Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membuat Halaman Web Online

Untuk membuat halaman web yang anda buat “online” sehingga dapat diakses oleh semua orang melalui internet, anda harus menyimpan seluruh file yang anda buat di tempat penyimpanan online yang biasa disebut dengan hosting dan mengarahkannya dengan domain. 

Tips Membuat Halaman Web Online

Mengenal Hosting dan Domain 

Sebelumnya telah dijelaskan secara singkat bahwa Hosting adalah tempat penyimpanan online untuk file-file website anda sehingga semua orang dapat mengaksesnya di internet. sedangkan untuk mengarahkan orang-orang agar membuka halaman web anda, diperlukan sebuah alamat yang biasa disebut dengan domain misalnya www.facebook.com. 

Untuk menyederhanakan istilah-istilah tesebut, bayangkanlah Hosting itu sebuah Rumah, dan domain sebagai Alamat dari rumah tersebut. Lalu dimana saya bisa mendapatkan domain dan hosting ini? Jawabannya, Anda dapat menyewa keduanya. 

Sudah banyak jasa-jasa Hosting indonesia yang menawarkan jasa sewa Hosting dan domain dengan harga yang murah, anda dapat menyewanya perbulan atau bahkan pertahun dengan berbagai paket sesuai kebutuhan. 

Tips memilih Hosting 

Murah saja tidaklah cukup, jangan terpengaruh oleh harganya yang miring, tapi lakukan survey terlebih dahulu akan kinerja dari hosting yang akan kita sewa. Karena biasanya kendala dari sewa hosting sangat banyak, mulai dari server yang selalu down sehingga halaman web anda tidak bisa dibuka oleh orang lain. 

Sesuaikan pemilihan paket data sesuai dengan ukuran situs anda, semakin kecil ukuran hosting yang akan disewa semakin murah pula harga yang harus anda bayar.

Tips memilih Domain 

Gunakanlah nama domain yang pendek atau yang lebih mudah diingat oleh semua orang, misalnya toko-bagus.com, ilmu-komputer.com atau nama lain yang akan mudah diingat. Harga domain tergantung dari ekstensi yang anda pilih misalnya .com , .net , .org , .co.id dan lain sebagainya. 

Pada Contoh yang akan saya berikan, kita akan menyewa hosting dari salah satu jasa hosting lokal. Sebagai contoh saya akan memilih paket domain dan hosting dengan size 150mb, cukup untuk menampung seluruh situs saya. 

Setelah proses pembayaran selesai, kita tinggal menggunakan hosting tersebut tanpa harus bingung mengatur hosting dan domain karena semuanya sudah dilakukan oleh penyedia jasa.
Tips Membuat Halaman Web Online
Tabel harga hosting+domain di salah satu jasa hosting lokal 
Pertama-tama, kita masuk ke pusat pengaturan Hosting yang biasa disebut dengan cpanel. Biasanya dapat diakses melalui alamat :www.domain-anda.com/cpanel. Andapun akan dibawa ke halaman berikut.
Tips Membuat Halaman Web Online
Halaman login cPanel 
Masukkan username dan password yang telah diberikan oleh jasa hosting yang anda gunakan untuk memasuki cpanel. Setelah anda login, berikut ini adalah tampilan halaman web yang akan anda dapatkan.
Tips Membuat Halaman Web Online
 Halaman cPanel 
Kita mulai dengan mengupload seluruh file-file HTML dan file-file yang bersangkutan (CSS, gambar dan lain sebagainya), carilah Icon File Manager, ketika anda klik, berikut tampilan yang akan anda dapatkan, hampir sama dengan explorer atau aplikasi pencari berkas yang terdapat dalam komputer anda.
Tips Membuat Halaman Web Online
File Manager untuk mengatur file di hosting 
Lalu dimana kita harus meletakkan file yang kita punya agar dapat diakses oleh orang lain di internet? Anda harus mengupload file-file web anda ke folder www atau public_HTML. Klik tombol upload, dan uploadlah file anda satu persatu.
Tips Membuat Halaman Web Online
Halaman untuk mengupload file
Jika semua file-sudah anda upload, andapun dapat mengaksesnya melalui alamat domain anda www.domain-anda.com. Jika anda membuat folder lagi dalam folder www, anda dapat mengaksesnya lewat alamat : www.domain-anda.com/nama-folder.
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Tips Membuat Halaman Web Online"