Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Mengatasi Jaringan Seluler Tidak Tersedia Telkomsel

Permasalahan yang sering terjadi saat mengaktifkan data seluler yaitu jaringan seluler tidak tersedia. Bagi pengguna Kartu Telkomsel hal ini juga bisa saja terjadi karena memang bisa jadi penyebab masalah dari Provider.

Masalah inin cukup mengganggu pasalnya saat muncul notifikasi ini beberapa layanan yang menyangkut jaringan seluler seperti SMS, Telepon dan juga internet pastinya tidak bisa jalan. Pasti saat kamu mengalami hal ini bahkan saya sendiri sering kecewa atau emosi karena muncul masalah di waktu yang tidak tepat.

8 Cara Mengatasi Jaringan Seluler Tidak Tersedia Telkomsel

Tidak hanya pada Kartu Telkomsel , Di provider lain juga bisa saja muncul masalah yang sama baik itu XL, Tri, Smartfren, Axis dan juga Indosat. Sebenarnya apa yang menyebabkan masalah jaringan seluler tidak tersedia? Temukan jawabannya di blogdimas.id karena saya akan membahas lengkap cara mengatasi beserta penyebab jaringan seluler tidak tersedia.

Penyebab Jaringan Seluler Tidak Tersedia Telkomsel

Kebanyakan penyebab jaringan seluler pasti tidak jauh dari sinyal akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga dari perangkat yang kamu pakai. Penyebab rata-rata sebagai berikut :
  • Sinyal Dari Provider Bermasalah - Biasanya jika jaringan seluler tidak tersedia dalam waktu yang cukup lama, Maka besar kemungkinan provider sedang gangguan massal. Dimana pastinya tidak kamu saja yang mengalaminya
  • Sinyal Melemah - Sinyal yang melemah juga bisa menimbulkan jaringan seluler tidak tersedia. Jika kamu berada di tempat atau zona yang minim jangkauan sinyal maka besar kemungkinan jaringan seluler tidak tersedia
  • Faktor Cuaca - Walau Telkomsel jarang sekali mengalami gangguan apalagi saat cuaca buruk, Namun tidak menutup kemungkinan bisa saja cuaca menyebabkan beberapa jaringan bermasalah
  • Komponen Perangkat Rusak - Ini adalah kemungkinan terakhir jika jaringan seluler tidak tersedia dalam waktu yang lama dan hanya kamu saja yang mengalami nya. Bisa saja komponen penangkap jaringan seluler perangkat kamu rusak

Cara Mengatasi Jaringan Seluler Tidak Tersedia Telkomsel

Untuk cara mengatasinya saya sudah merangkum menjadi beberapa tutorial sesuai dengan penyebab yang saya sebutkan diatas. Silahkan simak berikut ini.

#1 Pastikan Provider Gangguan Atau Tidak

Untuk memastikan hal ini kamu bisa menghubungi costumer service Telkomsel melalui facebook, Twitter atau Whatsapp. Dengan cara pesan kemudian bertanya tentang masalah jaringan seluler tidak tersedia. Sobat juga perlu memberitahu zona dan nomer kamu agar CS Telkomsel memberitahu apakah didaerah kamu sinyal sedang gangguan atau tidak. Jika kamu bertemu veronica atau BOT, kamu bisa bilang kontak live agent atau hubungkan ke Costumer Service agar tidak dijawab oleh BOT.

#2 Restart Smartphone

8 Cara Mengatasi Jaringan Seluler Tidak Tersedia Telkomsel

Cara kedua ini adalah cara umum untuk mengatasi beberapa permasalahan di Smartphone. Dengan cara restart atau memuat ulang android maka otomatis smartphone akan terefresh sehingga beberapa masalah menjadi fix seperti jaringan seluler Telkomsel tidak tersedia.

#3 Cek Kecepatan Sinyal

Untuk cara cek kecepatan sinyal saat jaringan seluler tidak tersedia di Kartu Telkomsel memang cukup sulit. Namun kamu bisa memerhatikan status bar jaringan dimana jika melemah, Yang tadinya 4G bisa menjadi 3G atau 2G. Hal ini bisa disebabkan karena gangguan provider atau daerah kamu memang lemah akan jangkauan sinyal Telkomsel. Sehingga cara satu-satunya kamu bisa mencari daerah yang cakupan sinyal nya cukup kuat.

#4 Pastikan Kartu SIM Baik-baik Saja

Kartu SIM yang sering di copot pasang bisa menyebabkan kerusakan pada Kartu SIM. Hal ini juga berpengaruh pada kinerja kartu SIM dan menyebabkan jaringan seluler tidak tersedia. Untuk memastikan hal ini cukup mudah yaitu sebagai berikut :
  1. Sobat copot kartu SIM
  2. Kemudian Test di perangkat lain
  3. Jika sama-sama jaringan seluler tidak tersedia
  4. Maka besar kemungkinan Kartu SIM Rusak

#5 Menunggu Beberapa Saat

Jika cara-cara diatas tidak berhasil bisa jadi memang terjadi gangguan pada Provider. Sehingga kita tidak bisa berbuat apa-apa selain menunggu beberapa saat. kamu juga bisa menghubungi Costumer Service Telkomsel untuk memastikan apakah benar provider sedang gangguan atau tidak.
  • Facebook : Telkomsel
  • Twitter : Telkomsel
  • Whatsapp : +62 811-1111-1111

#6 Pastikan Jaringan Memilih Otomatis

8 Cara Mengatasi Jaringan Seluler Tidak Tersedia Telkomsel

Pemilihan jaringan sendiri sebenarnya bisa dipilih secara manual, Namun mempunyai beberapa kelemahan dan bisa juga menyebabkan jaringan seluler tidak tersedia. Oleh karena itu settingan pada bagian ini harus otomatis sehingga jaringan berjalan normal dan terpilih secara otomatis. Untuk cara memastikannya sebagai berikut :
  • Masuk ke setelan
  • Kemudian Jaringan & Internet
  • Pilih jaringan seluler
  • Kemudian pilih kartu Telkomsel
  • Dan aktifkan "Pilih Jaringan Secara Otomatis" jika belum diaktifkan

#7 Kembalikan Ke Setelan Pabrik

Jika ada bug pada sistem Smartphone maka tidak ada cara lain selain kembalikan ke setelan pabrik. Apalagi buat kamu yang doyan banget buat oprek android bisa saja menyebabkan error pada jaringan seluler. Akan tetapi cara ini cukup beresiko karena akan menghapus data-data pada smartphone. Sebelum melakukan cara ini pastikan kamu backup terlebih dahulu data-data penting di Smartphone.

#8 Bawa Ke Tukang Service

Seperti yang saya jelaskan diatas bahwa penyebab jaringan seluler tidak tersedia bisa jadi karena komponen pada perangkat rusak. Walau masalah ini jarang sekali terjadi namun bisa saja terjadi diperangkat sobat. Cara memastikan komponen rusak atau tidak sebagai berikut.
  1. Jika kartu Telkomsel yang kamu pasang bermasalah
  2. Coba pasang kartu lain
  3. Jika kedua nya jaringan seluler tidak tersedia
  4. Di perangkat lain bisa
  5. Besar kemungkinan komponen perangkat rusak
Untuk cara mengatasinya kamu perlu membawa perangkat ke tukang service dan jelaskan permasalahan yang terjadi. Dan tuggu sampai proses perbaikan selesai agar bisa kembali seperti sedia kala.

Penutup

Masalah ini sebenarnya sepele namun bisa serius tergantung dari penyebab kenapa jaringan seluler tidak tersedia Telkomsel. Karena penyebab dari masalah ini berbeda-beda sehingga cara mengatasinya juga cukup banyak.

Sekian informasi dari Blog 401xd.com dan jika ada pertanyaan silahkan bertanya di kolom komentar bawah. Jangan lupa share artikel ini ke orang lain agar bermanfaat dan supaya orang lain tahu, Terimakasih. Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "8 Cara Mengatasi Jaringan Seluler Tidak Tersedia Telkomsel"

close