Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merekam Suara di PPT Dengan Mudah

Power point atau dikenal juga dengan PPT sering digunakan sebagai media pembelajaran, media promosi, membuat video dan lain-lain. Bagi seorang siswa, sering kali memperoleh tugas dari guru untuk membuat PPT sebagai media pemaparan tugas. Misalnya, makalah yang sudah kita buat perlu dipresentasikan dengan menggunakan PPT.

Selain itu, PPT juga suka dipakai sebagai media promosi. Media promosi ini bisa diartikan sebagai media yang bisa menjadi solusi untuk menampilkan beberapa produk yang kita tawarkan kepada pelanggan saat pameran produk. PPT juga sudah semakin canggih, tidak hanya sekedar menampilkan bahan untuk dipresentasikan tetapi PPT juga bisa dibuat sebagai media pembuatan video.

Cara Merekam Suara di PPT Dengan Mudah

Mungkin kamu pernah atau sedang diberi tugas oleh guru atau dosen kamu perihal membuat video presentasi tetapi diiringi dengan suara narasi dari kamu. Nah, jika kamu kebingungan cara merekam suara di PPT, bisa ikuti cara berikut ini.

Persiapan PPT

1. Buat Konten Terlebih Dahulu

Sebelum memulai cara merekam suara di powerpoint, maka kamu perlu mempersiapkan PPT terlebih dahulu dengan mengisi konten di dalamnya. Ketika kamu sedang diberikan tugas oleh guru atau dosen tentang sebuah materi dan perlu dipresentasikan, maka yang perlu kamu lakukan adalah membuat konten terlebih dahulu. Jika disuruh membuat makalah di word, buatlah dulu di word. Referensi materi bisa dicari di buku, jurnal, atau website di internet.

Ketika sudah ada materi yang ingin dimasukan, selanjutnya kamu hanya perlu menjelaskan materi tersebut ke dalam makalah. Usahakan tidak copy paste langsung dari sumber utama, lakukanlah perubahan struktur kalimatnya. Ketika sudah selesai membuat konten di makalah, maka kamu perlu mengambil poin-poinnya saja untuk dimasukkan di dalam PPT.

2. Persiapkan Semua Bahan

Ketika dalam sebuah kelompok, terkadang kita suka berbagi tugas. Ada teman yang mencari referensi, ada yang membuat makalah, dan ada pula yang membuat PPT. Ketika kamu yang kebagian membuat PPT, hal yang perlu kamu lakukan untuk memulai membuat PPT, merekam suara, hingga membuat video adalah persiapkan dulu bahannya.

Apa saja bahannya? Sederhana saja, tentunya kamu perlu menyiapkan laptop agar hasil lebih maksimal, siapkan file PPT, dan siapkan software PPT.

Cara Merekam Suara di PPT

Berikut ini cara merekam suara di PPT agar video presentasi yang kamu buat ada suaranya!

1. Langkah pertama, kamu perlu membuka laptop kesayanganmu. Setelah laptop mulai dijalankan, bukalah aplikasi Power Point di laptop kamu. Usahakan, aplikasi yang kamu gunakan adalah aplikasi terbaru yang sudah support export video. Usahakan juga PPT yang dibuat seminimal mungkin, dengan jumlah halaman maksimal 10. Sudah siap semuanya? Lanjut ke tahap dua.

2. Langkah kedua cara merekam suara di power point adalah dengan memilih menu slideshow ketika aplikasi PPT sudah terbuka.  Ketika sudah mengklik menu slideshow, nanti akan tampil dua pilihan yakni start recording from beginning dan start recording from current slide. Kamu bisa memilih satu dari dua pilihan tersebut. Ketika kamu mengklik salah satu pilihan, nanti akan muncul menu record slide show. Selanjutnya, klik start recording untuk memulai merekam suara di PPT.

Selain cara tersebut, kamu juga bisa melalui cara ini. Pertama klik insert, lalu pilih audio. Setelah mengklik audio nanti pilih lagi record audio. Selanjutnya, ketika sudah mengklik record audio nanti akan muncul menu record sound. Lalu, kamu hanya perlu mengklik tombol merah agar bisa memulai untuk melakukan rekaman suara.

3. Langkah ketiga, jika sudah melakukan rekaman suara maka selanjutnya export file PPT ke dalam bentuk video. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu klik file pilih export, lalu klik create a video. Video kamu akan segera diproses. Baiklah itu dia cara merekam suara di PPT yang bisa kamu ikuti. Semoga bermanfaat ya.

Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Cara Merekam Suara di PPT Dengan Mudah "

close