Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Windows 10 Sering Hang, Nomor 3 Mudah Banget!

Cara Mengatasi Windows 10 Sering Hang - Microsoft sebagai perusahaan yang meluncurkan sistem operasi bernama windows yang saat ini tengah berada pada update ke 10 (windows 10). Beberapa orang masih ragu menggunakan windows 10 karena sebelumnya dari windows 7 kemudian 8, tetapi tidak ada upgrade ke windows 9. Microsoft sendiri menyatakan bahwa update terbaru dari windows 10 ini lebih kompleks dan dirasa kurang cocok untuk dinamakan windows 9.

Cara Mengatasi Windows 10 Sering Hang, Nomor 3 Mudah Banget!

Terlepas dari perdebatan yang ada, windows 10 sendiri juga masih sering terdapat kekurangan. Salah satu kekurangan yang masih tidak bisa dielakkan adalah windows sering Hang atau Nge-Lag. Bagi mereka yang aktivitasnya sebagian besar menggunakan laptop pastilah cukup terganggu jika mengalami hang seperti itu. Kamu perlu mengetahui cara mengatasi windows 10 sering hang agar bisa kembali menikmati laptop dengan nyaman.

Cara Mengatasi Windows 10 Sering Hang

1. Tutup Paksa Aplikasi yang Sedang Berjalan

Cara mengatasi windows 10 yang sering hang yang pertama adalah tutup paksa aplikasi yang sedang berjalan. Salah satu penyebab laptop sering hang yang umum terjadi adalah karena laptop tidak mampu memproses banyak aplikasi yang berjalan serentak.

Jika laptop tidak mampu memproses aplikasi tersebut, maka laptop akan mengalami not responding atau hang tiba-tiba. Beberapa laptop memang bisa menahan banyak aplikasi, tetapi dengan catatan spesifikasi laptop yang kamu miliki memang mumpuni untuk menunjang banyak aplikasi.

Namun, jika laptop yang kamu miliki masih dalam kategori spesifikasi yang menengah ke bawah atau RAM kecil, sebaiknya buka aplikasi sedikit saja. Jika sudah memakainya, langsung tutup saja. Apabila laptop kamu sudah kepalang mengalami hang, maka kamu bisa ikuti cara mengatasi windows 10 sering hang berikut ini.
  1. Coba kamu buka Task Manager dengan menekan kombinasi Ctrl + Shift + ESC.
  2. Lalu, carilah aplikasi berjalan yang tidak lagi diperlukan.
  3. Selanjutnya, klik End Task untuk mematikan paksa aplikasi berjalan.

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Dipakai Lagi

Kesalahan yang kerap terjadi oleh banyak orang adalah membiarkan aplikasi yang sudah tidak terpakai lagi tetap berada di laptop dan tidak menghapusnya. Padahal, jika setiap saat kamu menambah aplikasi baru tetapi tidak menghapus aplikasi lama, maka laptop akan semakin berat.

Laptop yang berat ini biasanya ditandai dengan penuhnya harddisk, lalu diikuti dengan seringnya laptop mengalami hang, lemot, not responding, dan sejenisnya. Tidak hanya sekedar memenuhi harddisk tetapi aplikasi tersebut juga akan mencatat file registry sehingga bisa dikatakan mirip file sampah yang sudah tak berguna lagi.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan? Hapus aplikasi tersebut dengan cara berikut ini. 
  1. Buka Control Panel dengan mengetikkannya di kolom pencarian di laptop kamu.
  2. Klik opsi Uninstall A Program.
  3. Perhatikan aplikasi mana saja yang sudah jarang atau bahkan tidak pernah dipakai lagi.
  4. Hapus aplikasi tersebut.

3. Hapus File yang Tidak Diperlukan

Selain, aplikasi yang jarang dipakai, file di penyimpanan komputer atau laptop kita juga menyumbang penyebab windows 10 sering hang. Maka, kamu perlu menghapus file-file yang menumpuk tidak digunakan lagi. Misalnya, berbagai film yang sudah kamu tonton. Ya, silahkan dihapus saja. Selain itu, file-file duplikat yang mungkin tersimpan di laptop juga sebaiknya dihapus. File berupa foto, dokumen, data-data lainnya juga perlu kamu filter mana yang perlu disimpan dan mana yang perlu dihapus.

Penutup

Selain dengan tiga cara di atas, sebenarnya masih banyak cara mengatasi windows 10 sering hang lainnya yang bisa kamu ikuti seperti menambah memori RAM laptop kamu, instal ulang windows, mengatur kembali Setting Startup, dan lain-lain. Semoga tiga cara sederhana tersebut bisa membantu kamu ya.

Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Windows 10 Sering Hang, Nomor 3 Mudah Banget!"

close