Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGERTIAN KEMITRAAN ATAU PATNERSHIP

PENGERTIAN KEMITRAAN ATAU PATNERSHIP

Untuk mewujudkan Visi dan Misi Indonesia sehat tidak mungkin dibebankan pada sektor kesehatan saja karena masalah kesehatan adalah merupakan dampak dari semua sektor pembangunan, oleh sebab itu semua sektor pembangunan dalam mengeluarkan kebijakan harus berorientasi kepada kesehatan. Anda pasti sering mendengar atau membaca mengenai kalimat yang menggunakan kata “Kemitraan”. 

Sekarang perhatikan contoh kalimat berikut ini “Sektor kesehatan seyogianya merupakan pemrakarsa dalam menjalin kerja sama (kemitraan/partnership) dengan sektor-sektor terkait untuk mencapai Visi Indonesia sehat”. 

Berdasarkan kalimat tersebut muncul pertanyaan apa yang dimaksud dengan kemitraan (partnership)? Maka uraian di bawah ini akan menjelaskan konsep kemitraan yang dimulai dari pengertian kemitraan, tujuan dari kemitraan, prinsip kemitraan, persyaratan kemitraan, landasan kemitraan, langkah-langkah kemitraan, model kemitraan dan indikator keberhasilan kemitraan. 

Ahli promosi kesehatan Notoatmojo (2005 ) telah menjelaskan mengenai pengertian kemitraan atau partnership adalah upaya untuk melibatkan berbagai sektor, kelompok masyarakat, lembaga pemerintah maupun bukan pemerintah, untuk bekerja sama dalam mencapai suatu tujuan bersama berdasarkan atas kesepakatan prinsip dan peranan masingmasing. 

Ahli lain Robert Davies mengatakan kemitraan adalah suatu kerja sama formal, individu-individu, kelompok-kelompok atau organisasi-organisasi untuk mencapai suatu tugas atau tujuan tertentu, dalam kerja sama tersebut ada kesepakatan dan komitmen dan harapan masing-masing, dari penjelasan tersebut dapat ditarik sebuah prinsip umum yaitu kemitraan adalah suatu kerja sama formal antara individu-individu, kelompok-kelompok atau organisasi-organisasi untuk mencapai suatu tugas atau tujuan tertentu yang diwujudkan dari kerja sama antar individu atau kelompok yang saling membantu, saling menguntungkan, dan bersama-sama untuk meringankan dalam mencapai suatu tujuan yang telah disepakati bersama. 

Anda semoga dengan membaca pengertian di atas, Anda sudah dapat menjawab pertanyaan di awal pertemuan ini. Pengertian ini perlu anda pahami untuk membangun sebuah kemitraan. 

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "PENGERTIAN KEMITRAAN ATAU PATNERSHIP "

close