Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Kelingking Bali Surga Indonesia

Kelingking Beach merupakan salah satu spot Nusa Penida yang paling terkenal. Situs - situs travel yang terknal dan besar menggunakan fotonya untuk mengiklankan Bali dan bahkan terkadang Indonesia. Nusa Penida adalah salah satu keindahan yang luar biasa dari Pulau Bali. 

Pantai Kelingking Bali Surga Indonesia
Sumber : https://www.instagram.com/gowisatanusapenida/

Banyak hal keindahan yang diperlukan untuk menggambarkan pesona alamnya. Namun untuk saat ini, bagian barat Nusa Penida sudah terlanjur menjadi primadona. Selain terdapat Broken Beach yang eksotik, di sanalah keberadaan Pantai Kelingking yang cantik.

Pemandangan yang begitu indah dari pantai Kelingking sangat mengagumkan. Tidak diragukan lagi banyak wisatawan dan media-media travel terkenal pernah membuat foto pantai ini sebagai sampul depan mereka. Sampai saat ini pun pantai Kelingking menempati top things to do in Bali.

Asal - usul kenapa disebut pantai kelingking?

Pantai dengan bentuk Jari Kelingking, Seperti namanya pantai kecil ini memang memiliki banyak bentuk tidak biasa karena menyerupai jari kelingking manusia. Selain itu, gradasi lautnya yang sangat memukau juga menjadi pelengkap keindahan pantai kelingking ini.

Dimana Lokasi Pantai Kelingking?

Terletak di Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Klungklung, Bali, pantai Kelingking adalah salah satu kunjungan wisata mancanegara dengan segala keunikan yang dimilikinya. Dengan menuruni jalan setapak yang terjal, pengunjung dapat menikmati dirinya dengan berenang di pantai pasir putih yang jernih nan indah ini.

Sejarah Pantai Kelingking Nusa Penida Bali?

Sejarah Pantai Kelingking yang saat dulu namanya sangat familiar di kalangan wisatawan, khususnya turis asing dengan julukan Kelingking Secret Point. traveler’s, kenapa kawasan Pantai Kelingking dulu populer dengan Secret Point-nya, ternyata asal usulnya sangat cukup menarik dan unik.

Seperti halnya keunikan Sejarah Pantai Pandawa Bali, Sejarah Pantai Nusa Dua dan Sejarah Pura Tanah Lot Bali, dimana latar belakang sejarah nama secret point itu berawal karena dulu setiap wisatawan hanya bisa menikmati keindahan pantai kelingking dari kejauhan saja, tepatnya di sebuah tempat atau spot ( Secret Point ) yang dibuat secara swadaya oleh masyarakat sekitar untuk mereka dan pengunjung yang datang ke sana.

namun kini seiring berjalannya waktu dan pariwisata bali yang semakin berkembang dan banyak wisatawan yang mengekplorasi tempat – tempat wisata yang tersembunyi, beberapa waktu yang lalu sudah dibuat jalan yang memudahkan pengunjung untuk bisa turun ke bawah menuju pantai atuh untuk menikmatinya atau bermain di atas pasir putih.

Pantai Kelingking Bali Surga Indonesia
Sumber : https://www.instagram.com/gowisatanusapenida/

Nah sementara sejarah atau asal usul kenapa nama pantai di nusa penida bali ini dinamakan Pantai kelingking, yang pasti, tebing batu besar yang menjorok ke tengah lautan yang ada di sana tidaklah terlihat seperti jari kelingking kita manusia.

Keunikan dari Pantai Kelingking

Ada banyak sekali keunikan yang dimiliki oleh Pantai Kelingking ini namun tidak untuk pantai-pantai lainnya. Mulai dari masuk ke dalam Top 25 Beaches hingga ‘Love Kelingking’. Berikut adalah keunikan-keunikan yang dimiliki oleh Pantai Kelingking:

1. Top 25 Beaches

Meskipun rute yang dilalui cenderung sulit karena akses jalan yang kurang memadai, namun kenyataannya Kelingking Beach ini memasuki Top 25 Beaches dari seluruh dunia. Dilansir di Travelers Choice Awards, tempat wisata Kelingking Beach Nusa Penida Bali berada di urutan 19 dari 25 pantai.

2. Karang Berbentuk Kepala Dinosaurus

Saat memasuki pantai ini, pengunjung akan disambut oleh pemandangan karang yang berbentuk menyerupai kepala dinosaurus, yakni T-Rex. Pemandangan ini terbilang cukup langka mengingat tidak banyak pantai yang memiliki karang dengan bentuk yang khas.

3. Pantai Berbentuk Jari Kelingking

Selain karang yang berbentuk kepala dinosaurus, terdapat juga pantai dengan bentuk jari kelingking manusia. Inilah yang menjadi asal usul nama dari wisata Kelingking Beach Nusa Penida Bali ini. Para wisatawan juga bisa berfoto menggunakan drone agar dapat membuktikan seberapa uniknya bentuk pantai ini.

4. Titanic Shipwreck Kelingking

Romantis tidak melulu tentang dinner di sebuah restoran mahal. Di pantai ini, para pengunjung dapat bersinggah sejenak di Titanic Shipwreck Kelingking yang berlokasi dekat Kelingking Beach. Pengunjung juga dapat mengabadikan foto dan berpose di kapal buatan ini.

5. Gradasi Laut yang Sangat Indah.

Salah satu cara untuk mengistirahatkan otak adalah dengan mendekat kepada alam. Termasuk di Pantai Kelingking ini. Pengunjung dapat menikmati matahari terbenam bersamaan dengan suasana tenang dan indahnya gradasi laut yang dimiliki oleh pantai ini.

6. Love Kelingking dan Kelingking Swing

Dulu, pantai ini memiliki ‘love tree’ yang selalu menjadi spot foto para pengunjung yang mampir ke pantai ini. Namun tahun lalu, pohon ini mengalami kerusakan akibat tidak kuat menahan banyak beban pengunjung yang memanjat pohon ini.

Sebagai penggantinya, pihak pantai menyediakan 2 spot foto yang tidak kalah keren lainnya. Di antaranya adalah love kelingking dan kelingking swing yang bisa pengunjung nikmati dan jadikan sebagai spot foto saat berada di pantai indah ini.

Tidak perlu bingung untuk menggapai pantai ini, mulai dari travel hingga tour guide dapat dijadikan opsi untuk berkunjung ke pantai ini. Ada juga paket wisata bali yang dapat digunakan untuk menuju tempat wisata Kelingking Beach Nusa Penida Bali ini.

Cara ke Pantai Klingking

Anda bisa mencapainya, baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika tidak terbiasa berkendara di medan yang sulit, saran terbaik adalah menggunakan mobil dengan sopir, jangan menggunakan sepeda motor. Bisa juga memanfaatkan jasa paket wisata Nusa Penida yang banyak tersedia.

Sebelumnya, pastikan dulu Anda sudah di Nusa Penida. Jika belum, lakukan penyeberangan ke Nusa Penida dari Bali. Ada 3 opsi untuk menyeberang ke Nusa Penida, yakni naik kapal dari Pelabuhan Padang Bai, naik perahu tradisional dari Pantai Kusamba. Atau, naik fast boat dari Pelabuhan di Pantai Sanur Bali.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pantai Kelingking Bali Surga Indonesia"