Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mari Berkenalan Lebih Dalam Dengan Mesin Belt Conveyor

Kebutuhan sebuah perusahaan dalam proses pengangkutan bahan baku produksi merupakan hal yang tidak bisa dihindarkan. Proses pemindahan seperti ini membutuhkan sebuah mesin yang dapat mengangkut dan memindahkan barangnya dari satu tempat menuju tempat yang lain.

Mari Berkenalan Lebih Dalam Dengan Mesin Belt Cenveyor

Mesin yang dapat mengatasi kebuhan seperti ini adalah mesin belt conveyor. Dengan penggunaan mesin semacam ini, proses pengangkutan dan pemindahan barang akan menjadi lebih cepat. 

Apa itu mesin belt conveyor?

Mesin belt conveyor merupakan alat mesin yang mempunyai bentuk sederhana dan digunakan oleh para pengusaha untuk mengangkut barang-barang ataupun sebuah produk seperti kardus, kotak karton, dan sebagainya. Conveyor belt ini biasanya digunakan untuk industri dengan skala yang sudah besar. Tapi disisi lain,  Conveyor belt juga digunakan untuk mengangkut berbagai jenis material mulai dari semen, raw material, pasir, dan sebagainya. Mesin ini dapat juga digunakan untuk memindahkan barang pada bidang yang tegak, miring, dengan jarak yang dekat maupun jauh. 

Apa pengertian dari conveyor belt?

Sebenarnya arti dari mesin belt conveyor adalah suatu alat yang digunakan untuk membantu pekerjaan manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Biasanya alat ini dipergunakan untuk mengangkut sesuatu dalam jumlah yang besar. Bagian yang ada pada mesin ini terdiri dari sabuk yang tahan akan berbagai macam pengangkutan benda padat. 

Sabuk yang digunakan pada mesin ini juga terbuat dari berbagai macam bahan, contohnya adalah plastik, karet, logam, kulit, ataupun dari bahan lain tergantung dari jenis dan sifat bahan yang akan diangkut oleh mesin ini. 

Untuk mesin belt conveyor yang terbuat dari logam, biasanya dipergunakan untuk mengangkut bahan-bahan yang panas dan berat. Atau mesin stainless steel belt conveyor atupun alumunium belt conveyor yang digunakan untuk mengangkut produk pada industri food and baverage, farmasi, kimia, maupun bidang lainnya. 

Fungsi dan Konstruksi Pada Mesin Belt Conveyor

Mesin ini mempunyai fungsi yang sama pada namannya yaitu sebuah media dari sabut ataupun ban yang digunakan untuk mengangkut berbagai macam barang atau produk dengan jumlah yang cukup besar. Dengan menggunakan mesin ini, sebuah pekerjaan akan jauh lebih efektif dan efesien karena dapat memindahkan berbagai barang dalam jumlah yang banyak. Hal ini dapat membantu sebuah usaha industri menjadi lebih produktif dan juga mampu mempersingkat waktu.

Mesin belt conveyor mempunyai bentuk konsruksi sebagai berikut:

  1. Kontruksi dengan arah pengangkutan secara horizontal, Bentuk kontrksi yang ada pada bagian ini yaitu mempunyai bentuk mendatar atau horizontal
  2. Kontruksi dengan arah pengangkutan secara diagonal, Bagian konstruksi pada mesin belt conveyor ini dibentuk dengan agak miring. Biasanya penggunaan mesinnya digunakan untuk mengangkut barang menuju tempat yang lebih rendah
  3. Konstruksi dengan arah pengangkutan secara diagonal dan horizontal, Jenis conveyor belt ini dibuat dengan dua bentuk arah yaitu secara mendatar atau horizontal dan diagonal atau miring.

Keunggulan Mesin Conveyor Belt

Keunggulan yang dimiliki oleh mesin conveyor belt ini sangat membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya, antara lain sebagai berikut:

  1. Dapat dipergunakan pada berbagai jenis posisi arah horizontal (mendatar) maupun diagonal (miring) dengan sudut yang sangat maksimum
  2. Sabut yang ada pada mesin ini ditahan oleh sebuah plat roller yang mempunyai fungsi untuk membawa bahan.
  3. Barang atau produk yang dapat diangkut oleh mesin belt conveyor dapat diatur dan juga bisa membawa barang yang tinggi
  4. Bisa digunakan pada berbagai macam jenis pekerjaan dengan berbagai jenis pengangkutan,
  5. Mesin ini dapat dijalankan secara naik maupun turun. Jadi mesin ini dapat mengangkut barang secara terus menerus sehingga menjadi serba guna
  6. Kecepatan yang dimiliki mesin ini mencapai 600 ft/m
  7. Mesin ini dapat dirawat dengan mudah dan juga tidak memakan banyak waktu. Sehingga dapat memudahkan para penggunanya dalam menjalankan usaha mereka 

Itulah sedikit penjelasan mengenai mesin belt conveyor. Mesin yang diberkati dengan berbagai keunggulan yang dapat membantu perusahaan anda untuk mencapai produktivitas yang maksimal. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Mari Berkenalan Lebih Dalam Dengan Mesin Belt Conveyor"