Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kandung dan Manfaat Buah Duku Bagi Tubuh

Buah Duku dengan nama Latin Lansium domensticum corr dari famili Meeliaceae, diperkirakan berasal dari Asia Tenggara bagian barat, mulai dari semenanjung Thailand hingga Kalimantan pesisir timur. Buah duku adalah buah yang tumbuh baik di daerah tropis (daerah iklim basah dengan curah hujan tinggi). Di Indonesia, buah duku memiliki nama yang berbeda - beda seperti langsat, kokosan, pisitan, ceroling dan lain - lain dengan berbagai variasinya. Nama - nama yang beraneka ragam ini sekaligus menunjukkan adanya aneka kultivar yang tergambarkan oleh bentuk buah dan pohon yang berbeda - beda. secara umum terdapat 2 kelompok buah duku. Pertama yang di kenal sebagai duku, dan kedua yang dinamakan langsat. Kemudian ada kelompok campuran antara keduannya yang disebut duku langsat, serta kelompok terakhir yang dikenal sebagai kokosan (seperti yang diebutkan di atas).


seperti halnya beberapa jenis buah yag lain, buah duku juga memiliki beragam varietas, misalnya Komering, Metesih, Condet dan Kalikajar. Namun semua varietas tersebut kni telah tumbuh tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan setara di daerah jawa dan sumatera selatan. Masa tumbuh buah duku adalah sekitar 6 bulan biasanya pohon akan mulai berbunga pada bulan september atau oktober (awal musim hujan) dan akan tumbuh menjadi buah duku pada bulan februari atau maret. sehingga buah duku adalah buah musiman (setahun sekali). Pada saat masih mentah, buah duku berkulit hijau dan bergetah, dan jika dagingnya dimakan akan terasa asam. Sedangkan buah duku matang memiliki kulit buah kekuningan dengan daging buah terasa manis.


Kandungan dan Manfaat Duku

1. Sumber Mineral dan Zat Besi

Tiap 100 gr buah duku mengandung kalori sebesar 70 kal, protein 1,0 g, lemak 0,2 g, karbohidrat 13g, mineral 0,7 g, kalsium 18 mg, fofor 9 mg dan besi 0,9 mg. selain itu buah duku juga mengangandung dietary fiber atau serat yang bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Selain daging buahnya yang mengandung zat - zat yang bermanfaat bagi tubuh, bagian kulit dan biji buah duku juga bermanfaat sebagai bahan baku obat anti diare, menurunkan demam dan obat cacing.
kulit kayu buah duku juga sering digunakan untuk mengobati gigitan serangga berbisa, obat disentri, dan obat diare. di Filipina kulit buah duku dikeringkan dan dibakar untuk digunakan sebagai pengusir nyamuk. Selain itu, kulit kayunya dimanfaatkan sebagai obat disentri dan malaria, sedangkan tepung kulit kayu ini dijadikan tapal untuk mengobati gigitan kalajengking.


Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Kandung dan Manfaat Buah Duku Bagi Tubuh"

close