Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mengatasi Kamera Whatsapp Tidak Bisa Digunakan

Kamera Whatsapp tidak bisa digunakan sering dialami pengguna. Hal ini bermula ketika pengguna membuka kamera Whatsapp, Namun muncul notifikasi " Tidak dapat memulai kamera, Silahkan muat ulang telepon anda". Menggunakan kamera Whatsapp untuk keperluan memotret foto memang menjadi hal yang biasa. Terutama untuk membuat story Whatsapp ataupun mengirim foto tersebut ke pengguna lain.

7 Cara Mengatasi Kamera Whatsapp Tidak Bisa Digunakan

Kamera di Whatsapp memang tidak jauh berbeda dengan kamera bawaan perangkat. Namun banya pengguna yang lebih menggunakan kamera Wa, Karena dinilai praktis dan cepat saat digunakan untuk memotret.

Terlebih lagi untuk kebutuhan Story Whatsapp. Pastinya pengguna akan lebih memilih menggunakan kamera WA agar bisa cepat di upload di Story WA. Dan juga kamera Whatsapp juga sudah dilengkapi auto fokus yang membuat hasil jepretan semakin lebih bagus.

Kamera Whatsapp Tidak Bisa Digunakan

Kamera Whatsapp tidak bisa dibuka dan digunakan menjadi permasalahan yang sering ditemui oleh pengguna WA. Terutama saat pengguna butuh-butuhnya menggunakan kamera WA, Tapi kamera WA tidak bisa dibuka. Pastinya pengguna akan cukup bingung kenapa kamera WA tidak bisa digunakan.

Kamera WA tidak bisa digunakan berdampak pada semua fitur di Whatsapp yang menggunakan kamera. Seperti kamera story WA, Grup WA, Video Call dan foto. Sehingga ini akan menghambat pengguna dalam berkomunikasi di Whatsapp. Apalagi jika saat kita membutuhkan kamera WA untuk video call dan ini akan terhambat karena kamera Whatsapp tidak bisa dibuka. Masalah ini bisa terjadi pada perangkat apa saja baik itu Xiaomi, Asus, Huawei, Samsung, Vivo, Oppo dan brand lainnya.

Tanda-tanda ketika kamera WA tidak bisa digunakan yaitu tidak bisa dibuka, gagal memuat, notifikasi error dan lain sebagainya. Penyebabnya juga bisa bermacam-macam mulai dari memori penuh, terlalu banyak cache, terjadi error data dan masih banyak lagi. 

Cara Mengatasi Kamera Whatsapp Tidak Bisa Digunakan

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba ketika kamera Whatsapp tidak bisa digunakan dan gagal dimuat.

1. Paksa Berhenti Aplikasi

Penyebab yang mungkin bisa menyebabkan kamera WA gagal di muat yaitu terjadinya error. Dan kamu bisa memberhentikan paksa aplikasi dan membukanya kembali agar aplikasi bisa kembali normal. Untuk cara memberhentikan paksa aplikasi yaitu kamu tinggal masuk ke pengaturan > manajemen aplikasi > aplikasi Whatsapp > Pilih opsi paksa berhenti. Kemudian kamu bisa membukanya kembali.

2. Hapus Cache

Terlalu banyak cache menumpuk juga bisa menjadi kemungkinan kedua kenapa kamera Whatsapp tidak bisa digunakan. Cache sendiri berguna untuk mempercepat proses loading saat membuka aplikasi. Namun banyaknya cache juga bisa menyebabkan aplikasi menjadi berat dan error. Cara menghapus file cache ini yaitu kamu tinggal masuk ke pengaturan > manajemen aplikasi > aplikasi Whatsapp > penyimpanan dan pilih opsi hapus cache.

3. Hapus Data

Jika menghapus cache masih belum juga normal untuk kamera Whatsapp, Maka kamu perlu menghapus data pada aplikasi. Karena bisa saja data aplikasi terdapat error. Untuk menghapus data aplikasi kamu bisa menuju pengaturan > manajemen aplikasi > aplikasi Whatsapp > penyimpanan dan pilih opsi hapus data. Kemudian buka Whatsapp dan login menggunakan nomer WA sobat.

4. Update Aplikasi

Kamera Whatsapp tidak bisa digunakan mungkin karena adanya bug di aplikasi. Dan developer sendiri memang sering memperbarui versi aplikasi untuk menghilangkan bug yang terdapat di versi lama. Jika Whatsapp kamu belum di perbarui, Maka segera perbarui untuk menghindari bug di versi lama. kamu bisa update aplikasi melalui playstore langsung.

5. HP Dalam Keadaan Root

Kamera Whatsapp tidak bisa digunakan karena perangkat sudah di root. Karena melakukan root pada perangkat juga bisa menyebabkan beberapa aplikasi error. Jika tidak penting melakukan root, Alangkah baiknya jangan melakukan tindakan root pada perangkat.

6. Penyimpanan Penuh

Penyimpanan pada memori penuh juga bisa menyebabkan kamera Whatsapp tidak bisa dibuka. Hal ini lantaran tidak ada ruang untuk menyimpan foto baru. Sehingga kamu perlu menghapus beberapa file terutama yang tidak penting, Untuk menyediakan beberapa ruang agar kamera WA bisa digunakan seperti biasanya.

7. Berikan Izin Akses Kamera

Setiap aplikasi akan meminta izin kepada pengguna untuk menggunakan beberapa fitur seperti penyimpanan, kamera dan lain-lain. Beberapa pengguna terkadang lupa atau belum memberikan izin akses kamera pada aplikasi seperti Whatsapp. 

Jika kamu belum memberikan izin pada aplikasi Whatsapp, Maka kamu bisa menuju pengaturan > manajemen aplikasi > aplikasi Whatsapp > izin > centang kamera. Maka dengan begitu kamera WA bisa digunakan.

Kesimpulan

Kamera Whatsapp yang tidak bisa digunakan memang akan cukup merepotkan. Dan kamu bisa coba cara diatas satu persatu mana yang lebih efektif agar kamera WA bisa digunakan dengan normal. Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "7 Cara Mengatasi Kamera Whatsapp Tidak Bisa Digunakan"

close