Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIPS MEMILIH JENIS MESIN CARTON SEALER YANG SESUAI UNTUK USAHA ANDA

Terlalu banyak sesuatu yang harus dikerjakan merupakan salah satu hal yang bermasalah untuk sebuah bisnis. Hal tersebut justru akan menganggu dari produktivitas usaha anda. Untuk membantu berjalannya produktivitas agar berjalan lancar, beberapa pekerjaan yang memakan waktu cukup banyak dan yang termasuk dalam pekerjaan kasar harus dikerjaan oleh mesin otomasi. Dengan begitu, para pekerja anda bisa fokus untuk mengerjakan pekerjaan yang lain yang membutuhkan keterlibatan dan fokus yang ekstra.
TIPS MEMILIH JENIS MESIN CARTON SEALER YANG SESUAI UNTUK USAHA ANDA
Salah satu mesin yang bisa anda gunakan adalah menggunakan mesin carton sealer. Dengan menggunakan mesin ini, para pekerja anda tidak perlu membuag-buang waktu mereka untuk untuk menyegel karton dengan menempelkan selotip secara manual kepeda setiap kotak kardus yang sudah diisi oleh produk produksinya. 

Mesin carton sealer sudah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan besar maupun kecil untuk membantu produksi mereka pada saat proses penyegelan kardus maupun karton. Maka dari itu, sebenarnya apa itu mesin karton sealer? Bagaimana cara memilih mesin karton sealer yang tepat untuk usaha anda? Mari kita pelajari:

Apa Itu Mesin Carton Sealer?

Mesin carton sealer merupakan mesin yang digunakan untuk  kegunaan untuk melipat dan membentuk karton atau kardus lalu menyegelnya dengan lakban setelah kardus diisikan produk. Mesin ini dapat mempermudah proses pengemasan produk anda. Perbedaan waktu yang signifikan akan terasa saat anda menggunakan mesin ini dimana anda akan mendapat hasil yang maksimal juga. Dengan begitu, proses pengemasan akan lebih menghemat waktu. 

Proses penyegalan dengan mesin ini menjadi semakin cepat dan efisien karena dalam mesin sudah dilengkapi dengan 2 penyegel sekaligus yaitu pada bagian atas bawah dan samping kanan kiri. Sehingga secara otomatis akan menyegel kardus karton anda secara cepat dan menyeluruh. 

Bagaimana Cara Memilih Mesin Carton Sealer Yang Tepat Untuk Usaha Anda?

Mesin Carton Sealer tidak dapat disangkal merupakan bagian yang membantu dan efisien dari setiap operasi pengemasan, tetapi ada begitu banyak jenis yang dapat dipilih. Saat ini sudah banyak perusahaan yang menjual berbagai jenis mesin carton sealer yang bisa disesuaikan dengan jenis usaha anda. Disisi lain, Anda harus mempelajari setiap jenis mesin dari carton sealer supaya anda bisa menentukan jenis mesin manakan yang cocok untuk usaha anda nanti. Berikut beberapa jenis pertanyaan yang sering ditanyakan untuk memulai memilih jenis mesin carton sealer yang tepat untuk usaha anda, antara lain :

1. Apakah Semua Kotak Anda Memiliki Ukuran Yang Sama?

Setiap jenis mesin carton sealer yang akan anda gunakan nanti sangat bergantung pada ukuran dari kotak/kardus karton yang yang melewati jalur pengemasan Anda. Jika Anda akan memproses kotak dengan ukuran yang sama dalam jumlah besar, maka sealer kotak seragam standar akan sesuai untuk Anda.

Jika Anda akan memiliki berbagai ukuran kotak yang melewati jalur pengemasan Anda, Anda akan ingin memiliki sealer kotak acak. Sealer case acak memiliki sensor yang secara otomatis menyesuaikan pengaturan tape head untuk setiap case.

2. Berapa Banyak Kotak yang Anda Segel Dan Kirim?

Menghitung berapa banyak kotak/kardus karton yang anda akan segel dalam satu hari dan berapa banyak yang akan pindahkan sangat penting dalam proses membantu anda dalam menentukan jenis mesin carton sealer yag akan anda gunakan. Menilai berapa banyak kotak yang saat ini Anda segel sehari dan berapa banyak produk yang Anda pindahkan akan membantu Anda menentukan persyaratan sealer casing Anda. Dan tidak lupa juga untuk mementukan tingkat otomatisasi yang anda butuhkan, dan konfigurasi sabuk yang paling sesuai untuk Anda.

Jika Anda menyegel 50 - 250 kotak per hari, mesin cartons sealer semi otomatis adalah pilihan tepat. Dengan menggunakan mesin jenis ini, dibutuhkan seorang operator untuk melipat tutup kotak dan memasukkan kotak ke dalam mesin carton sealer. Proses ini jauh lebih cepat dibandingkan proses manuan dengan menempelkan setiap kotak dengan tangan.

Untuk proses penyegelan yang memproduksi lebih dari 250 kotak per hari, anda harus menggunakan mesin carton sealer yang otomatis. Dengan mesin jenis ini, tidak memerlukan operator karena kotak dimasukkan ke dalam mesin carton sealer sealer oleh konveyor akan secara otomatis dilipat dan disegel.

3. Berapa Dimensi Dan Berat Produk Anda?

Sangat penting untuk mempertimbangkan berbagai dimensi kotak yang Anda gunakan. Mesin carton sealer ini memiliki dimensi yag sangat bervariasi. jadi penting sekali untuk mengecek spesifikasi untuk menentukan jenis mesin carton sealer mana yang dapat menangani ukuran kotak minimum dan maksimum Anda. Selain itu, berat produk adalah faktor lain yang perlu dipertimbangkan. Perhitungkan berat produk Anda dan perhatikan kapasitas berat maksimum karena ini bervariasi antar mesin.

4. Dimana Case Sealer Akan Digunakan?

Penting juga untuk mempertimbangkan dimana mesin anda tersebut akan digunakan. Karena setiap jenis produksi yang akan anda akan jalankan nanti, pasti akan membutuhkan yang berbeda juga dan hal tersebut juga membuat penggunaan mesin yang berbeda untuk setiap jenis produksi dan tempat yang akan jalankan nanti. 

Hal lain yang perlu untuk diperhatikan saat membeli mesin carton sealer adalah ukuran fisik mesin. Bergantung pada seberapa banyak ruang yang Anda miliki, Anda mungkin memerlukan mesin dengan jenis yang lebih kecil untuk mengakomodasi ruang lantai Anda.

5. Berapa Banyak Jenis Mesin Carton Sealer

Berikut beberapa jenis mesin carton sealer yang bisa anda pelajari, sehingga anda bisa memilih jenis mesin yang tepat untuk usaha anda nanti, antara lain sebagai berikut :
  • Semi Automatic Format Size
Mesin dengan jenis ini adalah dipergunakan untuk operasi yang produksi dengan ukuran produk yang sama. Jika proses produksi anda menggunakan kotak berukuran standar, maka jenis mesin ini adalah pilihan terbaik untuk Anda. Mesin ini menyegel kotak Anda dari atas ke bawah. Contohnya adalah mesin carton sealer CT 103 SDT
  • Semi-Automatic Random Size
Mesin carton sealer jenis semi-automatic random size sangat cocok untuk jenis operasi dengan berbagai variasi. Banyak jenis usaha produksi yang tidak memiliki ukuran kotak yang standar karena harus mengakomodasi setiap jenis produk dengan ukuran yang berbeda. Ini berarti Anda membutuhkan mesin sefleksibel Anda. Mesin ini dapat beradaptasi dengan ukuran karton apa pun dan sangat cocok untuk operasi yang bervariasi. Contohnya adalah mesin carton sealer GPB-56
  • Automatic Fixed Format
Mesin Carton sealer jenis automatic fixed formal adalah pilihan ideal untuk proses produksi yang dijalankan secara teratur dan memiliki beban volume tinggi dan membutuhkan proses yang cepat dan mudah. Ini adalah cara tercepat dan paling efisien untuk menyegel banyak kardus dengan ukuran kotak karton yang sama. Contohnya adalah mesin carton sealer CT 108 SDF
  • Automatic Self Sealing
Mesin carton sealer jenis automatic self sealing memungkinkan sistem produksi dalam julah yang besar dalam waktu singkat untuk menyesuaikan operasi pengemasan sekundernya ke kotak berukuran paling acak sekalipun. Ini adalah pilihan yang tepat untuk operasi besar yang menjalankan banyak variasi. Contohnya adalah mesin carton sealer GPI-50.

Demikian merupakan sedikit pembahasan mengenai Panduan Memilih Mesin carton Sealer yang dapat mempermudah anda dalam memilih jenis mesin carton sealer yang tepat untuk usaha anda. Dengan memilih mesin yang tepat, proses produksi anda nanti akan lebih cepat dan efesien sehingga proses pemasaran produk anda akan lebih cepat laku. Semoga dapat bermanfaat bagi anda.
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "TIPS MEMILIH JENIS MESIN CARTON SEALER YANG SESUAI UNTUK USAHA ANDA"