Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Keras (Hardware) untuk Akses Internet

Pada dasarnya internet adalah jaringan telekomunikasi yang dapat menghubungkan interface komputer satu ke interface komputer yang lain di seluruh dunia. Dasar sistem telekomunikasi adalah isyarat. Isyarat yang mengalir dari satu tempat ke tempat lain dapat berbentuk analog atau digital. Perhatikan perbedaan bentuk antara kedua isyarat tersebut.

Perangkat Keras (Hardware) untuk Akses Internet

Dalam praktiknya komunikasi antarkomputer kadang mengalami perubahan dari isyarat analog ke isyarat digital dan sebaliknya. Dalam sistem komunikasi data tersebut sangat diperlukan beberapa perangkat keras dan lunak yang diperlukan untuk memperlancar proses pengiriman data. Komponen transmisi tersebut berupa saluran komunikasi yang merupakan media yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal listrik yang menyatakan data, misalnya satelit, sinyal radio, atau jaringan telepon, serta perangkat keras berupa modem atau modulator demodulator.

Jaringan internet adalah komunikasi antarkomputer yang memanfaatkan jaringan telepon, maka jenis data dan tata cara yang digunakan dalam komunikasi antarkomputer yang menggunakan jaringan telepon diperlukan beberapa komponen tambahan. Komponen tambahan tersebut dapat berupa perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software). Komponen persyaratan tersebut sebagai berikut.

1. Memiliki komputer dengan spesifikasi minimum sebagai berikut.
  • PC minimal 386 (486 DX-4 recomended). 
  • Monitor Super VGA. 
  • RAM 4 MB (8 MB recomended, tergantung program aplikasi). 
  • Memiliki Communication Port (RS-232). 
  • Modem dengan kecepatan 14.400 bps atau lebih. 
  • Mouse. 
  • Multi Media (tergantung aplikasi pelayanan internet). 
  • Mampu menjalankan sistem Windows. 
2. Berlangganan dengan ISP (Internet Service Provider) atau Online Service. 
3. Software/program aplikasi (tergantung fasilitas internet yang akan digunakan), misalnya Eudora Light, Netscape, Internet Explorer, Internet Phone, Net 2 Phone, atau Net Meeting. 

Perangkat keras atau hardware yang menjadi syarat agar dapat mengakses internet dijelaskan dalam uraian sebagai berikut. 

A. Modem

Perangkat hardware yang harus tersedia untuk melakukan koneksi ke internet adalah modem. Modem atau modulator demodulator berfungsi untuk mengubah sebuah sinyal digital menjadi sinyal analog (sinyal suara) dan mengubah sinyal analog (sinyal suara) menjadi sinyal digital. 

Pada saat sebuah komputer mengirimkan data ke internet, maka modem akan mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal suara sehingga sinyal tersebut dapat dilewatkan melalui kabel telepon untuk kemudian menghubungkan computer kita dengan ISP (Internet Service Provider), selanjutnya ISP (Internet Service Provider) tersebut menghubungkannya dengan internet di seluruh dunia. 

Pengertian Modem dan Jenis - Jenis Modem

Pada sisi penerima, modem akan mengubah sinyal suara dari kabel telepon menjadi sinyal digital sehingga komputer penerima dapat membaca sinyal tersebut. Berdasarkan cara kerja tersebut modem dapat membuat dua buah komputer berkomunikasi satu sama lain melalui kabel telepon. 

Hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih modem adalah kecepatannya dalam menghantarkan atau tukar-menukar data. Kecepatan modem mentransfer data diukur dengan satuan bits per second (bps) atau bit per detik. Saat ini, umumnya kecepatan transfer data modem yang terdapat di pasaran adalah 14,4 kbps, 33,6 kbps, dan 56 kbps. 

Ini berarti modem tersebut dapat mentransfer data sebesar ukuran yang tertera per kilobit setiap detiknya. Semakin tinggi angka kbps pada modem, semakin cepat modem tersebut mengirim dan menerima data, berarti semakin baik dan cepat untuk digunakan untuk mengakses internet.

Pengertian Modem dan Jenis - Jenis Modem

Dalam pengunaannya modem dibedakan menjadi 3 jenis modem yang memiliki fungsi yang berbeda, yaitu sebagai berikut. 

a. Modem dial up 

Modem ini biasa digunakan oleh personal computer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telepon. Bentuk modem ini dalam kegunaannya untuk jaringan dibedakan menjadi dua jenis modem.
 
1) Modem internal 
Modem internal artinya modem tersebut sudah terpasang pada mainboard atau motherboard komputer. Keuntungan modem internal adalah harganya lebih murah, namun kelemahannya adalah pemasangannya lebih sulit dan penggunaannya tidak dapat dipindahpindah dari satu komputer ke komputer yang lain.

2) Modem external 
Modem eksternal adalah modem yang sengaja dipasang di luar komputer, biasanya mempunyai serial port COM 1 atau COM 2. keuntungan dari modem eksternal adalah pemasangannya lebih mudah dan penggunaannya dapat dipindah-pindah dari komputer yang satu ke komputer yang lain tanpa harus membuka casing CPU, namun kelemahannya adalah harganya jauh lebih mahal.

Pengertian Modem dan Jenis - Jenis Modem

Apabila dalam komputer Anda telah terpasang modem, Anda akan melihat tempat colokan (line port), seperti yang biasa terdapat di belakang atau samping pesawat telepon (phone port). Line port ini terdapat di bagian belakang komputer. Ke dalam line port, Anda dapat memasukkan kabel telepon yang di ujungnya terdapat konektor. 

b. Modem Kabel (modem cable) 

Modem ini biasa menggunakan saluran TV kabel yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dibandingkan dengan modem jenis dial up dan modem ASDL sehingga komputer dapat terkoneksi dengan internet melalui modem kabel ini. Namun, user harus mendaftarkan dahulu ke penyedia jasa TV kabel dan ISP (Internet Service Provider). 

c. Modem ADSL (Asymetric Digital Subscribel Line) 

ADSL merupakan salah satu tipe xDSL teknologi koneksi broadband yang menggunakan line telepon normal. Ide utama teknologi ini adalah untuk memecah sinyal line telepon menjadi dua bagian untuk suara dan data. Hal ini memungkinkan user untuk melakukan atau menerima pangilan telepon dan terkoneksi ke internet secara simultan tanpa saling mengganggu.

Pengertian Modem dan Jenis - Jenis Modem

ADSL bersifat asimetrik karena lebih banyak menggunakan salurannya untuk transmisi downstream ke pengguna dan hanya sebagian kecil yang digunakan untuk menerima informasi dari pengguna. Sebuah sirkuit ADSL menghubungkan modem ADSL pada masingmasing ujung line telepon twisted pair yang kemudian akan membuat tiga channel informasi sebagai berikut.
  1. Channel downstream berkecepatan tinggi. 
  2. Channel duplex berkecepatan sedang. 
  3. Channel plain old telephone service (POTS). 
Channel POTS dipisahkan dari modem digital melalui filter yang dengan begitu menjamin POTS tidak terinterupsi. Kecepatan channel POTS berada pada range 1,5 sampai 8 Mbps, sedangkan kecepatan duplex berada pada range 16 kbps sampai 1 Mbps. Dari faktor kecepatan koneksi ADSL memiliki keunggulan dalam hal konektibilitas yang tidak terputus. Tidak ada rentang waktu penantian untuk dapat terhubung ke internet. Panggilan telepon yang masuk selama koneksi internet tidak akan terganggu begitu pula jalannya koneksi.

Pengertian Modem dan Jenis - Jenis Modem

Bagaimanakah cara menginstal modem pada suatu komputer? Pelajari uraian berikut agar Anda memahami cara menginstal modem dengan baik. Seperti halnya perangkat komputer yang lain seperti printer, scanner, dan lainnya, modem dapat bekerja dengan baik apabila komputer kita sudah dapat mengenali perangkat yang kita pasang tersebut. 

Agar dikenali, maka sebuah perangkat komputer termasuk modem harus diinstall terlebih dahulu. Bagi kebanyakan pengguna internet rumahan, cara yang paling praktis adalah melalui sambungan telepon dengan sebuah modem. Untuk menginstalasi modem, pertama kali dilakukan instalasi fisik, yaitu menghubungkan modem secara fisik ke komputer dengan menggunakan kabel-kabel yang disediakan sewaktu Anda membeli modem. 

Setelah itu baru dilakukan instalasi program driver. Driver di sini juga merupakan program komputer, seperti yang telah dijelaskan di atas, mempunyai fungsi untuk menyesuaikan komponen-komponen tersebut agar seirama dengan bahasa komputer.

Driver tersebut berupa file-file yang akan membuat sistem operasi di komputer kita dapat mengenali modem yang kita pasang. Biasanya driver tersebut disertakan dalam sebuah disket atau CD yang diberikan pada saat kita membeli modem.

B. Telepon 

Saluran telepon yang dimaksud di sini adalah saluran telepon biasa seperti yang Anda gunakan sehari-hari untuk bertelepon. Jaringan telepon merupakan salah satu prasyarat untuk terhubung ke internet karena jaringan telepon digunakan untuk meneruskan sinyal dari modem. Proses pada saat modem terhubung dengan telepon dan kita memulai hubungan dengan Internet Service Provider (ISP) pada intinya adalah sama dengan proses kita menelepon biasa.

Perangkat Keras (Hardware) untuk Akses Internet

Jika ada yang menelepon Anda dan pada waktu itu Anda juga menggunakan modem, maka penelepon tidak bisa menghubungi Anda. Karena modem dan telepon berkaitan erat, kecepatan modem juga sangat berpengaruh terhadap rekening telepon yang harus kita bayar setiap bulan. Sehingga, modem yang cepat akan lebih menghemat uang daripada modem yang lambat.

C. Network Interface Card (NIC) 

Network Interface Card (NIC) bertindak sebagai interface fisik atau penghubung antarkomputer dan kabel jaringan. Card dipasang pada slot tambahan yang terdapat di masing-masing komputer. Setelah card terpasang, pasangkan kabel jaringan ke port yang terdapat di NIC agar komputer yang satu dengan yang lain dapat terhubung secara baik. Tugas NIC adalah sebagai berikut. 
  1. Mempersiapkan data dari komputer agar dapat dilewatkan ke media penghubung. 
  2. Mengirimkan data ke komputer lain. 
  3. Mengontrol aliran data antarkomputer dan sistem perkabelan.
Perangkat Keras (Hardware) untuk Akses Internet

D. Processor Pentium 

Processor merupakan nama singkat dari mikroprocessor dan sering kali disebut CPU (Central Processor Unit). Komponen ini berupa sebuah cip. Cip (chip atau IC/Integrated Circuit) adalah sekeping silicon berukuran beberapa millimeter persegi yang mengandung puluhan ribu transistor dan komponen elektronik yang lain.

Processor adalah otak dari sebuah komputer. Fungsi processor adalah mengolah semua informasi yang dimasukkan pengguna komputer serta memberikan hasil sesuai dengan kehendak pemakai (user). Semakin cepat atau tinggi kemampuan processor pada komputer, semakin cepat data dari internet yang dapat dibaca. Processor tipe 486 memang dapat digunakan untuk mengakses internet namun sangat lambat, berbeda dengan menggunakan processor yang memiliki kecepatan 1,7-2,8 GHz yang merupakan kecepatan pada processor seperti Intel Pentium III, IV, dan processor AMD.

Perangkat Keras (Hardware) untuk Akses Internet

E. Memory 

Memory komputer (RAM) dalam sebuah komputer berfungsi untuk menyimpan data-data seperti pesan, file, gambar, dan lain-lain. Makin tinggi suatu memory, maka akan semakin banyak data yang dapat ditampung oleh suatu komputer. Sebaiknya gunakan RAM pada tingkatan seperti 64 Mb atau 128 Mb, yang lebih tinggi tentu lebih baik misalnya 256 Mb atau 512 Mb. 

Perangkat Keras (Hardware) untuk Akses Internet

F. Wajanbolic e-goen

Wajanbolic e-goen merupakan salah satu hardware atau perangkat keras yang dapat digunakan untuk akses internet. Wajanbolic e-goen diperkenalkan oleh Pak Gunadi (Pak Gun) atau lebih dikenal e-goen dari Jogyakarta alumni STEMBAYO. Informasi terakhir, beliau saat ini berlokasi di Stasiun Bumi Indosat Purwakarta. 
Perangkat Keras (Hardware) untuk Akses Internet
Sejak 2005-awal, sosok e-goen dominan memberikan inspirasi bagi bangsa Indonesia untuk mengembangkan antena wajan dan panci di Indonesia. Antena wajan yang kemudian dikenal sebagai wajanbolic e-goen menjadi andalan utama bagi mereka yang ingin membangun Wireless Internet murah di rumahnya dengan modal sekitar Rp300.000,00 - Rp350.000,00 saja. 

Pak Gun aktif mengajarkan teknik-teknik membuat antena murah menggunakan wajan, kaleng, dan pipa pralon. Dengan peralatan yang sangat sederhana, kita dapat membangun sambungan Wireless Internet yang cukup jauh untuk menjangkau wilayah lebih dari 2-4 km. 

Selain perangkat keras untuk dapat mengakses internet, ada faktor lain yang mendukung akses internet. Faktor-faktor tersebut adalah program komputer (software) dan penyedia layanan internet (Internet Sevice Provider).  
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Perangkat Keras (Hardware) untuk Akses Internet"