Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Gerak dan Macam - macam Gerak Pada Benda

Gerak adalah perubahan atau peralihan posisi, kedudukan atau tempat dari suatu benda atau mahluk hidup dari posisi atau kedudukan awal. Gerak bersifat relatif, yaitu tergantung pada pengamat. Gerak dapat terjadi pada semua benda baik benda mati ataupun benda hidup. Hanya saja jenis gerakan dan penyebabnya berbeda. Pada mahluk hidup, gerakan bisa terjadi karena faktor internal, sedangkan pada benda mati, gerakan biasanya terjadi karena pengaruh faktor eksternal.

Pengertian Gerak dan Macam - macam Gerak Pada Benda
Benda mati sebenarnya tidak bisa bergerak jika tidak ada pengaruh dari luar. Pengaruh dari luar itu berupa gaya. Gaya adalah interaksi yang terjadi pada sebuah benda sehingga benda tersebut dapat bergerak. Banyak gaya yang bisa menyebabkan benda mati bisa bergerak, diantaranya :
  1. Gaya Gravitasi
  2. Gaya Elektromagnet
  3. Gaya kelembaman dan sebagainya
Gerak pada benda mati dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya :
  • Bentuk benda, benda yang berbentuk bulat lebih mudah bergerak dengan berpindah tempat daripada benda yang berbentuk kotak ataupun segitiga.
  • Ukuran dan massa benda, benda yang berukuran lebih kecil dengan massa yang kecil juga lebih mudah berpindah tempat dari pada benda berukuran besar dengan massa besar. Karena benda yang berukuran kecil dengan massa kecil dapat dengan mudah tertiup angin dan terbang kemana saja.
  • Permukaan benda, benda dengan permukaan halus lebih mudah berpindah tempat - tempat daripada benda dengan permukaan kasar.

Macam - Macam Gerak

a. Gerak Semu atau Relatif

Gerak benda dikatakan semu atau relatif tergantung dari titik acuannya. Misalnya saja pohon yang ditanam di bumi tidak bergerak jika dilihat oleh manusia di bumi. Namun apabila dilihat oleh matahari, maka pohon tersebut bergerak bersama bumi mengitarinay. Contoh tersebut menunjukkan bahwa benda yang bergerak seperti pohon dapat dikatakan tidak bergerak apabila titik acuannya berbeda.

Gerak semu juga berarti gerak benda yang diam, namun seolah - olah bergerak dikarenakan gerakan pengamat. Misalnya, kamu mengendarai kereta dan melihat pohon - pohon di pinggir jalan bergerak. Gerak pohon ini dikatakan semu karena sebenarnya diam.

b. Gerak Ganda

Gerak Ganda yaitu gerak bersamaan yang dialami oleh suatu benda ditinjau dari benda - benda di sekitarnya. Misalnya, Roni membuang bungkus roti dari atas rumah sakit saat mobil ambulance datang. Dari pernyataan tersebut, maka bungkus roti bergerak ganda jika dilihat dari tiga benda di sekitarnya, di antaranya :
  1. Gerak bungkus roti terhadap Roni
  2. Gerak bungkus roti terhadap tanah Bumi
  3. Gerak bungkus roti terhadap mobil ambulance

c. Gerak Lurus 

Gerak Lurus yaitu gerak yang melalui lintasan lurus. Berdasarkan percepatannya gerak lurus dikategorikan menjadi dua yaitu gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB)

1) Gerak Lurus Beraturan (GLB)
Suatu Benda dikataka mengalami gerak lurus beraturan apabila kecepatannya tetap dan percepatannya nol. Dengan kata lain, benda tersbut tidak memiliki percepatan.

2) Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
Lalu, bagaimana dengan ciri GLBB? Benda dikatakan mengalami gerak lurus berubah beraturan apabila memiliki percepatan tetap, baik karena kecepatannya bertambah maupun berkurang. Dengan kata lain GLBB dapat dibagi lagi menjadi dua gerakan yaitu GLBB dipercepat dan diperlambat.

d. Gerak Parabola

Gerak parabola artinya gerak suatu benda yang lintasannya berbentuk parabola. Ada dua jenis gerakan parabola yaitu gerak setengah parabola dan gerak parabola atau peluru.

e. Gerak Melingkar

Gerak Melingkar dibagi menjadi dua yaitu gerak melingkar berarutan (GMB) dan gerak melingkar berubah beraturan (GMBB)

1) Gerak Melingkar Beraturan
Gerak melingkar beraturan (GMB) merupakan gerak melingkar terhadap sumbu dengan kecepatan sudut tetap

2) Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB)
Gerak melingkar berubah beraturan adalah gerak melingkar terhadap sumbu dengan percepatan sudut tetap.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian Gerak dan Macam - macam Gerak Pada Benda"