Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Upaya Pencegahan Diri dari Bahaya Narkoba

Upaya Pencegahan Diri dari Bahaya Narkoba

Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga diri dari bahaya narkoba yaitu :

a. Mendekatkan Diri Kepada Tuhan

Mendekatkan diri kepada tuhan dapat dilakukan dengan memperbanyak ibadah (sesuai dengan agama masing - masing). Niatkan dalam hati, bahwa tidak akan mendekati, menyentuh, apalgi memakai narkoba walau apapun yang terjadi.

b. mempererat Hubungan dengan Keluarga

Salah satu faktor penyebab terjerumus ke dalam pemakaian narkoba yaitu adanya broken home atau permasalahan keluarga. Untuk itu ada baiknya jika hubungan keharmonisan keluarga ditingkatkan lagi.

c. Jangan Pernah Mencobanya, walaupun hanya sedikit

Jangan berpikir jika mencobanya dengfan dosis yang sedikit maka tidak akan menimbulkan masalah. Justru dengan itu akan menjadi awal terjadinay masalah. Coba - coba akan menimbulkan kebiasaan dan semakin lama akan menjadi ketagihan dan ketergantungan

d. Mengenal dan Menilai Diri Sendiri

Dengan lebih mengenal diri sendiri, kamu akan dapat lebih mudah mengarahkan perilaku untuk mencapai tujuan hidup yang telah ditetapkan dan mencegah diri dari perilaku yang membuatmu tidak dapat meraih tujuan hidup 

e. Meningkatkan Harga Diri

Harga diri adalah suara hati yang menunjukkan bahwa anda adalah seorang yang istimewa dan berharga, serta mampu mencapai cita - cita. Harga diri merupakan dasar dalam proses belajar, membangun kreativitas, tanggung jawab, dan hubungan positif dengan orang lain. Harga diri seseorang dapat tinggi atau rendah tergantung pada pengalamaan, perilaku, dan interaksinya dengan orang lain. Orang yang memiliki harga diri yang rendah akan cenderung merendahkan dirinya sendiri, percaya bahwa ia tidak dapat menjadi lebih baik, menghindari hubungan dengan orang lain, gelisah, dan suka menyendiri yang mengakibatkan ia mudah untuk dipengaruhi orang lain, termasuk dipengaruhi untuk mengonsumsi narkoba. Oleh karena itu penting bagi kamu untuk memiliki harga diri yang kuat.

f. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Percaya diri adalah gambaran keyakinan, keberanian, cara pandang, pemikiran, dan perasaan tentang dirinya sendiri dalam menghadapi suatu permasalahan. Jika memiliki rasa percaya diri yang baik, maka seseorang akan memiliki dorongan, kekuatan dan keberanian untuk melakukan hal - hal yang positif, seperti siap dalam melaksanakan tugas yang diberikan.
Contoh lainnya, yaitu berani berbicara secara rasional untuk mencegah orang lain memanfaatkan dirimu, misalnnya dengan berkata "Mohon maaf, saya ada janji" atau berani menolak tawaran zat atau obat yang tidak kamu ketahui yang mungkin menjerumuskanmu kepada narkoba.

g. Terampil mengatasi Masalah dan Mengambil Keputusan 

Anda perlu belajar mengelola perasaan, seperti rasa takut, marah, khawatir, benci, malu, putus asa, dan sebagainya sehingga tidak lari dari masalah. Dengan mampu mengelola perasaan, kamu akan tetap maju dan menyelesaikan masalah yang dihadapi. Dalam menyelesaikan masalah, kamu juga harus terampil dalam mengambil keputusan. Dalam mengambil keputusan, kamu harus menggunakan pemikiran yang logis mengenai sumber masalah dan alternatif pemecahan masalah yang paling tepat dan bijaksana.

h. Memilih Pergaulan yang baik dan Terampil menolak tawaran narkoba

Banyak remaja yang mulai merokok, minum - minuman keras, bahkan menyalahgunakan narkoba akibat tekanan dari teman. Oleh karena itu, bergaulah dengan teman - teman yang tidak menyalahgunakan narkoba. Selain itu, kamu juga harus mampu menolak tawaran atau ajakan dari teman terhadap hal - hal yang negatif, seperti merokok maupun minum - minuman keras, apalagi penggunaan narkoba. Remaja perlu memiliki keberanian dan tekad untuk menolaknya, belajarlah berkata "Tidak!". Sadarilah bahwa narkoba akan membuat kamu semakin terjerumus kepada kesengsaraan, kamu juga harus waspada terhadap teman kamu yang mengajak memakai narkoba. Jika kamu mendapat ancaman segera tinggalkan teman kamu tersebut atau laporkan kepada guru kamu.

i. Terampil sebagai Agen Pencegahan penyalahguanaan narkoba

Remaja dapat membentuk kelompok remaja antinarkoba yang menciptakan pola hidup sehat dan produktif, menjadi contoh positif bagi remaja yang lain, mendukung masyarakat untuk menciptakan lingkungna bebas narkoba, mendorong remaja lain untuk menghindari penyalahgunaan narkoba dan mendorong mereka menolak tawaran menyalahgunakan narkoba, serta membantu teman yang mempunyai masalah narkoba untuk mencari pertolongan.

j. Menerapakan Pola Hidup Sehat

Remaja adalah generasi penerus dan aset bangsa Indonesia yang berharga. Negara Indonesia memerlukan generasi muda yang sehat sehingga dapat tumbuh menjadi manusia dewasa yang sehat yang mampu memajukan negara dan membuat bangsa indonesia semakin sejahtera. Untuk membentuk generasi muda yang sehat, perlu penerapan pola hidup sehat yang meliputi
  • Mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi
  • Menghindari makanan siap saji (junk food)
  • Olahraga secara teratur, termasuk mengikuti ekstrakurikuler yang bergerak dalam bidang olahraga
  • Istirahat yang teratur dan cukup sehingga dapat mengurangi ketegangan pikiran dan memperbaiki sel - sel tubuh yang rusak
  • Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin

k. Melakukan Kegiatan yang Positif

Remaja hendaknya dapat mengisi waktu luang dengan kegiatan positif yang berguna untuk masa depannya, misalnya dengan mengikuti berbagai ekstrakurikuler di sekolah, ikut organisasi siswa seperti OSIS, UKS, PMR, mengikuti gelar seni budaya, dan lain sebagainya. Dengan mengisi waktu luang dengan kegiatan positif dapat membantu kamu menghindarkan diri dari penyalahgunaan narkoba.
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Upaya Pencegahan Diri dari Bahaya Narkoba "