Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Motivasi dan Karakteristik Terhadap Perkembangan Marine Tourism

Motivasi dan Karakteristik Terhadap Perkembangan Marine Tourism

Karakteristik dan motivasi wisatawan dapat menentukan jenis aktifitas wisata apa saja yang dapat dilakukan oleh wisatawan tersebut. Tujuan berwisata (motivasi), dan karakteristik wisatawan (umur, jenis kelamin, keadaan ekonomi, dll) menentukan apa sajajenis aktifitas tersebut (aktif ataupun pasif). 

Contoh, wisatawan dengan umur yang muda lebih memilih aktifitas yang aktif seperti permainan yang menantang dan membutuhkan fisik yang kuat seperti diving, jet sky, dll. Kebalikannya dengan wisatawan dengan umur yang sudah tua akan lebih memilih aktifitas yang pasif seperti kegiatan yang hanya menikmati keingdahan, memancing, kapal pesiar, melihat atraksi lumba-lumba, dll. 

Sebagai contoh: Perkembangan kawasan destinasi wisata Bahari (BUNAKEN): Destinasi wisata Taman Nasional Laut Bunaken - Manado memiliki potensi yang menjadi daya tarik marine tourism (wisata bahari) sebagai unggulan di Indonesia, alasannya sebagai berikut: 

a). Lingkungan yang alami (natural) 

  • Memiliki keindahan alam yang spesifik meliputi: jarak pandang yang luas/variasi pandangan yang indah didalam obyek, pemandangan lepas menuju obyek, keserasian warna dan sentuhan desain bangunan dalam obyek yang serasi, dan memiliki nuansa santai atau suasana yang nyaman dalam obyek pandang. 
  • Keunikan sumber daya alam yang tampak alami (natural) dan asli (original) 
  • Memiliki banyaknya sumber daya alam yang menonjol, berupa: Geologi, Flora dan Fauna, Air, dan Gejala alam lingkungan yang sangat menonjol, tidak ada duanya. 
  • Keutuhan sumber daya alam yang terpadu harmonis dengan lingkungan. 
  • Kepekaan sumber daya alam, yakni: dari segi nilai pengetahuan, nilai kebudayaan, nilai pengobatan, dan nilai kepercayaan. 
  • Memiliki atmosfeer yang memadahi dari kebersihan udara dan lokasinya. 
  • Kesesuaian ruang gerak pengunjung sebanding dengan daya tampung. 

b). Daya Tarik Taman Laut 

Taman laut Bunaken merupakan wisata laut yang terbaik di Indonesia, terjaganya keselamatan dalam lokasi, yakni: tidak ada gangguan ikan (binatang) buas, tidak ada arus berbahaya, jarang angin besar, jarang lalu lintas laut, dan bebas kepercayaan yang mengganggu. 

Berbagai variasi Fauna laut, yang berupa: Jenis fauna besar yang tidak berbahaya, variasi ikan hias (min. 15 jenis), berbagai variasi koral laut yang lunak dan yang keras (min. 40). 

Keindahan didalam laut, yakni: tumbuh-tumbuhan laut, terdapat gua-gua laut / crade, keindahan relief, dan variasi harmoni pandangan. 

Paduan dari keutuhan, keunikan dan kepekaan, adanya peninggalan sejarah kapal tenggelam di jaman dahulu, dan ada keganjilan bentuk, yang memiliki nilai-nilai ilmu pengetahuan. 

Faktor Kejernihan air yakni: terlihat jernih dan bersih tampak sampai kedalaman min. 15 m, tidak ada plankton yang mengganggu, tidak ada pengaruh pemukiman, tidak ada pengaruh pelabuhan, tidak ada pengaruh pasar / gudang ikan/pabrik, dan tidak ada pencemaran lainnya. 

Selain dari factor air juga adanya aspek dukungan lokasi lingkungan kawasan, pandangan dan kenyamanan permukaan air, pantai yang rindang, pantai yang berpasir putih, faktor kebersihan pantai, dan dukungan pemandangan pulau-pulau sekitarnya yang sangat menarik. 

c). Daya Tarik Pantai Bunaken 

Kondisi pantai yang tertata bersih dan menyenangkan, 
  1. Keindahan, berupa: variasi pandang pulau, keindahan relief, kerindangan tepi pantai, keserasian pandangan pantai dan sekitarnya, dan ada ciri khusus. 
  2. Keselamatan laut tepi pantai, seperti: tidak ada arus balik berbahaya, tidak ada kecuraman dasar laut, bebas gangguan binatang berbahaya, dan tidak ada kepercayaan yang mengganggu. 
  3. Jenis Pasir yang putih bersih nyaman dikaki. 
  4. Masyarakat memiliki berbagai variasi kegiatan budaya. 
  5. Memiliki kebersihan Air, karena tidak ada pencemaran dari: tidak ada pengaruh pelabuhan, tidak ada pengaruh pemukiman rakyat, tidak ada pengaruh sungai, tidak ada pengaruh pelelangan ikan/pasar/ pabrik, tidak ada sumber pencemaran lain, dan tidak ada pengaruh/ akibat musim. 
  6. Lebar Pantai Bunakan yang luas sangat memadahi. 
  7. Kebersihan/Kenyamanan: bersih tidak ada sampah, tidak ada coratcoret, bebas kebisingan, tidak banyak gangguan binatang, seperti nyamuk, dsb, bebas bau yang mengganggu, dan sedikit kerikil/kerang tajam. (N. Raymond Frans)[2001].
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Motivasi dan Karakteristik Terhadap Perkembangan Marine Tourism"