murid, yaitu Penghibur, yang akan mengajarkan dan mengingatkan mereka akan semua yang telah Ia ajarkan. Dalam Yohanes 14:26 dikatakan, “tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.”

“Penghibur” dalam bahasa Inggris diterjemahkan menjadi “comforter”. Kata ini berasal dari akar kata “comfort” yang berarti “menghibur”. Kata ini terbentuk dari dua kata dalam bahasa Latin, yaitu kata cum dan forte. Kata cum berarti “bersama-sama”, sementara kata forte berarti “kekuatan”. 

Dengan kata lain, kata “comfort” dalam bahasa Inggris berarti “bersama-sama memberikan kekuatan”. Dari sini jelas bahwa penghiburan yang diberikan oleh Roh Kudus juga adalah kekuatan yang akan mengembalikan orang yang dihiburkan kepada kekuatannya yang sebelumnya, atau bahkan lebih hebat lagi.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Roh Kudus Menguatkan Orang Beriman"

close