Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengelompokan dan Klasifikasi Komputer

Komputer dikelompokkan berdasarkan data yang diolah, berdasarkan penggunaannya, berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya, serta berdasarkan generasinya.

Pengelompokan dan Klasifikasi Komputer

1. Berdasarkan Data yang Diolah 

Berdasarkan data yang diolah koputer dikelompokkan menjadi komputer Analog, komputer Digital, dan komputer Hybrid. 

a. Komputer Analog 

Komputer ini merupakan komputer yang digunakan untuk menerima sinyal analog, biasanya digunakan untuk melakukan pengecekan untuk data yang tidak berbentuk angka, karena data yang didapatkan adalah data yang bersifat gelombang. 

Komputer ini biasanya digunakan untuk mempresentasikan suatu keadaan. Sebagai contoh, komputer ini digunakan untuk melakukan pengecekan suhu, penghitung aliran BBM pada SPBU, mengukur kekuatan cahaya, dan lain-lain. Komputer ini banyak digunakan untuk kegiatan ilmiah.

b. Komputer Digital 

Komputer ini merupakan komputer yang kebanyakan yang kita kenal. Data yang diterimanya adalah data yang sudah berupa data digital. Sedangkan fungsinya digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain.

c. Komputer Hybrid 

Merupakan komputer yang memiliki kemampuan dari komputer analog dan komputer digital. Komputer jenis ini diperuntukkan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif, dengan perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya. 

2. Berdasarkan Penggunaannya 

Berdasarkan tujuan penggunaannya, komputer dikelompokkan menjadi komputer untuk tujuan khusus dan tujuan umum. 

a. Komputer untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer) 

Special purpose computer berarti komputer untuk keperluan khusus. Komputer ini dirancang hanya untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Perangkat yang ada pada komputer ini, baik komponen input, output, pemroses serta softwarenya telah dirancang untuk keperluan tersebut. Biasanya software yang mengendalikan proses sudah berada langsung pada sistem. Contoh dari Special Purpose Computer ini adalah komputer yang digunakan untuk kasir pada supermarket. 

b. Komputer untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer) 

Merupakan komputer yang dibuat untuk keperluan secara umum, sehingga komputer tersebut dapat digunakan untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan usernya. Personal Computer merupakan salah satu contoh dari kategori ini.

3. Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya 

Berdasarkan kapasitas dan ukurannya, komputer dapat dikelompokkan menjadi komputer komputer skala kecil, skala menengah, dan skala besar. 

a. Komputer Kecil (Small Scale Computer) 

Komputer kecil, merupakan komputer yang memiliki kemampuan proses dalam jumlah kecil. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer desktop atau komputer pribadi yang umumnya digunakan oleh satu orang pada satu saat. 

b. Komputer Menengah (Medium Computer) 

Komputer untuk skala menengah. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mini, yang biasanya melayani penggunanya pada dumb terminal. 

c. Komputer Besar (Large Computer) 

Komputer untuk skala besar. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mainframe. Pada mesin tersebut dapat diakses beramairamai, dan sudah dilengkapi dengan perangkat dan software yang lengkap. Penggunaannya pun adalah untuk pengolahan perhitungan dengan kemampuan yang cukup rumit untuk diselesaikan oleh komputer medium dan small.

4. Berdasarkan Generasinya 

Berdasarkan Generasinya, komputer dapat dikelompokkan menjadi beberapa generasi, yaitu generasi pertama sampai dengan generasi kelima. 

a. Komputer Generasi Pertama (1946-1959) 

Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas komputer generasi pertama. Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin.

Komputer ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama di dunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2,4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts yang tersusun sekitar 18.000 tabung hampa. Mesin ini mampu menyelesaikan pekerjaan dalam waktu 15 detik jika dikerjakan dengan tangan manusia dapat menghabiskan waktu sekitar 10 jam.

b. Komputer Generasi Kedua (1959-1964) 

Komputer generasi ini ditandai dengan penggunaan transistor sebagai komponen elektroniknya. Dengan demikian ukuran komputer menjadi lebih kecil, lebih cepat, dan lebih hemat biayanya. Penggunaan transistor pada komputer dimulai sejak tahun 1956.

Pada tahun 1960-an, IBM memperkenalkan komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas mulai beredar dipasaran. Komputer IBM- 7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor.

c. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970) 

Ciri khas generasi ketiga adalah komputer menggunakan IC (Integrated Circuit) atau IC Chip. IC adalah ribuan transistor yang memilikiki ukuran beberapa milimeter (silicium) yang digabungkan. Komputer pertama yang menggunakan teknologi IC adalah IBM S-360 pada tahun 1964. 

d. Komputer Generasi Keempat (1979- sekarang) 

Microprocessor merupakan ciri khas komputer generasi ke-empat yang merupakan pemadatan ribuan IC kedalam sebuah Chip. Oleh karena bentuk yang semakin kecil dan kemampuan yang semakin meningkat meningkat dan harga yang ditawarkan juga semakin murah. Microprocessor merupakan awal kelahiran komputer personal. Pada tahun 1971, Intel Corp. kemudian mengembangkan microprocessor pertama seri 4004. Contoh dari generasi ini adalah Intel Pentium 4. 

e. Komputer Generasi Kelima 

Komputer generasi ini merupakan komputer masa depan, pada generasi ini, komputer mempunyai lebih banyak unit pemrosesan yang berfungsi serentak untuk menyelesaikan lebih dari satu instruksi. Komputer ini seolah-olah dapat berfikir sendiri mengenai cara-cara untuk menyelesaikan suatu masalah tanpa memerlukan banyak bantuan manusia. Lebih praktis, lebih ringan, lebih mutakhir dari segi teknologinya, serta akan semakin murah. Bahkan bukan suatu yang mustahil dari segi ukuran dapat dimasukkan kedalam saku baju sehingga sangat praktis untuk dibawa kemana-mana.

5. Klasifikasi Komputer 

Klasifikasi komputer terbagi atas enam, yaitu: 

a. Microcontroller 

Microcontroller memiliki semua peralatan pokoknya sebagai sebuah komputer dalam satu chip. Peralatan tersebut diantaranya pemroses (processing), Memori, Input, dan output. Kadangkala pada microcontroller ini beberapa chip digabungkan dalam satu papan rangkaian. 

Jika dilihat dari harga, microcontroller ini harga umumnya lebih murah dibandingkan dengan komputer lainnya, karena perangkatnya relatif sederhana. Contoh alat ini di antaranya adalah komputer yang digunakan pada mobil untuk mengatur kestabilan mesin, alat untuk pengatur lampu lalu lintas.

b. Microcomputer 

Komputer ini khususnya digunakan untuk singleuser, biasa disebut juga dengan komputer desktop atau komputer pribadi (personal computer). Komputer ini sudah dirancang sedemikian rupa untuk mampu berinteraksi dengan penggunanya. Penggunaanya sangat populer pada penggunaan di rumah, atau untuk menjalankan aplikasi bisnis.

c. Engineering Workstation 

Komputer ini lebih berdaya guna apabila dibandingkan dengan komputer pribadi, umumnya komputer ini digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dipakai oleh para ahli teknik dalam melakukan perhitungan dan penyelesaian pekerjaannya. 

Aplikasi yang digunakan lebih cenderung kepada software yang banyak melakukan berbagai perhitungan, baik secara tiga dimensi, maupun secara matematika lainnya. Contoh aplikasi yang digunakan untuk komputer golongan ini adalah CAD (computer aided design) yang digunakan untuk melakukan perancangan gambar teknik. 

d. Minicomputer 

Komputer ini umumnya digunakan untuk banyak pemakai (multyuser) pada saat yang bersamaan, dan time shared. Time shared ini artinya memungkinkan komputer tersebut untuk digunakan oleh beberapa pemakai sekaligus secara bersama-sama, dan komputer akan membagi-bagi waktunya bergantian untuk masing-masing pemakai. 

Tentunya penggantian waktu layanan ini tidak terlalu terasa bagi pemakai, mengingat pembagian waktunya dihitung dalam waktu yang sangat sempit, atau dalam satuan perseribu detik, tergantung sistem yang digunakan.

Pelayanan pada penggunanya lebih dititikberatkan kepada proses, bukan terhadap interaksi pengguna komputer tersebut. Contoh komputer yang termasuk ke dalam golongan ini adalah IBM AS/400. Komputer ini lebih cenderung digunakan pada untuk suatu kelompok pengguna atau per departemen pada perusahaan besar.

e. Mainframe 

Pada tahap awal mulainya era komputerisasi, mainframe merupakan satu-satunya komputer yang ada pada waktu itu. Mainframe ini dapat melayani ratusan penggunanya pada saat yang bersamaan. Komputer ini mirip dengan minicomputer namun lebih besar dan lebih mahal. Penggunaannya umumnya untuk pengolahan data dari suatu divisi atau perusahaan besar, yang membutuhkan pengolahan yang cukup berat.

f. Supercomputer 

Super Computer adalah komputer tercepat, yang paling berdaya guna dan yang paling mahal. Kemampuan melakukan prosesnya lebih dari 64 juta perintah dalam 1 detik. Super komputer digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan yang sangat rumit dan membutuhkan perhitungan matematika yang sangat sulit. Sebagai contoh super komputer digunakan untuk melakukan peramalan cuaca, penelitian energi nuklir, dan eksplorasi gas dan minyak bumi. 

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengelompokan dan Klasifikasi Komputer"