Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Modem dan Jenis - Jenis Modem

Perangkat hardware yang harus tersedia untuk melakukan koneksi ke internet adalah modem. Modem atau modulator demodulator berfungsi untuk mengubah sebuah sinyal digital menjadi sinyal analog (sinyal suara) dan mengubah sinyal analog (sinyal suara) menjadi sinyal digital. 

Pada saat sebuah komputer mengirimkan data ke internet, maka modem akan mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal suara sehingga sinyal tersebut dapat dilewatkan melalui kabel telepon untuk kemudian menghubungkan computer kita dengan ISP (Internet Service Provider), selanjutnya ISP (Internet Service Provider) tersebut menghubungkannya dengan internet di seluruh dunia. 

Pengertian Modem dan Jenis - Jenis Modem

Pada sisi penerima, modem akan mengubah sinyal suara dari kabel telepon menjadi sinyal digital sehingga komputer penerima dapat membaca sinyal tersebut. Berdasarkan cara kerja tersebut modem dapat membuat dua buah komputer berkomunikasi satu sama lain melalui kabel telepon. 

Hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih modem adalah kecepatannya dalam menghantarkan atau tukar-menukar data. Kecepatan modem mentransfer data diukur dengan satuan bits per second (bps) atau bit per detik. Saat ini, umumnya kecepatan transfer data modem yang terdapat di pasaran adalah 14,4 kbps, 33,6 kbps, dan 56 kbps. 

Ini berarti modem tersebut dapat mentransfer data sebesar ukuran yang tertera per kilobit setiap detiknya. Semakin tinggi angka kbps pada modem, semakin cepat modem tersebut mengirim dan menerima data, berarti semakin baik dan cepat untuk digunakan untuk mengakses internet.

Pengertian Modem dan Jenis - Jenis Modem

Dalam pengunaannya modem dibedakan menjadi 3 jenis modem yang memiliki fungsi yang berbeda, yaitu sebagai berikut. 

a. Modem dial up 

Modem ini biasa digunakan oleh personal computer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telepon. Bentuk modem ini dalam kegunaannya untuk jaringan dibedakan menjadi dua jenis modem.
 
1) Modem internal 
Modem internal artinya modem tersebut sudah terpasang pada mainboard atau motherboard komputer. Keuntungan modem internal adalah harganya lebih murah, namun kelemahannya adalah pemasangannya lebih sulit dan penggunaannya tidak dapat dipindahpindah dari satu komputer ke komputer yang lain.

2) Modem external 
Modem eksternal adalah modem yang sengaja dipasang di luar komputer, biasanya mempunyai serial port COM 1 atau COM 2. keuntungan dari modem eksternal adalah pemasangannya lebih mudah dan penggunaannya dapat dipindah-pindah dari komputer yang satu ke komputer yang lain tanpa harus membuka casing CPU, namun kelemahannya adalah harganya jauh lebih mahal.

Pengertian Modem dan Jenis - Jenis Modem

Apabila dalam komputer Anda telah terpasang modem, Anda akan melihat tempat colokan (line port), seperti yang biasa terdapat di belakang atau samping pesawat telepon (phone port). Line port ini terdapat di bagian belakang komputer. Ke dalam line port, Anda dapat memasukkan kabel telepon yang di ujungnya terdapat konektor. 

b. Modem Kabel (modem cable) 

Modem ini biasa menggunakan saluran TV kabel yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dibandingkan dengan modem jenis dial up dan modem ASDL sehingga komputer dapat terkoneksi dengan internet melalui modem kabel ini. Namun, user harus mendaftarkan dahulu ke penyedia jasa TV kabel dan ISP (Internet Service Provider). 

c. Modem ADSL (Asymetric Digital Subscribel Line) 

ADSL merupakan salah satu tipe xDSL teknologi koneksi broadband yang menggunakan line telepon normal. Ide utama teknologi ini adalah untuk memecah sinyal line telepon menjadi dua bagian untuk suara dan data. Hal ini memungkinkan user untuk melakukan atau menerima pangilan telepon dan terkoneksi ke internet secara simultan tanpa saling mengganggu.

Pengertian Modem dan Jenis - Jenis Modem

ADSL bersifat asimetrik karena lebih banyak menggunakan salurannya untuk transmisi downstream ke pengguna dan hanya sebagian kecil yang digunakan untuk menerima informasi dari pengguna. Sebuah sirkuit ADSL menghubungkan modem ADSL pada masingmasing ujung line telepon twisted pair yang kemudian akan membuat tiga channel informasi sebagai berikut.
  1. Channel downstream berkecepatan tinggi. 
  2. Channel duplex berkecepatan sedang. 
  3. Channel plain old telephone service (POTS). 
Channel POTS dipisahkan dari modem digital melalui filter yang dengan begitu menjamin POTS tidak terinterupsi. Kecepatan channel POTS berada pada range 1,5 sampai 8 Mbps, sedangkan kecepatan duplex berada pada range 16 kbps sampai 1 Mbps. Dari faktor kecepatan koneksi ADSL memiliki keunggulan dalam hal konektibilitas yang tidak terputus. Tidak ada rentang waktu penantian untuk dapat terhubung ke internet. Panggilan telepon yang masuk selama koneksi internet tidak akan terganggu begitu pula jalannya koneksi.

Pengertian Modem dan Jenis - Jenis Modem

Bagaimanakah cara menginstal modem pada suatu komputer? Pelajari uraian berikut agar Anda memahami cara menginstal modem dengan baik. Seperti halnya perangkat komputer yang lain seperti printer, scanner, dan lainnya, modem dapat bekerja dengan baik apabila komputer kita sudah dapat mengenali perangkat yang kita pasang tersebut. 

Agar dikenali, maka sebuah perangkat komputer termasuk modem harus diinstall terlebih dahulu. Bagi kebanyakan pengguna internet rumahan, cara yang paling praktis adalah melalui sambungan telepon dengan sebuah modem. Untuk menginstalasi modem, pertama kali dilakukan instalasi fisik, yaitu menghubungkan modem secara fisik ke komputer dengan menggunakan kabel-kabel yang disediakan sewaktu Anda membeli modem. 

Setelah itu baru dilakukan instalasi program driver. Driver di sini juga merupakan program komputer, seperti yang telah dijelaskan di atas, mempunyai fungsi untuk menyesuaikan komponen-komponen tersebut agar seirama dengan bahasa komputer.

Driver tersebut berupa file-file yang akan membuat sistem operasi di komputer kita dapat mengenali modem yang kita pasang. Biasanya driver tersebut disertakan dalam sebuah disket atau CD yang diberikan pada saat kita membeli modem.
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian Modem dan Jenis - Jenis Modem"