Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kandungan dan Manfaat Buah Pala Bagi Tubuh

Menurut sejarah karena di Maluku ada banda yang kaya rempah - rempah terutama pala dan cengkeh, maka pada abad ke-16 bangsa - bangsa Eropa berdatangan ke Banda untuk berdagang rempah - rempah sekaligus menjajah bangsa kita. Konon pada saat itu, harga 1 kg biji dan bunga pala cukup untuk membangun sebuah rumah mewah di daratan eropa. Buah Pala memiliki nama Latin Myristicaceae. Pohon pala memiliki bunga disetiap ujung ranting pada saat musim berbunga gerombol berwarna hijau kekuningan. ada tiga bagian utama buah pala. Pertama adalah daging buah dengan struktur tebal berwarna keputihan, terasa getir dan ada fuli yaitu selaput tipis berwarna kemerahan yang bagian paling dalam adalah biji pala. daging buah pala biasanya diolah menjadi manisan atau direbus dengan gula menjadi sirup pala yang beraroma harum dan rasa yang sedikit asam. fuli atau sebagian orang menyebutkanya bunga pala, banyak di gunakan sebagai bumbu masakan atau diambil sarinya untuk bahan baku kosmetik dan parfum. Biji pala berwarna kesoklatan dan bagian ini paling banyak dimanfaatkan. Biasanya digunakan untuk bumbu masak, parfum, kosmetik, minyak atsiri, bahan pengawet, dan lain-lain. Selain aromanya yang harum dan kemanfaatanya sebagai bumbu dapur, ternyata buah pala menyimpan banyak kanndungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Diantara manfaat tersebut yaitu melancarkan pencernaan, mengatasi insomnia, mengurangi dahak batuk, menghilangkan kejang otot, dan lain - lain.


Kandung dan Manfaat Pala

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Science and Technology Authority, yang hasilnya kemudian ditungkan dalam buku Guidebook on the Proper Use of Medicinal Plants, menunjukkan bahwa buah pala mengandung senyawa - senyawa kimia yang bermanfaat untuk kesehatan. Diantara kandungan yang ada adalah minyak atsiri, dimana pada setiap bagian buah pala terkandung substansi ini, dengan kadar paling tinggi pada bijinya. Substansi lain misalnya zat samak didalam daging dan kulit buah. Di dalam fuli terkandung sumber energi walaupun dalam jumlah yang terbatas yaitu tepung (zat pati). Biji buah pala mengandung minyak atsiri, soponim, pektin, miristisin, enzim lipase, eleminasi, lemmonena dan asam oleanolat. Beberapa gangguan kesehatan secara empiris dapat diobati dengan buah pala, misalnya masuk angin, insomnia (gangguan susah tidur), nyeri haid dan rematik. Selain itu buah pala memiliki dan meningkatkan beberapa efek farmakologis, misalnya antimetik (mencegah muntah), stomakik (melancarkan pencernaan dan meningkatkan selera makan) dan karminatif (memperlancar buang angin). Di bawah ini disajikan beberapa cara untu meramu buah pala sehingga dapat digunakan untuk pengobatan beberapa gangguan kesehatan.


1. Insomnia 

Satu gelas susu segar direbus hingga cukup panas (tidak sampai mendidih). Kemudian ditambahkan satu sendok teh pala halus, satu sendok teh madu dan gula batu secukupnya. Campuran diaduk dan disaring, kemudian diminum dalam keadaan hangat.

2. Mengatasi rasa mual dan muntah

Pala halus sebanyak satu sendok teh diseduh dalam satu gelas air hangat dan ditambah 1.4 sendok teh garam halus. Campuran ini diaduk hingga rata dan diminum ketika masih hangat beserta ampasnya.

3. Masuk angin, maag dan cegukan

Sebanyak 100 ml aur hangat dicampur dengan 1 sendok teh pala halus dan 2 sendok teh bubuk buah pisang batu. Seduhan diminum beserta ampas selagi hangat.

4. Nyeri Haid

untuk mengobati nyeri haid, pada halus sebanyak 1/2 sendok teh, kunyi 2 cm, ketumbar 6 butir dan cengkeh 1 buah di rebus di dalam satu gelas air menggunakan api kecil hingga air sersisa setengahnya. Air rebusan kemudian disarig dan di minum ketika hangat.

5. Suara Parau

untu ramuan ini, bentuknya seperti salep. cara membuatnya cukup mudah yatu dengan mencampur bahan - bahan berikut :
2 sendok makan pala halus 
2 sedok makan jahe parut
1 sendok teh cengkeh halus
3 tetes minyak kayu putih
Semua bahan tersebut diaduk hingga menjadi adonan mirip pasta. Kemudian dioleskan pada leher dan dibiarkan selama kurang 3 jam agar meresap. Perlakuan ini diulang hingga sembuh.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Kandungan dan Manfaat Buah Pala Bagi Tubuh"

close