Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Jurusan Kuliah di Bidang Fashion

Dunia fashion selalu mengalami perubahan dan perkembangan yang begitu pesat dari tahun ketahun, terutama di kota-kota pusat mode seperti New York, London, Paris dan Milan. 

Perkembangan dunia fashion yang begitu cepat ini menyebabkan tingginya tuntutan akan inovasi baru dan kreativitas di bidang fashion, baik mengenai perpaduan gaya, desain, hingga tren-tren yang unik dan menarik. 

Rekomendasi Jurusan Kuliah di Bidang Fashion

Hal inilah yang menyebabkan seseorang dengan kemampuan dan passion di bidang fashion akan selalu di cari. Apabila kamu memiliki semua itu, ini adalah sebuah peluang besar yang sangat menjanjikan. 

Kalau kamu ingi memiliki karir di bidang ini, Ayo, kembangkan kompetensimu dengan berkuliah di jurusan-jurusan yang berhubungan dengan dunia fashion seperti berikut.

Jurusan Fashion design

Jurusan pertama yang dapat kamu jadikan pilihan tentu saja jurusan fashion design atau biasa di sebut  jurusan Tata Busana di beberapa kampus. 

Jurusan fashion design sendiri adalah jurusan yang akan mempelajari mengenai cara menciptakan sebuah rancangan busana. Selain itu, kamu juga akan mempelajari cara 'menyulap' rancangan tersebut menjadi baju siap pakai.

Di jurusan ini juga kamu akan mempelajari teknik mendesain, membuat pola, menjahit, dan seluk beluk produksi busana atau fashion. Tidak hanya di bagian produksi, disini kita juga akan di ajarkan tentang analisa tren, bagaimana marketing dan manajemen bisnis fashion. 

Biasanya, di akhir perkuliahannya anak Tata Busana akan mengadakan fashion show sebagai tugas akhir mereka. Jurusan yang satu ini bisa kamu ikuti di Institusi Seni Budaya Indonesia Bandung atau di ESMOD Jakarta. 

Jurusan fashion design ini pasti cocok untuk kamu yang ingin menjadi seorang fashion entrepreneur. Apabila kamu nantinya menjadi seorang fashion designer yang handal, bukan tidak mungkin kamu dapat menjadi seorang trendsetter.

Jurusan Fashion Business

Bagi kamu yang tertarik dengan fashion dan ingin mendalaminya dari sisi bisnis, maka bergabung dengan jurusan ini. Di jurusan fashion business ini, kamu akan mempelajari bagaimana mengatur bisnis dalam dunia fashion dan perilaku konsumen berdasarkan Trend fashion saat ini. 

Pada mata kuliah Fashion Management nantinya akan berfokus pada strategi yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pasar dan memahami apa yang konsumen inginkan. 

Lulusan dari jurusan ini diharapkan dapat menganalisis tren industri fashion berdasarkan aspek sosial, ekonomi, dan dan juga budaya berdasarkan kearifan lokal. 

Sayangnya, hingga saat ini belum ada perguruan tinggi negeri yang menyediakan konsentrasi Fashion Business. Jurusan ini dapat kamu temukan di Universitas Ciputra Surabaya, LaSalle College International Jakarta, dan lainnya. Sama seperti jurusan Fashion Design, Fashion Business juga termasuk kedalam program perkuliahan Diploma sehingga lulusannya nanti akan meraih gelar Diploma 4 (D-4) atau setara Strata 1 (S-1).

Selain itu, lulusan jurusan ini akan memiliki prospek kerja yang sangat luas. Nantinya kamu bisa berkarir sebagai fashion director, event coordinator fashion show, retail manager, maupun sebagai retail analyst.

Jurusan Seni Kriya Textile

Di jurusan ini, nantinya kamu akan mempelajari mengenai bagaimana proses pembuatan kain, pembuatan warna dan motif pada setiap kain, serta mengetahui bagaimana proses pembuatan tekstur kain yang akan menciptakan material serat alam menjadi fungsional.

Pada jurusan Seni Kriya Textile ini, kamu akan mempelajari seni crafting atau kerajinan yang bernilai estetik dan etnik dalam suatu media terutama tekstil. Contoh benda seni kriya textile antara lain adalah  kain tenun dan lain-lain. 

Sementara teknik dalam pembuatan seni kriya antara lain seperti rajut, sulam, tenun, batik, tapestri, dan sebagainya. Di prodi ini kamu akan belajar menciptakan karya yang memiliki nilai guna serta nilai kebudayaan.

Beberapa universitas telah menyediakan jurusan ini. Adapun terkait kesempatan kerja, lulusan jurusan kriya tekstil memiliki peluang untuk menjadi seorang konsultan desainer, fashion designer, fabric desainer, dan masih banyak lagi.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Jurusan Kuliah di Bidang Fashion"