Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus Akun Instagram Yang Lupa Password Dengan Mudah

Di era saat ini, sudah lazim jika seseorang memiliki lebih dari satu akun instagram. Tiap akun pun bisa memiliki tujuan yang berbeda seperti akun spam, akun bisnis, akun resmi dan sebagainya. Banyaknya akun yang harus dikelola bisa jadi membuat si pemilik akun lupa password akun instagramnya.

Juga sering terjadi pemilik akun ingin menghilangkan jejak digital mereka dengan menghapus akun tersebut. Sayangnya, kasus lupa password juga sering terjadi pada akun yang ingin dihapus. Bagi yang ingin menghapus akun tetapi lupa password, tulisan ini akan membahas cara menghapus akun instagram yang lupapassword dengan mudah. Ikuti ulasan berikut. 

Cara menghapus akun instagram

Cara Menghapus Akun Instagram Yang Lupa Password Dengan Mudah

Pada dasarnya untuk menghapus akun instagram seseorang harus dapat log in ke dalam akun tersebut. Jadi langkah pertama adalah dengan kembali membuka akun yang akan dihapus. Untuk kembali masuk, ada beberapa cara yang dapat dilakukan.

1.     Menggunakan email

Pertama buka halaman instagram.com lalu pilih forgot password. kamu akan dialihkan ke halaman baru yang meminta alamat email akun instagram Anda. Pastikan kamu masih ingat dan dapat mengakses kotak masuk email tersebut. Buka kotak masuk dan pilih email reset password dari instagram. Klik kotak yang bertuliskan ‘Reset Password’. 

Tanpa diminta password lama, hanya kamu diminta untuk mengisi dua buah kotak dengan password baru. Silahkan kembali ke instagram dan cobalah untuk log in. Jika berhasil, selamat kamu sudah setengah jalan dalam menghapus akun instagram Anda.

2.     Menggunakan no handphone

Hampir sama dengan cara sebelumnya, kamu hanya perlu mengisi no handphone yang kamu gunakan saat mendaftarkan akun instagram.  Hal ini tergantung pada saat awal pendaftaran apakah kamu menggunakan no handphone atau email. Jika di awal kamu menggunakan email lalu pernah menambahkan no handphone di pengaturan akun Anda, no tersebut juga dapat digunakan.

Setelah mengisi no handphone di halaman forgot password, secara otomatis kamu akan menerima pesan singkat. Pesan tersebut berisi link yang akan membawa kamu ke halaman reset password instagram. Dari sini kamu dapat memasukkan password baru dan log in ke instagram. Setelah itu kamu dapat melanjutkan cara menghapus akun instagram yang lupa password yang dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

3.     Menggunakan facebook

Cara ini hanya dapat dilakukan jika kamu pernah mengintegrasikan akun instagram kamu dengan akun facebook atau mendaftar instagram melalui akun facebook. Meskipun kamu tidak ingat passsword, di halaman log in akan tersedia pilihan log in dengan satu klik. Klik pilihan tersebut dan akun kamu akan langsung terakses.

Setelah akun dapat kembali diakses,  cara selanjutnya adalah dengan menghapus akun tersebut. Melalui laptop atau handphone, cara menghapus akun instagram yang lupa password akan sedikit berbeda. Hal ini tergantung pada perangkat yang digunakan. Berikut beberapa langkah yang dapat diikuti.

1.     Menghapus akun instagram lewat laptop atau PC

Pertama buka browser dan ketik halaman https://help.instagram.com. Klik pilhan ‘Mengelola Akun Anda’. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan, pilihlah ‘Hapus Akun Anda’. Halaman baru akan muncul yang menawarkan menonaktifkan akun sementara, menghapus akun permanen dan mengakses data di instagram. Sesuai dengan tujuan, pilihlah ‘Bagaimana cara menghapus akun saya?’. 

Akan muncul penjelasan dan link ‘Halaman Menghapus Akun Anda’. Halaman terakhir akan muncul dengan sebuah pertanyaan ‘Mengapa kamu Mengapus Akun Anda?’. Di bawah pertanyaan tersebut terdapat beberapa jawaban.  Pilih salah satu dan ketikkan password akun. Klik tombol berwarna merah dengan tulisan ‘Permanently delete my account’.

2.     Menghapus akun instagram lewat aplikasi instagram di handphone

Setelah log in, buka profil instagram. Setelah itu akan muncul icon tiga garis pada pojok kanan atas layar handphone Anda. Klik icon tersebut,dan akan muncul beberapa pilihan. Di antara pilihan tersebut tekan ‘Settings’. Lalu pilih help center. Dari sini kamu akan dialihkan ke halaman instagram pada browser.

Pada halaman ini pun tersedia beberapa link sesuai dengan keperluan masing-masing. Di antara link tersebut pilih ‘Mengelola Akun Anda’.  Setelahnya akan muncul tiga pilihan, klik ‘Bagaimana cara menghapus akun saya?’. Halaman yang akan muncul berisi tentang penjelasan tentang menghapus akun dan link ‘Halaman Menghapus Akun Anda’ .

 Klik link tersebut dan akan muncul pertanyaan: Mengapa kamu menghapus akun Anda? Tersedia beberapa pilihan jawaban yang dapat kamu pilih. Setelah memilih jawaban yang pas, kamu akan diminta mengisi password akun instagram. Terakhir tekan tombol ‘permanently delete my account’. Akun instagram telah terhapus secara permanen.

Selain dua cara di atas, kamu juga dapat mengikuti tautan ini untuk langsung menuju ke halaman hapus akun instagram: www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/. Pada dasarnya, cara menghapus akun instagram yang lupa password melibatkan minimal alamat email atau no handphone yang digunakan. Di akhir, password tetap dibutuhkan dalam proses penghapusan.

Jika kamu benar-benar tidak mengingat password atau email atau pun no handphone, kamu bisa coba mengirim email ke pihak instagram.  Meskipun kecil kemungkinan, cara tetap patut untuk dicoba. Cara lain adalah menggunakan jasa hack. Sudah banyak peretas yang menawarkan jasa ini. kamu dapat mencarinya dan bertanya lebih lanjut. Untuk mencegah lupa password akun instagram, berikut beberapa tips untuk menjaga password.

Tips dalam menjaga password

Tips menjaga password instagram

Membuat daftar khusus yang berisi password. Simpan daftar ini dengan baik. kamu bisa menyimpannya dalam buku catatan atau menyimpannya di note handphone Anda. Agar tak mudah hilang, kamu juga bisa mengupload sebagai draft dalam email kamu atau menyimpan di google Drive.

Tips lainnya adalah dengan mengaitkan instagram dengan facebook atau media sosial lain yang aktif kamu gunakan. Jadi, ketika password salah satu media hilang, kamu masih bisa mengakses atau memverifikasinya lewat media sosial lainnya. Melengkapi data diri seperti email dan no handphone agar mempermudah dalam memulihkan password yang hilang atau lupa.

Cara menghapus sementara akun instagram

cara menghapus akun instagram

Itu tadi ulasan tentang cara menghapus akun instagram yang lupa password. Cara yang dibahas merupakan cara menghapus secara permanen yang mana semua foto dan data diri akan hilang dan tidak dapat dipulihkan. Jika kamu masih ragu, cobalah untuk menghapus sementara akun instagram Anda.

Caranya hampir sama ketika sampai pada tiga pilihan pilihlah ‘Bagaimana cara menonaktifkan sementara akun saya?’. Setelah itu akan muncul halaman berisi penjelasan cara menghapus akun untuk sementara. Secara garis besar, kamu akan diminta untuk kembali akun instagram dan pilih ‘Edit Profil’. Geser layar ke bawah hingga muncul ‘ Nonaktifkan Sementara Akun Saya’. Klik pilihan tersebut pilih alasannya dan ketikkan password.

Secara otomatis akun kamu akan terhapus sampai kamu kembali log in. Hal ini tentunya berbeda ketika kamu menghapusnya secara permanen. Apapun alasan kamu menghapus akun instagram, cobalah cara yang sudah disediakan.  Semoga berhasil. Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Cara Menghapus Akun Instagram Yang Lupa Password Dengan Mudah"

close