Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi informasi dan komunikasi banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut.

Keuntungan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

1. Keuntungan Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Komunikasi 

Salah satu contoh penerapan teknologi informasi dan komunikasi di bidang komunikasi adalah fasilitas e-mail. E-mail (electronic mail) adalah surat yang dikirim melalui internet. Contoh perusahaan pembuat e-mail adalah yahoo, plasa, hotmail, gmail, mailcity, dan lain-lain. Keuntungan e-mail adalah: 

  • Menghemat waktu karena pesan lebih cepat diterima oleh penerima pengirim tidak perlu menunggu lama agar pesannya dibaca oleh penerima. 
  • Menghemat tenaga dan biaya karena pengirim tidak perlu datang ke kantor pos untuk mengirim surat. 

Contoh lainnya adalah internet messenger. Internet messenger adalah komunikasi antara satu orang dengan orang lain menggunakan teks, suara, atau video melalui komputer. Komunikasi jenis ini dapat dilakukan dengan satu orang atau beberapa orang sekaligus (conference). Keuntungan dari internet messenger adalah:

  • Menghemat biaya karena dengan internet messenger dapat melakukan komunikasi jarak jauh. 
  • Dapat berkomunikasi dengan banyak orang secara langsung walaupun berada di tempat yang berbeda, karena internet messenger dilengkapi dengan fasilitas conference sehingga seolah-olah kita sedang mengobrol secara langsung. 
  • Dapat bertatapan langsung dengan lawan bicara jika komputernya dilengkapi dengan webcam, yaitu alat yang berupa kamera. 

2. Keuntungan Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan 

Dalam perusahaan, penggunaan teknologi informasi sangat bermanfaat sekali. Contohnya penggunaan komputer, faksimile, printer, telepon, dan sebagainya. Keuntungan yang diperoleh adalah: 

  • Menghemat kertas, karena pada saat mencetak dokumen kita dapat memeriksa terlebih dahulu dokumen yang akan dicetak. Jika ada kesalahan ketik, tinggal diperbaiki lewat program komputer. Lain halnya jika menggunakan mesin tik, jika terjadi kesalahan, harus diganti dengan kertas baru. 
  • Menghemat waktu, karena untuk mengirim dokumen tinggal mengirimkannya melaui faksimile. Penerima langsung dapat menerima dokumen yang dikirim tanpa harus menunggu lama. 
  • Memudahkan pencarian dokumen, karena dokumen tersimpan dengan rapi dan lebih aman jika dibandingkan dengan penyimpanan secara manual. 

3. Keuntungan Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis 

Dalam dunia bisnis, teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai e-commerce. E-commerce adalah perdagangan yang dilakukan secara elektronik. 

Media yang digunakan untuk menjual barang dagang adalah media elektronik, seperti radio, televisi, dan lain-lain. Pada zaman sekarang, e-commerce lebih banyak menggunakan internet sebagai media utamanya. Perdagangan melalui media elektronik memberikan banyak manfaat bagi kedua belah pihak, baik sisi perusahaan penjual barang maupun sisi pelanggan. Keuntungan bagi perusahaan adalah: 

  • a) Perusahaan dapat menjual produknya kepada pelanggan di seluruh dunia. Misalnya, orang Singapura dapat membeli barang dari perusahaan Indonesia tanpa harus pergi ke Indonesia. 
  • b) Meningkatkan pendapatan perusahaan. Dengan banyaknya pelanggan yang membeli barang pada perusahaan, maka akan meningkatkan pendapatan bagi perusahaan itu sendiri.
  • c) Menghemat biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk gedung dan pegawai yang banyak. 
  • d) Meningkatkan loyalitas pelanggan. Apabila pelanggan puas dengan barang yang beli, maka pelanggan tersebut akan menceritakan kepada rekannya, dan akhirnya ikut berbelanja dengannnya di perusahaan tersebut. 

Sedangkan, keuntungan bagi pelanggan adalah: 

  • Pelanggan hanya berbelanja pada satu tempat. Pelanggan hanya tinggal melihat barang-barang melalui intenet tanpa harus datang ke toko secara langsung, kemudian memesan barang tersebut. Dan barang pun akan segera diantar ke tempat pelanggan. 
  • Harga barang lebih murah. Pelanggan dapat membandingkan harga dari tiap-tiap toko, kemudian memilih yang paling murah. 
  • Menghemat tenaga dan biaya karena tidak perlu mendatangi toko yang mungkin berada jauh dari rumah. 
  • Pelanggan dapat membeli barang dari negara lain jika di negaranya belum tersedia. 

4. Keuntungan Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan 

Salah satu contoh penerapan teknologi informasi dan komunikasi adalah transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan internet banking. Internet banking adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan internet. 

Layanan internet banking memungkinkan nasabah sebuah bank untuk melakukan transaksi perbankan di internet. Internet banking memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, baik pihak bank maupun pihak nasabah itu sendiri. Adapun keuntungan bagi pihak bank adalah: 

  • Mengurangi biaya yang harus dikeluarkan bank untuk menggaji karyawan dan sewa ruangan, karena jumlah nasabah yang datang langsung ke bank semakin sedikit sehingga jumlah pegawai untuk melayani nasabah dapat dikurangi dan luas kantor yang disediakan dapat menjadi lebih kecil. 
  • Loyalitas nasabah bertambah besar karena internet banking memberikan keleluasaan kepada nasabah untuk melakukan transaksi dari mana saja dan kapan saja. 

Sedangkan, keuntungan untuk pihak nasabah adalah: 

  • Menghemat waktu karena nasabah tidak perlu datang langsung ke bank untuk melakukan transaksi. 
  • Memberikan rasa nyaman kepada nasabah karena kemudahan untuk melakukan transaksi di manapun tempatnya dan kapanpun waktunya. 
  • Mengurangi biaya transportasi yang dikeluarkan nasabah jika harus langsung datang ke bank.

5. Keuntungan Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan 

Salah satu contoh penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan adalah proses belajar mengajar jarah jauh (e-learning). Keuntungan dari e-learning adalah: 
  • Mengurangi biaya transportasi karena hanya cukup datang ke internet. 
  • Dapat langsung mengambil materi dari guru sehingga menghemat biaya untuk membeli buku. 
  • Materi yang diberikan ditampilkan dengan menarik. 
  • Dapat diakses kapanpun waktunya dan dimanapun tempatnya. 
Selain e-learning, ada juga perpustakaan online. Perpustakaan online adalah perpustakaan dalam bentuk digital yang ditempatkan di internet. Keuntungan perpustakaan online adalah: 
  • Kemudahan untuk mengakses sumber-sumber ilmu pengetahuan dengan mudah tanpa dibatasi dengan jarak dan waktu. 
  • Menghemat biaya karena tidak perlu membeli buku. 

6. Keuntungan Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Kesehatan 

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di bidang kesehatan adalah penggunaan sinar rontgen yang berguna untuk melihat struktur paruparu. Selain itu, pemanfaatan sinar CT scan yang berfungsi untuk melihat jaringan otak seseorang. 

Jika ada pasien yang mengalami kerusakan pada otak, melalui CT scan tersebut dapat diketahui, bagian mana saja yang mengalami kerusakan. Tentu saja ini sangat membantu pihak dokter untuk mengetahui bagian mana saja yang perlu diobati sehingga dokter tidak menerka begitu saja kerusakan yang terjadi pada pasien.

7. Keuntungan Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pemerintahan 

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pemerintahan dikenal dengan istilah e-government yang ditujukan untuk meningkatkan hubungan pemerintah dengan pihak-pihak lain. Ada tiga bentuk hubungan yang dikenal dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pemerintahan, yaitu sebagai berikut. 

a. Government to Citizen (G2C) 
G2C adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk hubungan pemerintah dengan masyarakat yang ditujukan untuk melayani kebutuhan masyarakat luas.

b. Government to Bussiness (G2B) 
G2B adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk hubungan pemerintah dengan badan usaha yang ditujukan untuk melayani kebutuhan dunia usaha. Contohnya untuk pengurusan izin usaha, permintaan data-data statistik yang dibutuhkan dunia usaha, dan sebagainya. 

c. Government to Government (G2G) 
G2G adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk hubungan pemerintah ke pemerintah yang ditujukan untuk melayani kebutuhan lembaga pemerintahan lain, departemen lain, pemerintah di atas atau di bawahnya, dan sebagainya.

Keuntungan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pemerintah adalah: 
  1. Meningkatnya layananan kepada masyarakat. Masyarakat bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan melalui website yang disediakan, kapanpun dan dimanapun tanpa harus tergantung pada jam buka kantor, dan tidak perlu datang langsung ke kantor pemerintahan. 
  2. Meningkatnya hubungan antara pemerintah dengan dunia usaha dan masyarakat karena informasi lebih mudah diperoleh. Juga dapat menumbuhkan kepercayaan dari dunia usaha dan masyarakat karena adanya transparansi informasi dari pemerintah. 
  3. Tersedianya informasi yang mudah diakses masyarakat. Hal ini akan membuat masyarakat dapat mengambil keputusan dengan benar. 
  4. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi akan membuat pelaksanaan pemerintahan menjadi lebih efisien karena hilangnya birokrasi yang selama ini menjadi momok yang menakutkan bagi dunia usaha dan masyarakat.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Keuntungan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi"