Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#1 Tanya Jawab Seputar Sistem Informasi

Tanya Jawab Seputar Sistem Informasi

1. Identifikasi alasan mengapa menjadi pengguna informasi sistem informasi penting di dunia sekarang ini. 

Jawaban :

Sistem informasi memegang peranan penting dalam hidup kita karena saat ini kita hidup dalam masa dimana informasi sangat mudah diakses melalui banyak hal seperti smartphone misalnya yang saat ini digunakan hampir seluruh penduduk dunia. Serta hampir selama 24 jam sistem informasi kita gunakan dalam sehari untuk berbagai aktivitas. Jika kita perhatikan lagi manfaatnya adalah sebagai berikut :

a. Merubah data menjadi informasi

Sebelumnya kita perlu mengumpulkan beberapa data. Lalu dengan bantuan sistem informasi kita bisa menghubungkan data data tersebut menjadi sebuah informasi yang berguna.

b. Membantu pemilihan keputusan

Pada poin ini kita sebelumnya harus melakukan poin pertama selama beberapa kali sampai informasi yang kita butuhkan sesuai. Lalu sama dengan sebelumnya, dengan bantuan sistem informasi kita bisa menentukan sebuah solusi / keputusan berdasarkan informasi informasi yang ada.

c. Membantu menentukan strategi

Terkadang dalam melakukan sesuatu kita selalu melakukan hal yang kurang efektif sehingga mengakibatkan banyak waktu yang terbuang sia sia. Dengan sistem informasi kita bisa menentukan metode / strategi yang paling efektif untuk melakukannya. 

Berdasarkan data diatas, memang wajar jika kita selama hampir 24 jam menggunakannya karena manfaatnya yang sangat berguna bagi hidup kita. Serta dengan metode yang kita terapkan tersebut, semua yang kita lakukan akan efektif sehingga kita bisa melakukan banyak hal dalam sehari.
2. Jelaskan berbagai jenis sistem informasi berbasis komputer dalam sebuah organisasi.

Jawaban :

a. Kantor Virtual (Virtual Office)

“Kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor dimanapun selama tepat kerja terhubung dengan lokasi perusahaan melalui komunikasi elektronik”

b. Sistem Informasi Eksekutif (SIE)

“Eksekutif bukanlah sekedar manajer tingkat rendah dengan pangkat yg lebih tinggi”, Manajer tingkat atas yg berpengaruh kuat pada organisasi Terlibat dalam perencanaan strategis Menetapkan kebijakan perusahaan Berorientasi pada perusahaan bukan pd unit-unit individual

c. Sistem Pendukung Keputusan (SPK)

Konsep DSS Manajer dapat memperoleh banyak informasi dari SIA dan lebih banyak lagi dari SIM. Tetapi dalam banyak kasus informasi ini tidak memadai untuk membuat keputusan yang spesifik untuk memecahkan permasalahan yang spesifik. Maka dibuatlah sistem pendukung keputusan (decision support system) atau dss.

d. Sistem Informasi Akuntansi

SIA merupakan implementasi sistem informasi yang berhubungan dengan sistem akuntansi dari suatu organisasi atau perusahaan. Akuntansi memiliki fungsi untuk melihat kondisi keuangan suatu organisasi apakah sedang surplus atau minus.

e. Sistem Informasi Keuangan

Ada beberapa alasan penting kenapa harus mengimplementasikan sistem informasi keuangan dalam bisnis:
  • Untuk mencatat semua transaksi keuangan dalam waktu tertentu
  • Dapat diintegrasikan dengan sistem informasi akuntansi
  • Sebagai audit dan kroscek terhadap pemasukan dan pengeluaran bisnis
  • Membantu dalam perhitungan pajak
  • Mempercepat auditor dalam melakukan audit keuangan perusahaan.

f. Sistem Informasi Manufaktur

Ada beberapa manfaat yang akan diperoleh dari sistem informasi manufaktur seperti:
  • Untuk pencatatan produksi dalam bisnis
  • Untuk mencatat hasil produksi yang tidak lulus quality check
  • Mencatat pemesanan barang
  • Mencatat biaya produksi
  • Analisa kebutuhan produksi
  • Memberikan data realtime kegiatan produksi yang berlangsung 

g. Sistem Informasi Sumber Daya Manusia

Sistem informasi ini sering digunakan pada bagian HRD dan personalia dalam perusahaan untuk menyimpan data diri karyawan, gaji pokok, tunjangan, bonus, masa kerja, jabatan dan lain sebagainnya. Dengan adanya sistem informasi ini kerjaan dari bagian SDM bisa lebih mudah.

h. Sistem Informasi Pemasaran

Manfaat lainnya dari sistem informasi pemasaran ini seperti:
  • Mengetahui jumlah produk yang terjual
  • Mengetahui  produk yang paling laku
  • Mengetahui produk yang jarang peminat
  • Mengetahui  metode pemasaran yang tepat
  • Mengetahui respon pasar terhadap produk

i. Sistem Informasi Eksekutif

Sistem informasi eksekutif dikembangkan dan juga digunakan untuk mereka yang berada di level eksekutif dari suatu perusahaan. Sistem informasi ini akan memberikan kemudahan dalam arus informasi dari divisi di bawahnya kepada mereka. Lalu siapa saja yang termasuk level eksekutif adalah mereka yang memiliki hak penuh atas perusahaan, CEO, Komisaris, Pimpinan tertinggi, Direksi dan element eksekutif lain yang memiliki kewenangan dalam perusahaan.
3. Diskusikan cara-cara di mana teknologi informasi dapat mempengaruhi manajer dan pekerja non-pekerja. 

Jawab :
  • Dapat mempercepat koneksi antara manager dan pekerja non-pekerja seperti penggunaan WhatsApp,Line,dll
  • Dapat diadakan sesi online learning/webinar online/bootcamp online bagi pekerja kapan saja dan dimana saja asalkan ada HP/laptop dan koneksi internet
  • Sangat berguna bagi perusahaan/organisasi yg melibatkan media hiburan/komunikasi/dll seperti Dunia Gaming, Dunia Telekomunikasi, Dunia Astronomi,dll
4. Cantumkan dampak sosial yang positif dan negatif dari peningkatan penggunaan teknologi informasi.

Jawab :

Dampak Positif

  1. Kemajuan teknologi komunikasi yang cepat dapat mempermudah komunikasi antar manusia dari suatu tempat ke tempat yang lain
  2. Sosialisasi kebijakan pemerintah dapat lebih cepat disampaikan kepada masyarakat
  3. Informasi yang ada di masyarakat dapat langsung dipublikasikan dan diterima oleh masyarakat
  4. Mempermudah dan mempersingkat proses pertukaran informasi
  5. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pekerjaan
  6. Memungkinkan pembelajaran online sepenuhnya
  7. Dapat berkomunikasi dengan orang lain walaupun tidak berada di lokasi yang sama

Dampak Negatif

1. Perubahan dalam komunikasi

Perubahan yang paling terlihat dari perkembangan internet ini adalah orang -orang cenderung memilih berkomunikasi melalui ponsel ketimbang datang langsung untuk bertemu secara tatap muka. Hal tersebut dapat mengurangi kualitas dari komunikasi tersebut. Selain itu, orang yang sudah kecanduan dengan internet cenderung lebih individualis.

2. “Penjajahan” budaya

Memang bagus dalam mempelajari budaya asing. Akan tetapi, akibat yang ditimbulkan adalah orang -orang akan lebih mencintai budaya asing ketimbang budayanya sendiri. Jika seperti itu, secara tidak langsung budaya lokal akan terjajah oleh budaya asing. Akibatnya nilai-nilai budaya yang sudah turun temurun akan hilang dan identitas budaya negara setempat juga akan hilang.

3. Menurunnya moral

Selain budaya positif, budaya negatif juga dapat diakses dengan mudah dari internet. Contohnya saja, pornografi, kekerasan, dan juga budaya buruk lainnya. Jika yang ditiru adalah budaya negatifnya, maka moral suatu bangsa akan menurun, terutama untuk remaja dan juga anak-anak. Maka dari itu, perlu adanya filter ketika suatu buday masuk ke tanah air.
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "#1 Tanya Jawab Seputar Sistem Informasi"