Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Alam Pulau Lanjukang, Surga Terluar Kota Makassar

Wisata Alam Pulau Lanjukang

Wisata Alam Pulau Lanjukang, Surga Terluar Kota Makassar - Kawasan Indonesia Timur terkenal akan keindahan pantainya, tidak terkecuali dengan Kota Makassar. Kota yang berjuluk Kota Anging Mamiri ini memiliki potensi wisata bahari yang sangat indah, salah satunya Pulau Lanjukang.

Jika selama ini kita hanya mengetahui Makassar dengan Pantai Losari sebagai landmark kota dan Benteng Fort Rotterdam yang fenomenal dengan sejarahnya. Ternyata Makassar juga memiliki sisi lain dari keindahan pantai yang tersembunyi yaitu Pulau Lanjukang.

Pulau Lanjukang merupakan salah satu pulau yang berada dalam kawasan Kepulauan Spermonde.  Kepulauan Spermonde sendiri terletak di Selat Makassar, memiliki kurang lebih 120-an pulau yang tersebar mulai dari Kabupaten Takalar di selatan hingga Mamuju selatan dan masuk ke dalam Sulawesi Barat.

Karena letaknya berada paling luar kepulauan, sehingga membuat Pulau Lanjukang menjadi tempat peristirahatan sementara para nelayan dari Makssar sebelum meneruskan perjalanan mencari ikan. Pulau Lanjukang sendiri berjarak kurang lebih 40 Km dari Kota Makassar.

Untuk menuju ke Pulau Lanjukang anda, harus menyewa kapal kayu satu hari sebelum berangkat di Pelabuhan Paotere. Dikarenakan akomodasi transportasi regular menuju pulau belum tersedia saat ini. Harga sewa kapal kayu dengan mesin temple dan 2 deck dikisaran harga Rp 1,5 juta hingga Rp 2 Juta dengan kapasitas mencapai 30 Orang.

Perjalanan ke Pulau Lanjukang memakan waktu kurang lebih 3 jam. Cukup lama, namun anda bisa bersantai didalam kapal kayu agar perjalanan tidak terasa membosansakan. Diperjalanan anda bisa memakai sunblock, karena terik matahari selama perjalanan cukup menyengat.

Di perjalanan kita akan melewati pulau-pulau lain di gugusan kepulauan Spermonde, seperti Pulau Samalona, Pulau Kodingaren Keke, Pulau Barrang Lompo dan lain-lain. Sebaiknya anda mempersiapkan perbekalan selama perjalanan agar tidak terasa lapar.

Setibanya di Pulau Lanjukan kita akan terpesona dengan keindahan pantai dan pasir putihnya. Air laut yang bening dan keramahan penduduk membuat liburan kita semakin menyenangkan.

Jumlah penduduk yang mendiami Pulau Lanjukang sekitar 15 Kepala Keluarga. Dan kebanyakan berprofesi sebagai nelayan. Hasil tangkapan ikan pun sangat jarang dijual di Makassar, mengingat biaya angkut cukup besar.

Fasilitas yang tersedia masih kurang memadai terutama listrik dan air yang masih terbatas. Disini terdapat juga sebuah Mushollah kecil yang digunakan untuk ibadah masyarakat sekitar.

Ditengah keterbatasannya, penduduk Pulau Lanjukang sangatlah ramah terhadap wisatawan yang berkunjung di Pulau ini. Mereka biasa membantu wisatawan memasakkan nasi atau sekedar membuatkan minuman bagi wisatawan.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Pulau ini, sebaiknya kita membawa bahan makanan baik beras atau sembako lainnya untuk diberikan ke penduduk setempat.

Sepanjang mata memandang, Pulau lanjukang menawarkan keindahan berupa pasir putih dan air laut yang berwarna biru toska. Pohon Kelapa yang berada dipinggir pantai semakin menambah keindahan pulau ini.

Selain itu kita juga dapat memandang pulau ini dari atas mercusuar yang terdapat di sisi Pulau. Anda pun bisa berenang dan bersnorkling sambil menikmati keindahan bawah laut Pulau Lanjukang.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Wisata Alam Pulau Lanjukang, Surga Terluar Kota Makassar"