Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis - jenis Fasilitas Internet

Internet memiliki berbagai fasilitas untuk mendapatkan informasi yang diinginkan dengan cepat dan mudah. Agar dapat menggunakan fasilitas di internet dengan baik, sebaiknya harus dapat membedakan fungsi pelayanan yang ada di internet dan memahami istilah-istilah yang digunakan dalam internet. Apa saja fasilitas yang dimiliki internet?

Secara garis besar internet memiliki beberapa fasilitas. Fasilitas tersebut banyak digunakan oleh pengguna untuk memenuhi kepentingannya. Berikut ini disampaikan uraian beberapa fasilitas internet.

a. World Wide Web (WWW) 

World Wide Web merupakan salah satu fasilitas internet sangat populer yang berisi database yang bersifat terdistribusi dan dapat digunakan untuk memperoleh informasi atau bahkan melakukan transaksi pembelian barang. Dengan fasilitas ini Anda dapat mengambil, memformat, dan menampilkan informasi (termasuk teks, audio, grafik, dan video) dengan menggunakan fasilitas hyperlink.

Informasi yang ditampilkan di WWW dapat menghubungkan (link) ke informasi atau dokumen (homepage) atau alamat internet lainnya lewat hypertext. Hypertext adalah teks yang ditampilkan dengan font yang berbeda (misalnya huruf miring, bergaris bawah, lebih terang). 

Dokumen yang berisi hypertext dibuat dengan mengunakan HyperText Markup Languange (HTML), maka sering disebut “the WEB”/”WWW”, yaitu merupakan sistem dalam internet yang memiliki fasilitas pencarian dan pemberian informasi yang cepat dengan menggunakan teknologi hypertext. 

Jenis - jenis Fasilitas Internet

Secara umum, tingkatan web dapat dikelompokkan menjadi beberapa macam, di antaranya adalah website montly updated (website yang selalu meng-update artikel dan berita yang disajikan selama sebulan sekali), website weekly updated (website yang selalu meng-update artikel dan berita yang disajikan selama seminggu sekali), dan website daily update (website yang selalu meng-update artikel dan berita yang disajikan setiap hari)

Sebutan World Wide Web (web = jaring laba-laba) sangat tepat untuk menggambarkan struktur data pada jaringan internet, berbeda dengan susunan data logis berstruktur pohon yang dikenal dari DOS. WWW memungkinkan penanganan atau akses yang jauh lebih fleksibel pada file yang dikelola. Dua hal yang membedakan www dengan lainnya adalah sebagai berikut. 

  1. Informasi di www dapat ditampilkan dalam bentuk multimedia yang berupa grafik, suara, dan video selain tulisan atau teks. 
  2. Informasi yang ditampilkan dalam www dapat mengubungkan (link) ke informasi atau dokumen (homepage) atau alamat internet lainnya lewat hypertext. 

Di www, struktur sumber daya internet dapat dibandingkan dengan jaring laba-laba. Bila dilihat polanya, jaringan ini terdiri atas lingkaranlingkaran berbagai ukuran yang berpusat pada titik tengah yang sama. Dari titik tengah ini terbentuk garis-garis penghubung yang tegak lurus pada lingkaran, sehingga terdapat titik simpul. 

Bila pada struktur pohon percabangan merupakan jalur hubungan, pada web semua garis merupakan penghubung setiap titik simpul yang mengandung data. Pemilihan di sini dilakukan dengan item hypertext. Pada titik simpul bisa terdapat sebuah komputer di internet atau sebuah petunjuk untuk file tertentu. Hal ini berarti dengan memilih sebuah item hypertext diciptakan hubungan dengan sebuah komputer pada suatu tempat di dunia.

“Bahasa” World Wide Web: HTML 

Untuk membuat hypertext, dikembangkan sebuah bahasa pemrograman khusus yang memungkinkan pengikatan alamat WWW atau file dalam sebuah dokumen. Sesuai dengan fungsinya, bahasa pemrograman ini disebut Hypertext Mark up Language (HTML). File ini biasanya berextention *.html. Agar file yang berisi hypertext ini bisa dikirimkan, diperlukan protokol pengiriman data yang spesifik yang disebut HyperText Transfer Protocol (HTTP).

Untuk menemukan setiap hubungan hypertext digunakan Uniform Resource Locator (URL). Oleh karena itu, halaman WWW juga disebut dokumen URL. Contoh URL dapat Anda lihat dalam tabel alamat search engine di bawah ini.

Jenis - jenis Fasilitas Internet

b. Elektronik Mail (E- mail) 

Fungsi e-mail adalah mengirim atau menerima surat dari dan ke seluruh penjuru dunia tanpa mengenal batas waktu, ruang, dan bahkan birokrasi. Surat Elektronik (SurEl) banyak digunakan karena mudah dalam pengiriman dan cepat dalam penyampaiannya. Surat elektronik atau e-mail tidak memerlukan perangko. Pemakai cukup mengetik melalui keyboard dan dalam hitungan detik setelah dikirimkan, surat akan sampai ke tujuan meskipun jarak antara pengirim dan penerima mencapai ribuan kilometer.

Jenis - jenis Fasilitas Internet

Selain pesan-pesan pribadi, dengan E-mail dapat juga mengirim dan menerima file binary. Maka secara virtual Anda dapat mengirim dan menerima segala tipe data. Sistem mail internet adalah tulang punggung dan motivasi awal dari internet itu sendiri.

Untuk dapat menerima surat elektronik, Anda harus memiliki kotak pos (mailbox) untuk menampung surat-surat yang masuk sebelum Anda sempat membacanya. Sebuah kotak pos elektronik (electronic mailbox) sama dengan kotak pos di kantor pos. Siapa pun dapat mengirim surat ke kotak pos, tetapi hanya pemiliknya yang dapat meneliti dan membuang isi kotak surat tersebut.

Alamat kotak pos untuk surat elektronik disebut E-mail address. Sebagai contoh: 

budi@indo.net.id 

budi : nama user 
indo : nama provider 
net : network/provider
id : nama domain geografis, yaitu Indonesia

Surat menyurat di internet dilakukan dengan menggunakan program surat elektronik. Cara penggunaannya sangat mudah bila program dijalankan di bawah user interface grafis seperti Windows. Saat pengiriman hanya perlu diisikan alamat penerima dan subjek (topik) surat, kemudian isi surat langsung dapat diketik untuk dikirim. 

Jika perlu, Anda dapat menyertakan file tertentu untuk dikirim bersama-sama dengan surat tersebut (Attachments). Program surat elektronik yang popular digunakan adalah Eudora Mail. Eudora Mail menggunakan protokol yang disebut POP (Post Office Protocol) dan dibuat oleh Qualcomm Inc.

c. Mailing List 

Fasilitas ini digunakan untuk berkirim surat atau berita dengan orang lain. Mailing List atau disingkat Milist merupakan sarana untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan e-mail. Mailing list ini umumnya digunakan untuk bertukar informasi dan pendapat secara jarak jauh. Dalam fasilitas ini apabila salah satu anggota mendapat surat, maka seluruh anggota akan mendapatkan surat tersebut.

Jenis - jenis Fasilitas Internet

Fasilitas ini dibangun menggunakan teknik yang sama dengan proses penyebaran surat elektronik. Dengan menggunakan fasilitas ini, sebuah berita atau file dapat didistribusikan ke banyak pengguna sekaligus. Bahkan penggunanya dapat melakukan diskusi, seminar, ceramah, serta konferensi secara elektronik tanpa terikat dimensi ruang dan waktu. Diskusi dapat berlangsung setiap hari tanpa henti. Hasil yang diperoleh akan jauh lebih efektif daripada penyelenggaraan seminar atau konferensi konvesional.

Jenis - jenis Fasilitas Internet

d. Newsgroup 

Newsgroup adalah suatu kelompok diskusi yang tidak menggunakan e-mail. Diskusi dilakukan dengan koneksi langsung ke lokasi newsgroup. Dalam hal ini tidak ada mekanisme untuk menjadi anggota dulu untuk mengakses suatu newsgroup. Dengan menggunakan fasilitas ini seseorang dapat melakukan konferensi jarak jauh, sehingga Anda dapat menyampaikan pendapat dan tanggapan dalam internet. 

e. Chatting 

Fasilitas ini digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain dalam internet. Umumnya fasilitas ini digunakan untuk bercakapcakap atau ngobrol di internet. Chatting lebih sering dikenal dengan IRC (Internet Relay Chat), di mana fasilitas ini dilakukan dengan cara tertulis. 

f. File Transfer Protocol (FTP)

FTP (File Transfer Protocol) merupakan suatu protocol yang digunakan untuk melakukan pengambilan arsip atau file secara elektronik atau transfer file dari satu komputer ke komputer lain di internet. Klien dapat mengirimkan berkas ke server FTP atau mengambil berkas dari server FTP. Proses untuk mengirimkan berkas milik klien ke server FTP dinamakan upload dan proses untuk mengambil berkas dari server FTP dan menyalinnya di komputer klien dinamakan download. 

Di dalam FTP terdapat beberapa perintah yang penting dan perlu diketahui sebagai berikut. 
  1. Put, untuk menaruh sebuah berkas datri pemakai ke server FTP. 
  2. Mput, untuk menaruh sejumlah berkas dari pemakai ke server FTP. 
  3. Get, untuk menyalin sebuah berkas dari server ke FTP dan meletakkan pada komputer kliennya.
  4. Mget, untuk menyalin sejumlah berkas dari server FTP dan meletakkannya pada komputer klien. 
  5. Bye, untuk mengakhiri koneksi ke server FTP. 

g. Telnet 

Telnet merupakan komponen klien/server yang terdapat dalam paket TCP/IP yang berfungsi untuk melakukan login (masuk ke dalam suatu sistem) jarak jauh. Dalam hal ini, klien yang melakukan telnet akan berfungsi sebagai terminal. Fasilitas ini digunakan untuk masuk ke sistem komputer tertentu dan bekerja pada sistem komputer lain. Untuk dapat melakukan telnet, klien harus memiliki program klien telnet, misalnya Cute. Pada windows terdapat program bernama telnet.

h. Gopher 

Internet menyediakan banyak informasi yang dapat diakses penggunanya lewat sistem menu. Seorang pengguna internet dihadapkan pada sebuah menu yang bercabang-cabang. Untuk menuju ke informasi atau data yang dituju, seorang pengguna harus menyeleksi pilihan-pilihan yang disediakan hingga masuk ke topik yang diinginkan. Fasilitas demikian disebut Gopher. 

Gopher adalah nama sebuah komputer dalam jaringan “bppt” dalam domain “id”, yang berarti Indonesia. Seperti Anda lihat contoh pada materi sebelumnya, mula-mula ditulis nama host yang diinginkan, disusul oleh bagian-bagian yang semakin besar hingga tingkat tertinggi, yaitu domain. 

Untuk mencapai komputer tersebut, alamat dibaca dari kanan ke kiri. Mula-mula jaringan tempat Anda mengakses internet menciptakan hubungan dengan router tertinggi yang mengelola semua alamat dalam domain “id”. Selain itu terdapat pula berbagai domain tematik, yang dikenali pada singkatan paling kanan dalam alamat DNS.
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Jenis - jenis Fasilitas Internet"