Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mengatasi WIFI Tersambung Tapi Tidak Bisa Internet di HP

WIFI Tersambung namun internet tidak jalan sama sekali? Ada solusinya. Sesuai pembahasan kali ini yaitu jaringan WIFI dimana, Jaringan ini akses utama kita ke internet. Seperti yang kita tahu internet sekarang berperan penting dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa bidang seperti pekerjaan dan pendidikan mulai beralih ke Online. Oleh karena itulah akses internet menjadi cukup penting dengan bantuan data seluler atau menggunakan jaringan WIFI. Jaringan WIFI sendiri menjadi alat utama di rumah untuk berselancar di internet.

10 Cara Mengatasi WIFI Tersambung Tapi Tidak Bisa Internet di HP

Pemasangan WIFI di rumah cukup praktis dengan biaya sewa yang agak terjangkau. Apalagi sinyal WIFI cocok buat apapun seperti sosial media, chatting, meeting online, streaming dan lain-lain. Selain unlimited sinyal internet dari WIFI dapat di andalkan.  Akan tetapi selain sinyalnya yang stabil, WIFI juga terkadang terdapat beberapa masalah seperti halnya WIFI tersambung tapi tidak bisa internet di HP. Masalah ini seringkali terjadi bahkan saya sendiri sering mengalami.

Penyebab WIFI Tersambung Tapi Tidak Bisa Internet di HP

Pastinya kamu pernahna mengalami hal seperti ini? dimana WIFI sudah terhubung, Namun tidak bisa internetan sama sekali. Bahkan biasanya ada  notif kecil di icon wifi seperti tanda silang. Di beberapa merek lain bernotif "tidak ada internet" Hal ini membuat pusing kita sebagai pengguna, Lantas apa penyebabnya ?
  • Masalah Di Router WIFI
  • Masalah Sinyal
  • GAMAS ( Gangguan Massal dari Provider)
  • Masalah Di HP
Penyebab diatas adalah yang sering menjadi kunci masalah, Bisa jadi juga ada masalah lain yang belum diketahui.

Cara Mengatasi WIFI Tersambung Tapi Tidak Bisa Internet di HP

Namun saya mempunyai beberapa cara untuk mengatasi hal ini, Apalagi saya sendiri juga sering mengalami WIFI Tersambung tapi tidak bisa internet di HP.

#1 Restart Router atau Modem

Jika pelanggan setia dari indihome pasti sering nih melakukan hal ini, Karena memang CS nya selalu memberikan solusi jika wifi sedang bermasalah maka restart adalah solusinya. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi WIFI tersambung tapi tidak bisa internet di HP.

Sobat tinggal lakukan restart WIFI beberapa saat atau beberapa menit, Karena bisa jadi router atau Modem cukup panas suhu nya sehingga menimbulkan beberapa masalah.

#2 ON OFF WIFi

Cara ini merupakan yang sering saya lakukan yaitu On Off WIFI di perangkat HP secara terus menerus, Jika memang mengalami problem maka biasanya saat kamu On kembali akan sulit terhubung. Namun jika tidak bermasalah, Maka akan cepat terhubung dan bisa internetan seperti sedia kala.

#3 Mode Pesawat

Cara ketiga yaitu dengan memasuki mode pesawat sementara. Dengan mengaktifkan mode pesawat di HP, Otomatis semua jaringan baik itu data seluler dan Wifi akan mati dan kamu bisa menonaktifkan nya kembali untuk menghidupkan WIFI. Hal ini cukup efektif karena akan me refresh jaringan ke normal sehingga kamu bisa mengatasi WIFI tersambung tapi tidak bisa internet di HP.

#4 Restart HP

Cara keempat yaitu merestart HP agar perangkat bisa memulai ulang semua yang berjalan. Dengan dimatikan dan dihidupkan kembali perangkat, Maka jaringan WIFI yang tersambung tadinya bermasalah bisa kembali normal dan kamu bisa berinternetan lagi secara semula.

#5 Lupakan WIFI

Cara kelima yaitu melupakan WIFI, Disini bukan dilupakan (ditinggalkan). Maksutnya yaitu melupakan username dan passsword yant tersimpan. Sehingga kamu perlu menghubungkan lagi dengan memasukkan lagi Password nya agar bisa mengatasi masalah ini.

#6 Cek Pengaturan Router Perangkat Terblokir Atau Tidak

Jika ada yang usil atau kamu salah memblokir MAC seseorang, Bisa saja perangkat kamu terblokir sehingga WIFI yang tersambung internet nya tidak akan jalan. Cara mengatasi nya yaitu kamu masuk ke pengaturan router kemudian membuka kembali blokir tersebut.

#7 Periksa Router

Biasanya kerusakan router juga sering terjadi yang menyebabkan sinyal menjadi lelet bahkan internet tidak jalan sama sekali. kamu tinggal hubungi pihak terkait pemasangan WIFI sobat, Sehingga bisa dilakukan pengecekan lebih lanjut.

#8 Menunggu Beberapa Menit atau Jam

Jika terjadi masalah dari Provider yang biasanya Gamas atau gangguan massal, Maka kamu perlu menunggu untuk beberapa menit atau jam. Hal ini jarang terjadi, Namun bisa saja terjadi dan menyebabkan wifi yang tersambung namun tidak bisa internetan.

#9 Pastikan Tidak Banyak Perangkat Lain Yang Terhubung

Jaringan WIFI tidak menerima banyak sekali perangkat yang terhubung. Bahkan ada yang hanya bisa menerima 1-5 perangkat saja, Jika lebih dari itu maka akan terjadi overload sehingga sinyal menjadi lelet bahkan tidak jalan sama sekali. Jika terjadi hal seperti ini jalan satu-satunya yaitu kamu perlu memutuskan perangkat lain yang terhubung.

#10 Pastikan kamu Memiliki Akses Masuk Ke Jaringan WIFI

Jika kamu menggunakan WIFI dari fasilitas publik dan saat terhubung namun internet tidak jalan, Bisa dipastikan kamu tidak mendapatkan akses masuk.Seperti yang kita tahu bahwa ada beberapa WIFI publik yang membutuhkan akses masuk lagi menggunakan username dan password dan dimasukkan ke halaman yang tersedia yang bisa dibuka menggunakan browser.

Penutup

Sekian Informasi saya tentang cara mengatasi wifi tersambung tapi tidak bisa internet di HP. Jika ada pertanyaan lain, Silahkan ajukan di kolom komentar dan jangan lupa share artikel ini biar bermanfaat bagi yang lain, Terimakasih.

Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "10 Cara Mengatasi WIFI Tersambung Tapi Tidak Bisa Internet di HP"

close