Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mempercepat Pengisian Baterai Agar Cepat Penuh

Sekarang ini banyak perusahaan yang menawarkan fitur fast charging atau pengisian cepat dan baterai besar. Fitur fast charging adalah fitur yang harus dimiliki setiap ponsel saat ini, hal ini membuat pengguna lebih senang karena tidak membutuhkan waktu berjam-jam untuk mengunggu baterai ponsel penuh.

10 Cara Mempercepat Pengisian Baterai Agar Cepat Penuh

Namun, setiap perusahaan ponsel tentunya memiliki standar yang berbeda-beda dalam menentukan penggunaan fitur fast charging dan baterai besar. Kecepatan pengisian baterai juga dipengaruhi dari kabel dan pengisi daya (kepala charger).

Sekarang ini kabel yang sering digunakan port Micro USB dan port USB C (Type-c). Namun, akhir-akhir ini perusahaan ponsel perlahan-lahan meninggalkan kabel port Micro USB dan beralih menggunakan Type-C untuk setiap ponsel barunya, hal ini dikarenakan performa kecepatan mengisi baterai sangat cepat.

Teknologi pengisian cepat saat ini berkisar antara daya 18W hingga 65W, dengan waktu pengisian yang berbeda-beda tentunya. Mulai dari 30 menit sampai satu jam lebih. Untuk itu Anda harus memperhatikan beberapa hal dalam mengisi baterai ponsel Anda.

1. Gunakan Charger Original

Tiap perusahaan pastinya telah menghitung seberapa besar tegangan serta aliran arus yang cocok buat fitur ponsel. Oleh karena itu, sebaiknya selalu untuk menggunakan charger original bawaan ponsel saat membeli.

2. Aktifkan Mode Pesawat

Dengan mengaktifkan mode pesawat tentunya mempercepat pengisian baterai, hal ini karena semua jaringan/internet akan terputus sehingga tidak begitu banyak mengonsumsi baterai saat pengisian.

3. Jangan Charger Dalam Kondisi 0%

Disarankan untuk mengisi baterai dalam keadaan 20% atau 50%, dengan begitu proses pengisian baterai akan menjadi lebih cepat dibandingkan mengisi dalam kondisi 0%. Karena melakukan pengisian baterai dalam keadaan 0% membutuhkan waktu yang lama.

4. Gunakan Aplikasi Pendukung

Aplikasi pendukung juga dapat mempercepat pengisian baterai, aplikasi FAST CHARGER dapat membuat pengisian lebih cepat hingga 20% hingga 40% tergantung dari kabel dan ponsel yang digunakan.

5. Matikan Ponsel Saat Pengisian

Mematikkan ponsel saat pengisian baterai dapat mempercepat proses pengisian karena tidak ada aktivitas yang dilakukan dan memperpanjang umur baterai ponsel Anda. Langkah ini sama seperti mengaktifkan mode pesawat namun jauh lebih efektif karena tidak mengonsumsi baterai sama sekali.

6. Gunakan Mode Hemat Baterai

Menggunakan mode hemat baterai juga dapat mempercepat pengisian baterai, Anda dapat mengaktifkan mode ini untuk mengurangi konsumsi baterai karena menonaktifkan beberapa fitur dan aplikasi seperti WiFi, GPS, Bluetooth, dan NFC.

7. Jangan Gunakan Ponsel Saat Mengisi Baterai

Biasanya kita tidak bisa lepas dari ponsel walaupun sedang melakukan pengisian baterai, hal ini dapat memperlambat pengisian hingga penuh. Hal ini karena mengaktifkan layar ponsel dapat mengonsumsi baterai cukup besar. Tentunya kita harus menghindari untuk terlalu sering menyetuh ponsel saat pengisian.

8. Lepaskan Case Pelindung Ponsel

Metode ini sering kali diabaikan oleh pengguna karena dianggap tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Tetapi, pada dasarnya pemakaian case pelindung ponsel bisa menaikkan temperatur/ temperatur pada ponsel jadi lebih panas serta memperlambat pengisian baterai. Untuk pengisian optimal, suhu baterai antara 5 celcius hingga 45 celcius.

9. Jangan Mengisi Baterai di Laptop atau PC

Mengisi baterai di laptop atau PC dapat memperlambat dalam pengisian baterai, hal ini karena port USB 2.0 pada laptop mengeluarkan daya keluar listrik hanya 0.5A, sangat disarankan untuk menyolok pengisi daya di steker listrik sebab akan menghasilkan daya keluar listrik 1A.

10. Jangan Menggunakan Powerbank

Kebanyakan orang mengisi baterai ponsel menggunakan powerbank, hal ini tentunya tidak efektif dan tidak maksimal dalam pengisian baterai karena setiap powerbank diciptakan dengan tegangan listrik yang berbeda-beda.

Kesimpulan

Demikian beberapa tips yang kami sampaikan untuk mempercepat pengisian baterai ponsel agar cepat penuh. Semoga tips untuk mempercepat pengisian baterai ponsel sangat bermanfaat bagi para pembaca semua. Silahkan bagikan artikel ini ke keluarga, teman-teman apabila artikel ini membantu Anda dalam melakukan mempercepat pengisian baterai.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "10 Cara Mempercepat Pengisian Baterai Agar Cepat Penuh"