Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Gambar Bentuk dan Macam - macam Gambar Bentuk

Bentuk di alam sangatlah beraneka ragam, baik jenis maupun coraknya. Bentuk tersebut bisa berupa kotak, bulat, lonjong, persegi, segitiga, ataupun bentuk bebas seperti bentuk abstrak, bentuk bunga, daun batang pohon dan lain sebagainya. Nah, bentuk yang ada di sekitar kamu dapat dijadikan inspirasi buat kamu untuk dijadikan model gambar bentuk. 

Lalu, apa yang dimaksud dengan gambar bentuk itu sendiri? Menggambar bentuk adalah suatu kegiatan menggambar benda sesuai dengan sifat dan karakternya dengan cara memindahkan suatu objek kepada bidang datar (dua dimensi) dengan menggunakan unsur garis, warna, bidang, tekstur, dan gelap terang sehingga hasilnya merupakan potret dari apa yang kamu lihat (visual realistis).

Pengertian Gambar Bentuk dan Macam - macam Gambar Bentuk

Sebuah karya gambar bentuk dapat dikatakan sebagai jiplakan atau tiruan dari benda atau objek model aslinya sehingga ketepatan bentuk sangat diutamakan. Namun, hal itu bukan berarti dalam kegiatan menggambar bentuk sama sekali tidak melibatkan ide, gagasan, dan ekspresi. Justru ketiganya menjadi unsur penunjang terutama pada teknik mengarsir, pengaturan komposisi benda, kesan gelap terang, dan terjemahan atau penggambaran kesan sifat bahan dasar suatu benda atau model. Misalnya, benda terbuat dari kayu akan berbeda dengan benda yang terbuat dari keramik, batu, atau kaca.

Gambar bentuk sangatlah diperlukan dalam berbagai segi kehidupan. Banyak sekali kegiatan yang memerlukan unsur gambar, khususnya gambar benda, contohnya pembuatan benda-benda mebel, membuat rancangan bagian-bagian rumah, ilustrasi gambar pada buku-buku pelajaran, dan buku ilmiah.

Macam-Macam Bentuk 

Bentuk-bentuk benda yang terdapat di sekitarmu sangat beragam, bukan? Ada benda yang berbentuk kotak, ada pula benda yang berbentuk bulat. Berikut ini beberapa macam bentuk benda.

a. Bentuk Kubistis 

Bentuk kubistis merupakan bentuk-bentuk yang menyerupai kubus atau balok. Benda-benda yang memiliki bentuk kubistis, antara lain televisi, lemari, meja, kulkas, dan mesin cuci.

b. Bentuk Piramid dan Kerucut 

Bentuk piramid merupakan bentuk benda yang menyerupai limas. Contohnya adalah piramid di Mesir. Adapun bentuk kerucut merupakan benda dengan bentuk bagian atas lancip, contohnya, kubah dan topi hias.

c. Bentuk Silindris 

Bentuk silindris merupakan bentuk benda yang menyerupai tabung atau silinder. Benda yang memiliki bentuk seperti ini antara lain gelas, ember, dan toples.

d. Bentuk Bola atau Bulat 

Bentuk bola atau bulat merupakan bentuk benda yang menyerupai bola yaitu bundar dan bagian dalamnya terkesan berisi (pejal). Benda yang memiliki bentuk seperti ini antara lain bola, semangka, dan globe.

e. Bentuk Bebas atau Tak Beraturan 

Bentuk bebas merupakan bentuk benda yang tidak memiliki keteraturan atau lepas dari bentuk geometris. Contohnya, binatang, tas, sepatu, pakaian, dan buahbuahan. 

Alat dan Media Menggambar Bentuk

Alat dan media merupakan faktor utama dan sangat penting dalam menggambar bentuk. Hal itu tanpa mengesampingkan faktor bakat serta dukungan latihan yang intensif dan terus menerus. Sebelum menggambar bentuk sebaiknya kamu mempersiapkan dahulu alat dan media yang diperlukan. Tanpa persiapan alat dan media akan mengurangi ketepatan menggambar sesuai dengan yang kamu inginkan. 

Namun jangan khawatir, alat dan media menggambar bentuk sudah banyak tersedia di toko-toko seni rupa atau toko buku. Kamu tinggal memilih sesuai dengan karakter objek gambar. Selain alat dan media yang telah tersedia, kamu dapat pula memakai alat yang ada di sekitarmu, contohnya arang kayu, jelaga, biji-bijian, atau daun-daunan yang memiliki pigmen warna. Adapun alat dan media yang biasanya dipergunakan dalam menggambar bentuk antara lain sebagai berikut.

a. Bidang Gambar 

Kertas gambar merupakan bahan utama untuk menggambar bentuk. Kertas ini terdiri atas beragam jenis sesuai dengan keperluan dan kepentingan masing-masing. Namun, orang lazimnya menggunakan kertas gambar putih seperti karton putih atau kertas tipis seperti kertas HVS. Kertas gambar untuk keperluan menggambar bentuk sebaiknya bertekstur kasar dan tidak licin. Selain kertas, bidang gambar yang lainnya adalah papan tulis dan plastik transparan. Kedua benda tersebut bisa menjadi alternatif dari kertas gambar. 

b. Pensil 

Pensil yang dapat digunakan menggambar bentuk adalah pensil yang memiliki isi berupa grafit berwarna hitam. Pensil ini terbagi menjadi tiga jenis. Pertama, jenis pensil yang bertanda H (Hard) atau pensil keras yang biasanya digunakan untuk menggambar teknik bagi para perancang bangunan (arsitek), mulai dari H, 2H, 3H, …HHHH. Ukuran tersebut berarti semakin banyak H-nya pensil akan semakin keras. Kedua, jenis pensil sedang, yaitu pensil yang bertanda HB dan F. Ketiga, yaitu jenis pensil yang bertanda B, 2B, 3B, 4B, …BB. Huruf B berasal dari kata ”Bold” atau warnanya hitam/pekat. Semakin banyak angka pengikutnya maka semakin lunak. Pensil jenis inilah cocok untuk menggambar bentuk. 

c. Pensil Warna 

Bentuknya hampir mirip dengan pensil hitam, hanya isinya saja yang berwarna. Pewarna ini memiliki karakter keras dibandingkan dengan pastel dan krayon. Ada juga pensil warna yang bersifat aquarel. 

d. Pastel 

Pastel terbuat dari sejenis kapur yang mengandung minyak dan pewarna serta memiliki sifat yang lembut (soĞ). Warna yang dihasilkan lebih terang dan ekspresif. Penggunaannya bisa dicampur antara warna yang satu dengan warna yang lainnya secara berulang-ulang. 

e. Krayon

Krayon adalah media yang sejenis dengan pastel yang terbuat dari pewarna dan lilin. Pewarna ini memiliki sifat yang lebih keras dari pastel dan licin apabila digoreskan pada permukaan kertas. Sebaiknya krayon digunakan pada permukaan kertas yang memiliki tekstur kasar. 

f. Cat Air 

Cat air (water colour) mempunyai karakter transparan (tembus pandang). Warna yang dipulaskan terlebih dahulu tidak dapat ditutup dengan warna lain di atasnya karena akan bercampur. Penggunaannya biasanya dengan teknik aquarel. 

g. Cat Poster 

Cat poster atau cat plakat memiliki sifat opague, yaitu warna yang dipulaskan lebih dahulu bisa ditutup oleh warna berikutnya. Penggunaannya biasanya dengan teknik blok rata. 

h. Tinta Bak 

Tinta bak atau biasa disebut dengan tinta cina yang memiliki warna hitam pekat dan cocok digunakan dalam menggambar teknik siluet (gambar blok).

i. Pewarna Alam 

Pewarna alam adalah jenis pewarna yang diambil langsung dari alam dengan cara mengolah sedemikian rupa dengan cara-cara tertentu. Seperti kunyit yang menghasilkan warna kuning, daun suji menghasilkan warna hijau, getah angsana menghasilkan warna merah darah, dan pohon nila yang menghasilkan warna biru keunguunguan.

j. Pewarna Kue (Esens/Gincu) 

Pewarna ini biasanya sudah tersedia di toko kimia atau kue, berbentuk serbuk atau cairan yang tersimpan dalam botol-botol kecil atau sachet. Warnanya terbatas dan intensitas kepekatannya kurang. Penggunaanya biasanya dengan teknik transparan. 

k. Palet 

Palet biasanya digunakan untuk mencampur cat. Bentuknya bervariasi dan biasanya terbuat dari plastik atau kayu (triplek).

l. Kuas 

Ada berbagai bentuk kuas, seperti kuas lancip dan datar. Kuas dibedakan pula oleh bulu yang dipergunakannya, ada yang halus dan ada pula yang kasar. Dalam penggunaannya kuas disesuaikan dengan media cat yang digunakan. Kuas yang bentuknya lancip dan bulunya sangat halus, tersedia dalam berbagai ukuran mulai ukuran kecil (no.1) sampai ukuran besar (no.12) dipakai untuk cat air dan kertas. Adapun kuas dengan bulu rata dan kasar dipergunakan untuk melukis di atas kanvas.
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian Gambar Bentuk dan Macam - macam Gambar Bentuk"