Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istilah-istilah dalam Internet

Istilah-istilah dalam Internet

Account, Data tentang seseorang atau objek, biasanya minimal terdiri atas username dan password. 

Address, Alamat, dalam internet terdapat dua alamat yang sering muncul, yaitu alamat e-mail misalnya joni@yahoo.com, sedangkan pengertian yang kedua adalah alamat web atau sering disebut dengan United Resource Location (URL).

Attachment, Fasilitas attachment dapat diartikan lampiran, biasanya dalam e-mail. Ketika kita ingin mengirimkan gambar melalui e-mail kita dapat melampirkan gambar itu ke dalam file e-mail kita. Jika gambar terlampirkan, maka akan terkirim bersama e-mail. 

Bitmap, Bitmap merupakan titik-titik kecil yang diletakkan sangat berdekatan sehingga membentuk gambar hitam putih atau berwarna. Jadi, ketika memperoleh file gambar rumah.bmp artinya gambar tersebut terbentuk dari titik-titik yang digabungkan yang akhirnya membentuk gambar rumah. 

Bandwitch, Ukuran yang diberikan ISP, seberapa lebar spektrum yang dihantarkan sesuai dengan lebarnya jalur komunikasi, untuk menampung kapasitas data. 

Bit per second, Disingkat menjadi Bps, huruf B ditulis dengan huruf besar atau kapital, terutama untuk membedakannya dengan bits per second. Bytes per second adalah tingkat data bit yang ditransmit dalam komunikasi medium, seperti transfer data melalui kabel, satelit, atau modem. 

Broadcast, Proses pengiriman data satu arah, tidak memerlukan respon dari penerimanya. Terjadi misalnya pada proses penyiaran radio dan televisi. 

Browser, Menjelajah dengan mengikuti link pada halaman web, atau perintah proses pencarian suatu data atau file. 

Byte, Satu byte merupakan sebuah karakter yang dibangun dari tujuh atau delapan bit. Satuan yang digunakan untuk menunjukkan kapasitas dalam dunia digital termasuk komputer, besar file, serta ukuran lain, digunakan dalam satuan byte ini. Informasi yang akan dan yang diolah disimpan di dalam suatu memori. 

Chat/Chatting, Percakapan interaktif antarpengguna komputer yang terhubung dalam suatu jaringan/internet. Bentuk interaksinya biasanya berupa teks, dengan tambahan peralatan tertentu, juga dimungkinkan interaksi dengan suara. 

Client, Klien, merupakan komputer yang memanfaatkan sumber daya dalam jaringan yang disediakan oleh komputer server. 

Cookies, Sebuah informasi tentang klien dari komputer server yang disimpan ke komputer klien. Connect Menghubungkan komputer ke jaringan internet. 

Cracker, Aktivitas mencuri maupun merusak program lain yang kadang-kadang diikuti dengan menyusupkan program mata-mata (spyware).

Cryptography, Cara agar suatu pesan dapat dikirimkan secara aman dengan cara menyandikannya ke dalam kode tertentu. 

CSS (Cascading Style Sheet), merupakan kumpulan perintah yang dibentuk dari berbagai sumber yang disusun menurut urutan tertentu sehingga mampu mengatasi konflik gaya/style. 

Cyber, Cyber merupakan kata awal yang biasanya diikuti kata lain yang menunjukkan bahwa hal tersebut berada di dalam internet. Contohnya cyberwar artinya perang di internet (secara maya), cyberspace artinya dunia internet. 

Cyberspace, Istilah untuk dunia maya 

Cybercrime, Kejahatan di dunia maya/Internet. 

Cyberlaw, Istilah yang merujuk pada hukum yang berlaku di dunia maya. 

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol), Sistem yang digunakan oleh ISP yang secara otomatis memberikan alamat IP baru setiap kali pengguna melakukan login. 

Dial Up Networking, Dial up networking merupakan program yang biasanya langsung terinstal dalam Windows 95, 98, 2000 yang merupakan komunikasi program internet. Dial up networking digunakan jika komputer tersebut memasuki internet dengan cara dial up menggunakan line telepon. Tentunya jika tanpa dial akan menggunakan komunikasi dengan program yang berbeda. 

Dial Up, Jenis komunikasi antara dua komputer dengan menggunakan saluran telepon dan modem. 

Domain, Sekumpulan komputer dan periferalnya dalam jaringan yang tertata dengan aturan dan prosedur tertentu. Di internet, domain didefinisikan dengan alamat IP. 

Domain name server, Domain name server atau disingkat DNS, yaitu komputer server dalam internet yang mampu menerjemahkan antara nama domain internet (telkom.net.id) dengan alamat numeriknya, seperti 203.134.3.6. Dengan demikian, ketika memasuki internet, kita tidak perlu mengetikkan alamat numeriknya (contohnya www.detik.com). 

Download, Menyalin file dari komputer server (situs Internet) ke media penyimpan lokal (disket/hardisk/flashdisk) di komputer klien. 

Digital Subscriber Line (DSL), Suatu teknologi yang mampu menyediakan bandwidth (kecepatan pengiriman data) cukup tinggi ke rumahrumah atau perusahaan melalui media kabel telepon.

E-Commerce Electronik commerce, Merupakan kumpulan teknologi, aplikasi, dan bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas melalui transaksi elektronik dan pertukaran barang, serves, dan informasi elektronik. 

E-government, Istilah untuk berbagai kegiatan pemerintah yang dibantu melalui media teknologi informasi dan komunikasi. 

E-mail, Electronic mail merupakan pesan, biasanya berupa teks yang dikirim dari suatu alamat ke alamat lain di jaringan internet. 

E-payment, Pembayaran dengan memanfaatkan media elektronik seperti internet 

Encryption, Enkripsi, menyandikan sebuah pesan agar tidak dapat dibaca jika tidak menggunakan program pembukanya. 

Favorite, Favorite merupakan daftar file atau alamat web yang disimpan karena disukai dan akan mengunjunginya kembali. Pada Internet Explorer kita dapat menyimpan dan memelihara daftar web-web favorit untuk dikunjungi kembali suatu saat. 

HTTP (Hypertext Transfer Protocol), Salah satu protokol bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi antarserver komputer dalam internet. Protokol bahasa yang lain dalam internet, misalnya Telnet, News, Gropher, dan FTP. 

Link, Koneksi terbentuk hypertext, yaitu suatu teks yang jika di-klik akan terhubung ke dokumen di situs lain atau dokumen di situs yang sama. Di World Wide Web (WWW), link biasanya muncul dalam bentuk teks atau gambar yang menonjol atau berbeda warna dari teks yang tidak ber-link. Biasanya jika kita menaruh tanda panah teks atau gambar akan menjadi gambar tangan. Artinya teks atau gambar tersebut memiliki link ke dokumen lain. Untuk dapat masuk ke link dari teks atau gambar tersebut caranya adalah dengan mengklik pada teks atau gambar yang memiliki link tersebut. 

URL (Uniform Resource Locator), Sistem penamaan alamat situs web. Oleh sebab itu, URL sering pula dinamakan Internet Address (alamat internet). Setiap protokol bahasa (HTTP, Telnet, FTP, dan lain-lain) mempunyai sistim penulisan alamat yang berbeda-beda. Contoh URL: http://www.freewebs.com/bismillah/index.htm. 

WWW (WorldWide Web), Disingkat WWW merupakan bagian dari protokol bahasa HTTP yang paling populer dalam Internet. Sistem ini mula-mula dibangun oleh CERN, sebuah laboratorium fisika di Eropa dan baru mulai diselenggarakan untuk publik pada tahun 1991.

Sekarang, Web atau Internet telah menjadi sumber data dan informasi yang tidak terbatas yang dapat diakses oleh semua orang. Di dalam WWW semua dokumen, menu, indeks, dan lain-lain ditampilkan kepada para pengguna internet sebagai objek dalam format HTML yang dapat dilihat dengan menggunakan Web Browser. 

HTML (Hypertext Markup Language), Bahasa program yang digunakan untuk menulis format dokumen yang dapat diakses dalam Web. Dengan menggunakan format HTML setiap dokumen yang dibuat dapat dibaca oleh semua sistem operasi dan tipe komputer yang ada di dunia. Di samping itu, kekuatan utama file HTML adalah adanya fungsi hypertext link (disingkat: hyperlink). 

IRC (Internet Relay Chat), IRC merupakan software chatting (mengobrol online), yaitu software yang memungkinkan kita berkomunikasi secara real time dengan sesama rekan yang terhubung ke IRC server seluruh dunia. Untuk dapat menggunakan IRC, kita perlu menginstal software IRC, untuk Microsoft windows biasanya adalah mIRC. Software ini dapat didownload (www.mirc.com). 

Jpeg, Jpeg merupakan sebuah tipe file image (gambar) yang banyak ditemukan di internet. File dengan format ini akan berakiran Jpeg, misalnya jeep Jpeg. Jpeg merupakan kependekan dari Joint Photographic Group. 

Hosting, Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di situs. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya hosting yang disewa/dipunyai. Semakin besar hosting semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam situs. 

Hosting juga diperoleh dengan menyewa. Besarnya hosting ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran MB (Mega Byte) atau GB (Giga Byte). Lama penyewaan hosting ratarata dihitung per tahun. Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan penyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun luar negeri. 

Hyperlink (Hypertext Link), Disingkat lagi dengan sebutan link adalah suatu bagian tertentu (teks maupun gambar) dalam suatu dokumen HTML yang mengacu kepada suatu dokumen/file lain ataupun bagian lain dari dokumen/file yang sama. Sebuah link teks biasanya ditandai dengan teks yang bergaris bawah dan berwarna biru. Namun tanda utama dari sebuah link (baik link teks maupun link gambar) adalah berubahnya pointer mouse menjadi tanda “telunjuk tangan” bila diletakkan di atas link tersebut. Bila sebuah link di-klik maka program browser akan membuka/menuju pada bagian/dokumen/file yang ditunjuk oleh link tersebut. 

Login, Proses pemasukan user id dan password. Misalnya pada saat kita memasukkan user id dan password pada saat ingin membuka kotak surat email. 

Log Out, Kebalikan dari login, yaitu proses keluar dari sebuah halaman web. 

Offline, Merupakan kondisi di mana koneksi komputer kita ke intenet dalam kondisi terputus. 

Online, Kondisi di mana koneksi komputer kita ke internet dalam kondisi tersambung. 

Shareware, Suatu program komputer yang dapat kita download dan kita gunakan dalam jangka waktu tertentu. Bebas digunakan untuk pengujian dan terkadang selamanya. Namun diharapkan pemakai memberikan dana kepada pembuatnya jika pemakai bermaksud untuk menggunakannya secara terus menerus. Seringkali ada hak cipta, tetapi terkadang bebas untuk diberikan kepada siapa saja. 

Web Browser, Diringkas Browser adalah program atau software yang dirancang untuk mencari dan menampilkan dokumen web dalam format HTML. Dengan browser, para pengguna komputer dapat mencari dan menelusuri (browse) serta melihat isi dari dokumen web dan berpindah dari sebuah tempat (halaman) ke tempat lain di web. Contoh program browser yang populer, misalnya Internet Explorer, Netscape, Opera, Mozilla, dan lain-lain. 

Website atau Situs Web, Setiap komputer atau tempat (space) dalam sebuah komputer yang terhubung dengan internet dan menjalankan fungsi dan proses sebagai server web yang berisi dokumen-dokumen dalam format HTML. Sebuah website memiliki URL (alamat website) atau domain name (nama domain) yang biasanya berakhiran .com .net .org dan lainlain; contoh: bismillah.co.nr. 

Web Page atau halaman web, Sebuah file atau dokumen HTML yang disimpan oleh sebuah server komputer dan merupakan bagian dari kumpulan file dan dokumen yang dimiliki oleh sebuah website. 

Mailing List disingkat Milis, Kumpulan atau daftar dari sejumlah alamat e-mail yang digabungkan menjadi satu alamat e-mail. 

Upload, Mengirim file dari komputer sendiri (user) ke komputer lain lewat jalur atau fasilitas internet.

Hosting, Ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar, dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di situs. Besarnya hosting ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran MB (Mega Byte) atau GB (Giga Byte) 

Scripts/Bahasa Program, Digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang sedang diakses. Jenis scripts sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya sebuah situs. Semakin banyak ragam scripts yang digunakan, maka akan terlihat situs semakin dinamis dan interaktif serta terlihat bagus.  

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Istilah-istilah dalam Internet"