Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis - jenis Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer, dan peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer, dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware atau software yang terhubung dengan jaringan. Pada dasarnya suatu jaringan komputer terdiri atas sejumlah host dan konektivitasnya.

Jenis - jenis Jaringan Komputer
  • Host dapat berupa sebuah komputer PC, mini PC, atau jenis komputer lainnya. 
  • Konektivitas dalam jaringan komputer berdasarkan media penghubungnya. 
Jaringan dalam komputer berdasarkan rentang geografis yang dicakup oleh jaringan dapat dibedakan menjadi 3, yaitu LAN, MAN, dan WAN.

a. Local Area Network (LAN) 

Sebuah LAN adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi. Beberapa model konfigurasi LAN, satu komputer biasanya dijadikan sebuah file server. 

File server digunakan untuk menyimpan perangkat lunak (software) yang mengatur aktivitas jaringan ataupun sebagai perangkat lunak yang dapat dizgunakan oleh komputer-komputer yang terhubung ke dalam network. Komputer-komputer yang terhubung ke dalam jaringan (network) itu biasanya disebut dengan workstation. Biasanya kemampuan workstation lebih di bawah dari file server dan mempunyai aplikasi lain di dalam harddisknya selain aplikasi untuk jaringan.

Media LAN merupakan jaringan dalam komputer yang mencakup area dalam satu ruang atau gedung yang berdekatan, misalnya jaringan dalam satu sekolah yang terpadu atau di sebuah lokasi perusahaan. Kebanyakan LAN menggunakan media kabel untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya.

Secara administrasi pembuatan LAN ini dapat dilakukan sendiri oleh seorang atau beberapa administrator (orang yang bertugas dan bertanggung jawab memelihara jaringan agar tetap berjalan normal). Menurut tipenya, LAN dapat berupa client/server atau peer to peer.

1) Client/server (server based) 

merupakan suatu model jaringan yang memiliki client dan server. Client adalah komputer yang meminta layanan (dapat berupa data atau perangkat keras misalnya printer), sedangkan server adalah komputer yang bertindak untuk melayani permintaan client. Fungsi server sendiri sebenarnya berupa perangkat lunak yang dijalankan oleh perangkat keras. Macam server dan fungsinya dijelaskan sebagai berikut. 

  • File server, menangani berkas yang dapat diakses oleh client. 
  • Print server, sebagai pengontrol printer yang dapat digunakan oleh client. 
  • Web server, menangani halaman-halaman web yang dapat diakses oleh browser. 
  • Mail server, menangani surat elektronis.

Jenis - jenis Jaringan Komputer

2) Peer to peer (workgroup) 

merupakan model jaringan yang dapat memberikan kedudukan yang sama terhadap komputer, tak ada yang bertindak sebagai server atau client sehingga tidak ada media penyimpanan yang bersifat umum. Pada model ini dua komputer dapat berhubungan secara langsung tanpa tergantung pada server. Model ini lebih murah daripada client/server, tetapi model ini hanya dapat berjalan apabila komputernya berjumlah tidak lebih dari 25 buah. 

Peer to peer juga dikenal dengan istilah workgroup. Jenis jaringan ini relatif sederhana. Pada jenis ini tidak memerlukan software system operasi yang dirancang dan disediakan untuk dedicated server. Dedicated server hanya berfungsi sebagai server saja., tidak digunakan sebagai client atau workstation. Karakteristik jaringan peer to peer adalah sebagai berikut.

  • Minimal ada satu komputer yang berlaku sebagai server (pusat data). 
  • Ada komputer workstation (tempat kerja). 
  • Sistem operasi pendukung jaringan seperti Win NT, Netware, Linux, dan sebagainya. 
  • Peripheral (alat tambahan) seperti Network Interface Card (NIC) , HUB, dan lain-lain. 
  • Media penghubung antarkomputer seperti kabel, konektor, terminator, dan lain-lain.
Jenis - jenis Jaringan Komputer

b. Metropolitan Area Network (MAN) 

MAN merupakan jaringan yang mencakup area satu kota atau dengan rentang sekitar 10-45 km. Jaringan ini umumnya menggunakan media transmisi dengan gelombang mikro atau gelombang radio. Sebuah MAN biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antarwilayah dalam satu provinsi. 

Jenis - jenis Jaringan Komputer

Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringanjaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar. Sebagai contoh, yaitu jaringan bank di mana beberapa kantor cabang sebuah bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya. Misalnya Bank BNI yang ada di seluruh wilayah Ujung Pandang atau Surabaya. 

c. Wide Area Network (WAN) 

WAN merupakan jaringan yang mencakup antara kota dengan kota atau antarprovinsi dan bahkan negara atau benua. WAN juga merupakan sistem jaringan yang menghubungkan beberapa LAN dan tidak tergantung pada sebuah lokasi.

Wide Area Networks (WAN) adalah jaringan yang lingkupnya biasanya sudah menggunakan sarana satelit ataupun kabel bawah laut. Sebagai contoh, keseluruhan jaringan Bank BNI yang ada di Indonesia ataupun yang ada di negara-negara lain. 

Dengan menggunakan sarana WAN, sebuah bank yang ada di Bandung bisa menghubungi kantor cabangnya yang ada di Hongkong hanya dalam beberapa menit. Biasanya WAN agak rumit dan sangat kompleks, menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam komunikasi global seperti internet. Namun, bagaimanapun juga antara LAN, MAN, dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal, hanya lingkup areanya saja yang berbeda satu di antara yang lainnya.

Secara administrasi jaringan WAN membutuhkan pihak ketiga (network provider) untuk menyediakan media penghubung yang mampu menghubungkan jaringan-jaringan yang berbeda lokasi. Contoh jaringan WAN adalah ATM dan internet.

Jenis - jenis Jaringan Komputer

d. Internet 

Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang sangat besar yang dapat terhubung ke seluruh dunia. Internet berasal dari kata interconnection networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit, dan lainnya.

Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini digunakan protokol berupa TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat digunakan, mengatur, dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.

Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas internet, biasanya Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada di kota Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet ataupun Anda dapat menggunakan fasilitas dari Telkom, yakni Telkomnet Instan.

Dengan memanfaatkan internet, pemakaian komputer di seluruh dunia dimungkinkan untuk saling berkomunikasi dan pemakaian bersama informasi dengan cara saling kirim e-mail, menghubungkan ke komputer lain, mengirim dan menerima file, membahas topik tertentu pada newsgroup, dan lain-lain.
Jenis - jenis Jaringan Komputer

e. Jaringan tanpa kabel 

Jaringan tanpa kabel atau sering disebut dengan wireless network adalah suatu jaringan yang tidak memerlukan kabel untuk menghubungkan komputer yang tergabung dalam suatu jaringan. Contoh jaringan tanpa kabel adalah jaringan GPRS dan WiFi. Pada umumnya semua jaringan di atas memiliki komponen, fungsi, dan kemampuan sebagai berikut.
  1. Server, yaitu komputer yang menyediakan resource agar dapat diakses oleh semua pengguna jaringan. 
  2. Client, yaitu komputer yang dapat mengakses server dan dapat menggunakan resource yang tersedia. 
  3. Media, yaitu cara komputer-komputer dalam sebuah jaringan terhubung. 
  4. Shared data, file atau folder yang disediakan server melalui jaringan. 
  5. Shared printer dan device lain, resource lain yang disediakan oleh server. 
  6. Resource, file, printer, atau item-item yang digunakan oleh pengguna jaringan.
Jenis - jenis Jaringan Komputer

Tahukah kalian perbedaan mendasar dari localhost (LAN) internet? Berdasarkan materi pada uraian di atas dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa perbedaan mendasar dari LAN dan internet terletak pada cakupan wilayah/luas jaringannya. Cakupan wilayah untuk internet adalah antarkomputer di seluruh dunia, sedangkan cakupan wilayah LAN adalah hubungan antarkomputer dalam jaringan (LAN) tersebut. 

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

1 komentar untuk "Jenis - jenis Jaringan Komputer"

close