Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis kegiatan MICE

Jenis kegiatan MICE

a). Meeting 

Menurut Kesrul (2004:8)[38], Meeting Suatu pertemuan atau persidangan yang diselenggarakan oleh kelompok orang yang tergabung dalam asosiasi, perkumpulan atau perserikatan dengan tujuan mengembangkan profesionalisme, peningkatan sumber daya manusia, menggalang kerja sama anggota dan pengurus, menyebarluaskan informasi terbaru, publikasi, hubungan kemasyarakatan. 

Menurut Kesrul (2004:3), “Meeting adalah suatu kegiatan kepariwisataan yang aktifitasnya merupakan perpaduan antara leisure dan business, biasanya melibatkan orang secara bersama-sama”. 

b). Incentive 

Menurut Undang-undang No.9 tahun 1990 yang dikutip oleh Pendit (1999:27), menjelaskan bahwa perjalanan insentive merupakan suatu kegiatan perjalanan yang diselenggarakan oleh suatu perusahaan untuk para karyawan dan mitra usaha sebagai imbalan penghargaan atas prestasi mereka dalam kaitan penyelenggaraan konvensi yang membahas perkembangan kegiatan perusahaan yang bersangkutan. 

Menurut Kesrul (2004:18)[38], bahwa insentive merupakan hadiah atau penghargaan yang diberikan oleh suatu perusahaan kepada karyawan, klien, atau konsumen bentuknya bisa berupa uang, paket wisata atau barang. 

Menurut Any Noor (2007:5) yang dikutip dari SITE 1998 dalam Rogers 2003, juga memberikan definisi mengenai incentive : “Incentive travel is a global management tool that uses an exceptional travel experience to motivate and/or recognize participants for increased levels of performance in support of the organizational goals”. 

c). Conference 

Menurut (Pendit,1999:29) Istilah conference diterjemahkan dengan konferensi dalam bahasa Indonesia yang mengandung pengertian sama. 

Dalam prakteknya, arti meeting sama saja dengan conference, maka secara teknis akronim MICE sesungguhnya adalah istilah yang memudahkan orang mengingatnya bahwa kegiatan-kegiatan yang dimaksud sebagai perencanaan, pelaksanaan dan penyelenggaraan sebuah Meeting, Incentive, Conference dan Exhibition yang hakekatnya merupakan sarana dan sekaligus adalah produk paket-paket wisata yang siap dipasarkan. 

Kegiatan-kegiatan ini dalam industri pariwisata dikelompokkan dalam satu kategori, yaitu MICE. Menurut Kesrul, (2004 :7), Conference atau konferensi adalah suatu pertemuan yang diselenggarakan terutama mengenai bentukbentuk tata krama, adat atau kebiasaan yang berdasarkan mufakat umum, juga merupakan dua perjanjian antara negara-negara dari para penguasa pemerintahan atau perjanjian international mengenai topik tawanan perang dan sebagainya. 

d). Exhibition 

Dalam Surat Keputusan Menparpostel RI Nomor KM. 108 / HM. 703 / MPPT-91, Bab I, Pasal 1c, yang dikutip oleh Pendit (1999:34), yang berbunyi “Pameran merupakan suatu kegiatan untuk menyebar luaskan informasi dan promosi yang ada hubungannya dengan penyelenggaraan konvensi atau yang ada kaitannya dengan pariwisata. 

Menurut Kesrul (2004:16), exhibition adalah ajang pertemuan yang dihadiri secara bersama-sama yang diadakan di suatu ruang pertemuan atau ruang pameran hotel, dimana sekelompok produsen atau pembeli lainnya dalam suatu pameran dengan segmentasi pasar yang berbeda. 

Dalam pengembangan MICE aspek promosi dan pemasaran yang terpadu dan berkelanjutan dapat menarik para konsumen MICE baik dari dalam maupun luar negeri. 

Sebagai industri yang memiliki karakter multiplayer effect, MICE tentunya dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar, karena dalam suatu event, seluruh stakeholder harus ikut terlibat. Selain itu, angka pengangguran juga akan bisa ditekan melalui industri MICE.

Persaingan di industri jasa MICE yang sangat ketat terutama dengan Singapura, Thailand, Hongkong, maupun Malaysia.Namun Indonesia tidak perlu takut karena memiliki asset pariwisata yang luar biasa yang tidak dimiliki oleh Negara lain. 

Penyelenggaraan berbagai kegiatan baik itu mega sport event; meeting, incentive, conference, exhibition (MICE); mega entertaintment event (live music event yang menjadi trend di dunia saat ini), festival dan lainnya dapat mampu mendorong tumbuhnya industri ikutan yang merupakan peluang dalam urusan peraihan devisa, peningkatan citra, serta investasi, pengembangan usaha kecil lainnya.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Jenis kegiatan MICE"