Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Komputer Secara Lengkap

Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. Adapun dalam bahasa Inggris to compute. Komputer adalah suatu alat yang dipergunakan untuk melakukan komputasi atau perhitungan. Komputer adalah alat yang multifungsi, fungsi komputer di antaranya adalah sebagai berikut. 

  1. Menambahkan, memperbaiki dan mengambil informasi sampai mengirimkannya kembali ke benua lain melalui satelit komunikasi dan saluran telepon. 
  2. Dapat menghitung, membandingkan, mensimulasikan kegiatan-kegiatan, dan mengontrol proses dalam sebuah industri. 
  3. Melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan penelitian ilmiah. 
  4. Dapat menguji semua pekerjaan-pekerjaan dengan benar, tepat, mudah, dan dengan kecepatan yang tinggi.
Komputer merupakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang dapat mengolah data menjadi informasi serta dapat menjalankan program berdasarkan suatu aturan tertentu. Selain itu, banyak para ahli yang mengartikan komputer, di antaranya adalah sebagai berikut. 

Pengertian Komputer Secara Lengkap

Fuori, berpendapat bahwa komputer adalah suatu alat pemrosesan data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika tanpa campur tangan manusia. 

Hamacher, menurutnya komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. 

Blissmer, berpendapat bahwa komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan tugas menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintahperintah dan hasil dari pengolahan, serta, menyediakan output dalam bentuk informasi.

Secara umum, komputer dapat diartikan sebagai sebuah mesin elektronik, dijalankan oleh instruksiinstruksi yang disimpan di dalam memorinya. memori tersebut dapat menerima data masukan (Input), memanipulasi (mengolah) data sesuai dengan aturanaturan tertentu (proses), sehingga menghasilkan keluaran (output) berbentuk informasi, dan menyimpan hasilnya untuk kebutuhan yang akan datang.

Komputer bekerja dengan menggunakan tenaga listrik serta berdasarkan suatu perangkat lunak tertentu. Perangkat lunak adalah rangkaian perintah yang dibuat manusia (programmer) dan dapat dimengerti oleh komputer. Program tersebut akan memberi instruksi pada setiap perangkat keras komputer untuk mengerjakan sesuatu dan mengatur keselarasan kerja antara satu perangkat keras dan perangkat keras lainnya.

Mengapa Komputer sebagai Alat yang berdaya Guna?

Komputer memiliki kemampuannya melakukan proses data menjadi Informasi dengan kecepatan tinggi, akurat, dan handal. Uraian sifat-sifat pada komputer adalah sebagai berikut. 

a. Kecepatan 

Di dalam sistem unit Komputer, operasi terjadi melalui circuit elektronik. Data, instruksi, dan informasi mengalir melalui circuit ini dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya. Hal ini memungkinkan berjuta operasi dilakukan dalam hitungan detik. 

b. Kehandalan 

Komponen elektronik dalam komputer modern dapat diandalkan karena mempunyai kemampuan untuk tidak melakukan kesalahan. Tingkat kehandalan komponen komputer yang tinggi memungkinkan komputer untuk menghasilan output yang konsisten. 

c. Akurat 

Komputer dapat melakukan proses dengan jumlah data yang sangat banyak dan tidak melakukan kesalahan, dengan catatan data yang dimasukkan adalah benar. Jika kamu memasukkan data yang salah (error) maka komputer akan menghasilkan data yang salah pula. Hal ini disebut dengan GIGO (Garbage In Garbage Out). 

d. Tempat penyimpanan 

Banyak Komputer dapat menyimpan data yang luar biasa banyak dan membuat data tersebut mudah untuk diproses kapanpun dibutuhkan. Dengan menggunakan peralatan penyimpanan, data dapat dipindahkan dengan cepat dari tempat penyimpanan ke memori, diproses kemudian disimpan kembali untuk kebutuhan dilain waktu.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian Komputer Secara Lengkap"