Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Raja Lima Bali Nusa Pendia Surga Indonesia

Obyek wisata Raja Lima Nusa Penida adalah salah satu obyek wisata yang menebarkan pesona keindahan pantai dan laut. Kalau sudah berada disini semua kelelahan dan stres Anda bisa terobati. Anda akan melihat kekaguman pesona Raja Lima. 

Raja Lima Nusa Penida hampir sama dengan Pantai Kelingking. Yang membedakan mungkin hanyalah bentuk karang yang ditampilkan. Sesuai dengan namanya Raja Lima memang mirip dengan Raja Ampat di Papua. Kedua obyek wisata ini menampilkan bukit karang yang ada dipesisir pantai. Dari ketinggian kita bisa melihat panorama laut.

Raja Lima Bali Nusa Pendia Surga Indonesia
Sumber : https://www.instagram.com/gowisatanusapenida/

Kalau Papua punya Raja Ampat, Bali punya Raja Lima, yang juga tidak kalah indahnya. Berlokasi di area Pulau Seribu, tidak jauh dari Pantai Atuh, Nusa Penida, destinasi ini punya spot unik yakni Rumah Pohon Molenteng yang sangat instagramable. 

Kita juga bisa berfoto dengan latar bebatuan besar yang menyerupai pulau. Sampai di lokasi kita masih harus sedikit treking menuruni tebing melewati jalan/tangga kecil yang hanya dibatasi tali kecil.

Raja Lima Nusa Penida berada di Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Untuk menuju lokasi Raja Lima anda bisa berangkat dari Pelabuhan Buyuk atau Sampalan Point menggunakan fast boat. Lama perjalanan kira-kira 50 menit. Alternatif lainnya, anda juga bisa berangkat dari Pelabuhan Maruti dengan lama perjalanan kira-kira 1 jam. Untuk menempuh kesana anda perlu sewa motor atau mobil.

Keunikan Raja Lima Nusa Penida

Seperti yang kita tahu, obyek wisata Raja Lima Nusa Penida telah menjadi tempat wisata yang menjadi magnet bagi wisatawan. Hal itu dikarenakan berbagai keunikan yang ada di sana. Lantas apa sajakah keunikan tersebut? 

1. Cocok Buat yang Hobi Trekking

Akses menuju spot Raja Lima Nusa Penida cukup ekstrim dan menantang. Anda harus melewati jalanan yang curam dan berbatu-batu dengan lama perjalanan kira-kira 7 menit. Buat anda yang hobi trekking mungkin ini menjadi momen yang menyenangkan sekaligus menantang. 

Untuk sampai di spot terbaik dari Raja Lima Nusa Penida anda harus melewati 150 lebih anak tangga. Biasanya para pengunjung harus antri disini karena menunggu rombongan lain yang sedang mengambil foto.

2. Raja Ampat Ala Bali

Spot Raja Lima Nusa Penida berada di bukit yang tinggi dengan angle yang bagus. Dari atas anda bisa melihat dengan jelas batu-batuan yang membentuk gugusan pulau-pulau kecil layaknya Raja Ampat. Efek dari air laut yang jernih anda juga bisa melihat gugusan karang. 

Ditambah lagi dengan cantiknya hamparan pasir putih di bibir pantai yang menyejukkan mata. Yang tak kalah magic adalah anda bisa menyaksikan mata air di pinggir laut yang tidak asin dan tidak pernah kering.

3. Menginap di Rumah Pohon

Salah satu keunikan dari Raja Lima Nusa Penida adalah adanya Rumah Pohon Batu Molenteng. Dari spot ini anda bisa menyaksikan keindahan laut dan gugusan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Untuk berfoto di tempat ini anda dikenakan biaya sebesar Rp 10.000,00 per orang. Selain foto, anda juga bisa menginap di tempat ini dengan daya tampung 5 orang. Cocok buat anda yang sedang melancong bareng teman atau keluarga kecil.

4. Fasilitas yang Sederhana tapi Lengkap

Meskipun letaknya di ujung dan sangat sepi namun anda tidak perlu khawatir masalah fasilitas. Jika kelaparan, anda bisa menikmati hidangan sederhana di warung-warung yang tersedia. Jika ingin beristirahat setelah kecapekan anda bisa rebahan di gubug-gubuk yang disediakan. Untuk keperluan MCK atau ganti pakaian juga sudah disediakan toilet.

5. Spot Foto yang Instagenic

Raja Lima Nusa Penida berada di lokasi yang berdekatan dengan Pulau seribu. Yang membedakan adalah adanya patung di Raja Lima yang tidak bisa dijumpai ketika berada di Pulau Seribu. Patung inilah yang menjadi ikon bagi para pelancong untuk berselfie ria.

Eloknya pemandangan di Raja Lima Nusa Penida memang tidak bisa diragukan lagi. Pantai, tebing dan Samudera Hindia terlihat jelas menyuguhkan panorama yang menyejukkan mata. Menyuguhkan angle dan pemandangan yang instagenic. Cocok banget buat dipajang di instagram.

Raja Lima Bali Nusa Pendia Surga Indonesia
Sumber : https://www.instagram.com/gowisatanusapenida/

Meskipun begitu, anda harus tetap waspada dan hati-hati ketika mengambil foto. Spot ini memiliki ruang gerak yang sempit dan terbatas. Jangan sampai anda berfoto di sudut-sudut yang ekstrim karena akan berakibat fatal untuk anda.

6 Keseruan Di Raja Lima Nusa Penida

Liburan memang waktunya menikmati suasana yang asik dan seru. Nah, di tempat ini anda bisa menikmati banyak keseruan yang tidak akan membuat anda menyesal berkunjung ke sini.

1. Serunya Menuju Raja Lima Nusa Penida Melewati Area Trekking

Untuk bisa sampai ke kawasan tersebut pengunjung harus melewati tebing yang terbentang kira-kira 1 kilometer panjangnya. Meskipun jalannya tidak mulus, namun pengunjung akan melihat pemandangan laut lepas yang indah dan tentunya cantik sebagai latar belakang foto. 

Letaknya menuju ke arah bukit Labuh Ampuak yang berada di sebelah kanan Pantai Atuh Nusa Penida. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan menuju ke selatan sampai terlihat bangunan kayu yang dikenal juga dengan nama Rumah Pohon Mollenteng. Perjalanan menuju lokasi tidaklah mudah, karena itulah perjalanan ini juga biasanya digunakan untuk aktivitas trekking di Nusa Penida.

2. Menikmati Pemandangan Yang Memukau

Wisata alam yang cukup menjanjikan membuat banyak wisata tidak ragu lagi untuk mengunjungi tempat ini. Karena lokasinya berada di bukit yang tinggi maka pengunjung dapat melihat dengan kelas keindahan pulau-pulau yang berada di sekitarnya.

Perlu perjuangan untuk sampai ke tempat ini sehingga sayang jika tidak mengambil foto di tempat ini. pemandangan yang hijau ditambah dengan birunya air laut akan menambah suasana damai di kawasan raja lima.

3. Beristirahat Di Raja Lima

Perjalanan yang harus dilalui oleh para pengunjung tidaklah mudah, apalagi bila dilakukan oleh orang yang jarang melakukan kegiatan olahraga. Tidak jarang terdapat pengunjung yang kecapekan bahkan pingsan setelah melewati perjalanan panjang itu.

Namun tenang di tempat tersebut sudah disediakan warung dan juga gubuk untuk beristirahat. Para pengunjung dapat beristirahat sejenak setelah kelelahan dan kepanasan dari terik sinar matahari. Pengunjung juga bisa memesan makanan yang berada di warung, namun jangan harap menu yang disajikan sesuai dengan selera.

Hanya ada makanan instan yang tersedia, seperti nasi goreng, mie goreng atau mie rebus dan minuman. Untuk harga cukup mahal memang, tapi tidak jadi masalah karena berada di wilayah wisata.

4. Menikmati Suasana Yang Sejuk

Semua perjuangan untuk bisa mencapai tempat ini akan terbayar jika sudah mencapai lokasi. Bagaimana tidak, pemandangan yang indah dan suasana yang menyegarkan akan membuat pengunjung enggan beranjak dari tempatnya. Ada juga beberapa stop untuk mengambil foto menarik dan juga patung untuk melihat keindahan pulau.

5. Menikmati Fasilitas Yang Tersedia

Terdapat fasilitas yang kurang lengkap di tempat ini. Misalnya saja hanya terdapat toilet untuk para pengunjung, sedangkan fasilitas lainnya belum dilengkapi. Sehingga harus terus dikembangkan dan dikelola agar semakin baik ke depannya.

Meskipun begitu hal ini tidak akan membuat keseruan liburan anda berubah loh, ada banyak fasilitas lainnya yang bisa anda nikmati.

6. Serunya Melalui Jalur Trekking Yang Cukup Sulit

Bagi yang belum terbiasa dengan kegiatan olahraga atau sedang mengalami sakit sebaiknya jangan berkunjung ke tempat satu ini. Karena trakking yang sulit dan terjal ditakutkan dapat membahayakan para pengunjung.

Atau sebaiknya datang dengan teman-teman atau kelompok agar ketika terjadi sesuatu dapat dibantu oleh orang lain. Karena butuh energi dan keberanian yang kuat untuk sampai ke tempat ini.
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Raja Lima Bali Nusa Pendia Surga Indonesia"