Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Link Whatsapp Di Bitly Khusus Bisnis Marketing

Cara Membuat Link Whatsapp Di Bitly - Berbisnis online sejak sekarang memang penting apalagi buat kamu yang tak punya pekerjaan dan seringkali online di sosial media. Menanamkan semangat saat berbisnis juga harus dan perlu niat awal yang besar.

Buat kamu yang berbisnis online dan seringkali membagikan nomer whatsapp agar dihubungi oleh pembeli pastinya cuma tempelkan nomer doang di bagian status postingan. Hal ini memang bukan masalah sih,tapi buat yang ingin terlihat profesional bisa pakai cara saya yaitu membuat link whatsapp dengan bitly.

Cara Membuat Link Whatsapp Di Bitly Khusus Bisnis Marketing

Pasti bingungkan? kamu pernah melihat postingan dengan link semacam ini "bit.ly/orderbarang" pastinya sering dong lihat link semacam ini di postingan sosial media orang dan saat kamu klik langsung mengarah ke whatsapp orang tersebut.

Hal ini merupakan trik bisnis agar pembeli mudah menghubungi si penjual tanpa harus menyimpan nomer dari si penjual dan di chat terlebih dahulu. Hal ini membuat penjual dan pembeli terhubung secara cepat melalui whatsapp.

Pinginkan kamu yang jualan online menjadi terhubung secara mudah dengan pembeli secara cepat melalui WA? Pastinya. Beruntung buat kamu karena disini saya akan membagikan trik nya secara lengkap dibawah. Dan sebelum ke pembahasan kita bahas dulu tentang bitly.

Apa Itu Bitly ?

Bit.ly adalah url pendek yang merupakan layanan pemendek link dari situs bitly.com. Bitly.com mempermudah pengguna internet yang mempunyai url atau link panjang agar bisa dipendekkan dengan mudah dan bisa di kustom secara mudah.

Contoh singkat nya seperti ini jika kamu mempunyai url "https://www.whatsapp.com" maka diubah menjadi "bit.ly/wa" cukup singkat kan? ya ini karena bantuan dari bitly.com. Dengan memanfaatkan ini kita bisa mengkustom link wa di bitly.

Cara Membuat Link Whatsapp Di Bitly Khusus Bisnis

Oke sebelum ke topik saya akan membahas perkenalan agar semakin mudah dipahami. Bagaimana cara membuat orang saat klik link bitly otomatis akan memunculkan teks saat akan mengirim pesan ke penjual? caranya yaitu menggunakan api whatsapp.

Contohnya saja jika kamu mempunyai nomer 082123456789 ,maka kamu ubah dengan api whatsapp menjadi https://api.whatsapp.com/send?phone=6282123456789&text=Hallo%20Blog%20Dimas.
  • Api Whatsapp = merupakan url resmi wa untuk menuju ke nomer sobat
  • 6282123456789 = adalah nomer yang kamu pakai dan ubah angka 0 menjadi 62
  • Hallo Blog Dimas = adalah teks otomatis yang akan muncul saat pembeli mengklik tautan sobat
  • %20 = adalah kode spasi antar teks
Cara Membuat Link Whatsapp Di Bitly Khusus Bisnis Marketing

Sampai sini pastinya kamu sudah paham kan ?tapi ini belum selesai karena link akan terlihat panjang saat kamu share ke sosial media dan akan menambah jelek postingan sobat. Lanjut kita percantik dengan memendekkan link tersebut menggunakan situs bitly.

Cara Membuat Link Whatsapp Di Bitly

  1. Masuk situs www.bitly.com
  2. Buat akun terlebih dahulu agar bisa kustom
  3. Klik bagian register untuk mendaftar
  4. Kemudian kamu akan masuk kebagian management link
  5. Lanjut kamu copy link wa tadi yang panjang
  6. Dan kembali ke bagian management link tadi
  7. Klik create
  8. Masukkan link panjang ke kolom dan klik create
  9. Maka link otomatis menjadi pendek, tapi belum selesai karena url acak
  10. Kita klik bagian CUSTOMIZE BACK-HALF dan hapus url acak sisakan bit.ly/ 
  11. Isikan belakang nya sesuai keinginan ,misalnya bit.ly/blogdimas
  12. Dan klik save
  13. Berhasil
Gimana cukup mudah kan? cara ini cukup efektif agar postingan kamu terlihat profesional serta memudahkan pembeli saat ingin menghubungi sobat. Pastikan cara ini kamu simak secara detail ya, mudah kok jika baca perlahan.

Demikian artikel yang bisa saya sampaikan, jika terdapat pertanyaan silahkan berkomentar dibawah dan jangan lupa share ya ke temen-temen kamu biar pada tahu.

Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Link Whatsapp Di Bitly Khusus Bisnis Marketing "

close