Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Asal Usul Sepak bola

Sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan menendang bola kian-kemari untuk diperebutkan para pemain-pemain, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan juga mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan bola. Dalam permainan ini, setiap pemain diperbolehkan menggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan dan lengan. Hanya penjaga gawang yang diperbolehkan memainkan bola dengan kaki dan tangan di daerah gawang.

Pengertian dan Asal Usul Sepak bola

Sepak bola merupakan permainan dua regu yang masing-masing regu terdiri dari sebelas pemain. Permainan sepak bola dimainkan dalam dua babak (2x45 menit) dengan waktu istirahat 10 menit di antara dua babak tersebut. Kita mengenal beberapa sebutan sepak bola. Pada zaman Cina Kuno semasa pemerintahan Dinasti Han, sepak bola dikenal dengan istilah tanchu. Di Italia pada zaman Romawi dikenal sebagai haspartun, di Prancis yang selanjutnya menyebar ke Normandia dan Britania (Inggris), dikenal dengan choule. Di Yunani Kuno dikenal istilah epishyros dan di Jepang dikenal istilah Kemari.

Pada tanggal 26 Oktober 1863 didirikan sebuah badan yang disebut “English Football Assosiation”. Tanggal 8 Desember 1863 lahirlah peraturan permainan sepak bola modern yang disusun oleh badan tersebut yang dalam perkembangannya mengalami perubahan. Atas inisiatif Guerin (Prancis) pada tanggal 21 Mei 1904 berdirilah federasi sepak bola internasional dengan nama “Federation International de Football Assosiation” (FIFA). Atas inisiatif Julies Rimet pada tahun 1930 diselenggarakan kejuaraan dunia sepak bola pertama di Montevideo, Uruguay. Kejuaraan sepak bola dunia diadakan 4 tahun sekali.

Pada tanggal 19 April 1930 dibentuk Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta dengan dukungan seluruh bond-bond. Pengurus PSSI pertama kali diketuai oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo. Mulai tahun 1966 diadakan kejuaraan sepak bola tingkat taruna remaja dengan nama “Piala Soeratin” (Soeratin Cup). Sumber: www.pssi-football.com.

Lapangan dan perlengkapan permainan sepak bola

Lapangan dan perlengkapan permainan sepak bola

Aktivitas pembelajaran gerak spesifik permainan sepak bola

Gerak dan keterampilan aktivitas permainan sepak bola dapat dikelompokkan menjadi 
  • Menciptakan skor: pasing, kontrol bola, tendangan ke gawang, dan mendukung pembawa bola; 
  • Mencegah skor: mengawal lawan (marking), dan merebut bola;
  • Memulai permainan: lemparan ke dalam, tendangan penjuru, dan tendangan bebas. 
Gerak spesifik aktivitas pembelajaran permainan sepak bola terdiri dari berbagai macam gerakan, antara lain: 
  1. Gerak spesifik menendang bola, 
  2. Gerak spesifik menahan bola (trapping), 
  3. Gerak spesifik menggiring bola (dribbling), 
  4. Gerak spesifik tipu, 
  5. Gerak spesifik menyundul bola (heading), 
  6. Gerak spesifik merebut bola (tackling), 
  7. Gerak spesifik lemparan ke dalam (throw-in)
Keahlian seseorang dalam mainkan bola sangatlah berguna untuk suatu pertandingan yang berkualitas. Untuk dapat bermain sepak bola dengan baik dan terampil, seorang pemain sepak bola dituntut untuk menguasai gerak spesifik sepak bola. Tanpa penguasaan gerak yang baik, pemain sepak bola tidak mungkin dapat menguasai atau mengontrol bola dengan baik pula. Tanpa kemampuan menguasai bola dengan baik, tidak mungkin dapat menciptakan kerja sama dengan pemain lain. Kerja sama dalam permainan sepak bola merupakan inti dari permainan sepak bola.

Sebelum kamu mempelajari gerak dasar permainan sepak bola, coba kamu bermain sepak bola yang dimodifikasi. Dalam bermain, kamu diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai sikap seperti: sportivitas, kerja sama, tanggung jawab, dan disiplin. Sambil bermain kamu amati dan rasakan menendang bola menggunakan kaki yang mana mudah dilakukan.

Cara bermain sepak bola yang dimodifikasi adalah berikut ini. 
  1. Jumlah pemain 12 orang (untuk dua tim) masing-masing 6 pemain untuk satu tim. 
  2. Pada garis lapangan dipasang gawang atau tiang bendera kecil. 
  3. Lapangan yang dapat digunakan adalah lapangan basket atau bola voli yang memiliki garis tengah. 
  4. Tiap tim menempatkan 3 pemain penyerang pada daerah lapangan lawan dan 2 pemain bertahan pada daerah lapangan sendiri. 
  5. Setiap pemain berusaha mempertahankan gawangnya dan melakukan serangan. 
  6. Pemain bertahan dan penyerang hanya boleh bergerak di daerah yang ditempatinya. 
  7. Bila pemain bertahan dapat merebut bola segera berikan operan pada temannya yang ada di daerah lawan. 
  8. Tim dianggap menang apabila dapat memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin. 
  9. Waktu permainan untuk setiap tim 5 – 10 menit.
Pengertian dan Asal Usul Sepak bola
Setelah bermain sepak bola yang dimodifikasi, selanjutnya pada bab ini kamu akan mempelajari teknik dasar menendang dan menahan bola permainan sepak bola yang benar 
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Asal Usul Sepak bola"

close