Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan komputer (computer network) atau sering disebut jaringan merupakan dua buah simpul (umumnya berupa komputer) atau lebih ditujukan untuk melakukan pertukaran data atau untuk melakukan bagi-pakai perangkat lunak, perangkat keras, dan bahkan berbagi kekuatan pemrosesan. Berikut adalah penjelasan tentang manfaat penggunaan jaringan komputer.

Manfaat Jaringan Komputer

a. Berbagi perangkat keras 

Perangkat semacam hardisk, printer, CD-ROM, drive, dan bahkan modem dapat digunakan oleh sejumlah komputer tanpa perlu melepas dan memasang kembali. Peranti cukup dipasang pada sebuah komputer atau dihubungkan ke suatu peralatan khusus dan semua komputer dapat mengaksesnya, sehingga cara ini dapat menghemat biaya. 

b. Berbagi program atau data 

Program ataupun data dimungkinkan untuk disimpan pada sebuah komputer yang bertindak sebagai server (melayani komputer-komputer yang akan membutuhkan data atau program). Penempatan data pada server juga memberikan keuntungan antara lain menghindari duplikasi data dan ketidakkonsistenan 

c. Mendukung kecepatan berkomunikasi 

Dengan adanya dukungan jaringan komputer, komunikasi dapat dilakukan lebih cepat. Para pemakai komputer dapat mengirimkan surat elektronik dengan mudah dan bahkan dapat bercakap-cakap secara langsung melalui tulisan (chating) ataupun telekonferensi. 

d. Memudahkan pengaksesan informasi 

Jaringan komputer memudahkan pengaksesan informasi. Seseorang dapat bepergian ke mana saja dan tetap dapat mengakses data yang terdapat pada server ketika ia membutuhkannya. Pertumbuhan internet, salah satu implementasi jaringan yang terbesar di dunia, memungkinkan segala informasi yang ada di dunia dapat dengan mudah didapatkan. 
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Manfaat Jaringan Komputer"