Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peranan TIK dalam Kehidupan Sehari-Hari

Berikut ini adalah beberapa peranan dari teknologi informasi dan komunikasi, antara lain dalam bidang komunikasi, perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan, kesehatan, dan pemerintahan.

Peranan TIK dalam Kehidupan Sehari-Hari

1. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Komunikasi 

Peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang komunikasi ditandai dengan maraknya penggunaan alat komunikasi yang semakin canggih. Contohnya, handphone yang dilengkapi dengan fasilitas 3G, dimana penelepon dapat melihat lawan bicaranya dengan langsung. Begitu juga pada komunikasi dengan VOIP, dimana kita dapat berbicara langsung dengan kawan kita lewat media internet. 

2. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan 

Peranan teknologi informasi dan komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan perubahan pada kebiasaan kerja. Misalnya, penerapan pemakaian komputer yang dirasa lebih efisien dibandingkan penggunaan mesin tik, pengiriman dokumen lewat e-mail lebih efisien dibandingkan pengiriman lewat pos, dan sebagainya. 

3. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis 

Dalam dunia bisnis, teknologi informasi dan komunikasi dimanfaat-kan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi di dunia bisnis juga ditandai dengan maraknya toko online yang terdapat di internet. 

4. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan 

Dalam dunia perbankan, teknologi informasi dan komunikasi berperan dalam transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan internet banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui internet banking, antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening. 

5. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan 

Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. 

Internet merupakan alat komunikasi yang cukup praktis dan ekonomis karena memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (e-learning) dengan efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik. 

6. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Kesehatan 

Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit, karena kartu tersebut dapat menyimpan riwayat penyakit pasien. Selain itu, digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan, serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien juga merupakan peranan teknologi informasi dan komunikasi. 

7. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pemerintahan 

Penerapan teknologi informasi dalam pemerintahan terlihat dari makin maraknya situs-situs pemerintah yang menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Contoh situs resmi pemerintah adalah www. deplu.go.id, www.depkeu.go.id, dan sebagainya.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Peranan TIK dalam Kehidupan Sehari-Hari"