Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Tujuan Pelayanan Kebidanan Berbasis Masyarakat

Pengertian dan Tujuan Pelayanan Kebidanan Berbasis Masyarakat

Pelayanan kebidanan berbasis masyarakat identik dengan pelayanan kebidanan komunitas yang pengertiannya adalah seluruh tugas yang menjadi tanggung jawab praktik profesi bidan dalam sistem pelayanan kesehatan yang bertujuan meningkatkan kesehatan ibu dan anak dalam rangka mewujudkan kesehatan keluarga dan masyarakat (Syafrudin, 2009). 

Ahli lain juga menyatakan pelayanan kebidanan berbasis masyarakat adalah interaksi bidan dan pasien dalam suatu kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh bidan untuk menyelamatkan klien/pasien dari gangguan kesehatan. 

Runjati (2011) menyatakan pelayanan kebidanan berbasis masyarakat juga berarti upaya yang dilakukan oleh bidan untuk pemecahan masalah kesehatan ibu, bayi, dan anak balita di keluarga, dan di masyarakat. 

Pelayanan kebidanan mencakup upaya pemeliharaan dan peningkatan kesehatan melalui kegiatan seperti posyandu, polindes, bidan di desa, petugas penyalur kontrasepsi dan lainnya. 

Bagaimana pendapat anda tentang pengertian tersebut? apakah dengan membaca pengertian tersebut anda sudah dapat membayangkan apa pelayanan kebidanan berbasis masyarakat dan dapat memahami apa yang akan dicapai melalui pelayanan kebidanan berbasis masyarakat. 

Dengan mengacu kepada contoh pelayanan kebidanan berbasis masyarakat di atas, cobalah Anda mencari contoh yang lain tentang pelayanan kebidanan berbasis masyarakat di lingkungan Anda. 

Tujuan

Setelah Anda mengerti apa yang dinamakan pelayanan kebidanan berbasis masyarakat selanjutnya Anda harus mengetahui apa tujuan pelayanan kebidanan berbasis masyarakat, tujuan umumnya adalah seorang bidan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya kesehatan perempuan atau ibu, bayi, dan balita di wilayah kerjanya. Sedangkan tujuan khususnya adalah: 

  1. Meningkatkan cakupan pelayanan kebidanan sesuai dengan tanggung jawab bidan. 
  2. Meningkatkan mutu pelayanan ibu hamil, pertolongan persalinan, perawatan nifas dan perinatal, serta bayi dan balita secara terpadu.
  3. Menurunkan jumlah kasus-kasus yang berkaitan dengan risiko kehamilan, persalinan, nifas, dan perinatal 
  4. Mendukung program pemerintah untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian pada ibu, bayi, dan anak 
  5. Membangun jaringan kerja dengan fasilitas rujukan dan tokoh masyarakat setempat atau unsur terkait lainnya. 

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Tujuan Pelayanan Kebidanan Berbasis Masyarakat"

close