Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Mengatasi Nomor Telepon Tidak Bisa Menerima Panggilan

Nomor telepon yang tidak bisa menerima panggilan akan membuat kita kesulitan komunikasi dengan orang lain. Apalagi ada teman atau saudara yang hendak menelpon tapi tidak bisa-bisa karena nomor kamu tidak bisa menerima panggilan.

Nomor telepon yang tidak bisa menerima panggilan biasanya dikarenakan beberapa penyebab. Dan bisa jadi dari provider atau dari perangkat yang mengalami masalah. Masalah ini juga sering terjadi dan dialami orang-orang.

Dimana tiba-tiba nomor tidak bisa menerima panggilan. Sehingga pengguna mengalami kesulitan saat berkomunikasi dengan orang. Dan beberapa orang menganggap bahwa masalah ini karena adanya kerusakan pada smartphone.

8 Cara Mengatasi Nomor Telepon Tidak Bisa Menerima Panggilan

Memang penyebabnya belum jelas dan kebanyakan membuat pengguna bingung bagaimana solusinya. Dan jika kamu mengalami hal ini tenang saja, kamu bisa lakukan cara dibawah ini untuk mengatasi nomor Telepon yang tidak bisa menerima panggilan.

Cara Mengatasi Nomor Telepon Tidak Bisa Menerima Panggilan

Ada 8 cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi nomor telepon yang tidak bisa menerima panggilan.

1. Ubah 4G ke 3G

Beberapa smartphone memang sudah mendukung fitur VoLTE. Namun ada juga beberapa smartphone yang belum mendukung. Karena fitur VoLTE memungkinkan jaringan 4G LTE bisa menerima panggilan. Tapi jika belum bisa maka pengguna bisa setel atau ubah jaringan dari 4G only ke 2G/3G/4G atau ke 3G only. Dan jika kamu bingung mengubah jaringan dimana, Maka kamu bisa menuju ke setting > jaringan seluler.

2. Restart Perangkat

Cara kedua ini cukup efektif dalam mengatasi nomor telepon yang tidak bisa menerima panggilan. Caranya yaitu dengan restart perangkat dan tunggu proses restart sampai selesai.

3. Aktifkan Nomor Jika Mati

Jika nomor kamu merupakan nomor yang sudah mati karena sudah melewati masa tenggang dari provider. Maka kamu perlu aktifkan nomor tersebut agar bisa dihubungi kembali oleh seseorang. Karena jika nomor sudah mati maka beberapa layanan pada nomor tersebut juga ikut mati. Dan untuk mengaktifkannya maka kamu perlu mendatangi gerai provider seperti Grapari. Dan siapkan data-data pribadi untuk mengaktifkan kartu tersebut.

4. Pastikan Nomor Tidak Diblokir Provider

Nomor yang di blokir oleh provider juga bisa menyebabkan nomor tidak bisa menerima panggilan. Untuk memastikan nomor kamu diblokir atau tidak, kamu bisa menghubungi provider melalui sosial media atau email yang ada. 

5. Mode Pesawat

Langkah kelima yang bisa kamu coba yaitu dengan menyalakan mode pesawat dan kemudian mematikannya lagi. Tujuan hal ini yaitu untuk refresh jaringan agar berfungsi normal. Sehingga jika ada seseorang yang memanggil, Maka kamu bisa menerima panggilan.

6. Pastikan Sinyal Lancar

Kualitas sinyal juga memengaruhi perangkat untuk menerima panggilan. Jika tidak ada sinyal sama sekali atau lelet nya parah. Maka otomatis perangkat akan kesulitan menerima panggilan. Solusinya untuk hal ini yaitu dengan berpindah tempat ke tempat yang mempunyai kualitas sinyal cukup bagus agar nomor telepon bisa menerima panggilan.

7. Gangguan Dari Provider

Penyebab nomor telepon tidak bisa menerima panggilan yaitu gangguan dari provider. Karena adanya gangguan maka beberapa layanan dari nomor yang kamu gunakan tidak bisa digunakan dalam sementara waktu. Solusinya hanya bisa menunggu sampai gangguan dari provider ini bisa pulih sendirinya.

8. Nomor Penelpon Di Blokir

Mungkin saja kamu tidak bisa menerima panggilan dari nomor tertentu karena nomor tersebut kamu blokir. Mungkin kamu lupa akan blokir nomor tersebut atau salah setting. Sehingga kamu perlu membuka blokir agar bisa menerima panggilan telepon.

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian pembahasan mengenai cara mengatasi nomor telepon tidak bisa menerima panggilan. Semoga cara ini bermanfaat dan bisa mengatasi masalah tersebut. Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "8 Cara Mengatasi Nomor Telepon Tidak Bisa Menerima Panggilan"

close