Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Alam Danau Tempe, Danau Purba Unik yang Simpan Keindahan Alam

Danau Tempe

Wisata Alam Danau Tempe, Danau Purba Unik yang Simpan Keindahan Alam - Sulawesi Selatan menyimpan begitu banyak tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Destinasi wisata menarik di Sulawesi Selatan tidak hanya terdapat di Kota Makassar saja, yang terkenal dengan Pantai Losari-nya. Tetapi juga di Kota Sengkang yang memiliki tempat rekreasi yang bernama Danau Tempe yang merupakan danau purba unik yang menyimpan banyak keindahan alam. Danau ini terletak di bagian Barat Kabupaten Wajo (Sengkang), tepatnya di Kecamatan Tempe, Sulawesi Selatan. Lokasinya berada sekitar 7 km dari Kota Sengkang.

Danau Tempe merupakan obyek wisata unggulan di Kabupaten Wajo. Danau yang luasnya mencapai 13.000 hektar ini menjadi tujuan wisata favorit yang tidak hanya di kunjungi oleh wisatawan domestik saja, melainkan juga wisatawan mancanegara. Danau Tempe memiliki kekayaan ikan air tawar yang melimpah. Karena kekayaan ikan air tawar yang melimpah inilah Danau Tempe disebut sebagai penghasil ikan air tawar terbesar di Indonesia, bahkan dunia. Danau Tempe merupakan danau tektonik yang terbentuk secara alami dari dari proses geologis dengan daratan Sulawesi Selatan Proses alam itu kini membuahkan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Setiap jengkal Danau Tempe menawarkan pesona keindahan yang tak dapat diragukan lagi. Petualangan kecil Anda baru akan dimulai saat menyisiri danau yang memiliki tekanan ombak sedang ini. Selama perjalanan, Anda akan disejukkan oleh rona langit biru yang berpadu dengan hijaunya pepohonan yang berada di sisi-sisi danau. Tak hanya disuguhkan oleh pemandangan alam terbuka yang indah, Danau Tempe juga menawarkan keunikan lain.

Jajaran rumah terapung berhias bendera warna-warni di sekitar danau yang menambah kemolekan telaga unik di Kecamatan Tempe. Rumah terapung adalah salah satu bentuk kearifan lokal yang terdapat di Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan. Sampai saat ini, rumah terapung di gunakan sebagai tempat tinggal para nelayan beserta keluarganya yang menggantungkan Danau Tempe sebagai sumber mata pencaharian.

Selain keindahan rumah terapung yang eksotik, saat Anda berkunjung di Danau Tempe juga akan disambut dengan keramahtamahan warga setempat. Mereka tak akan keberatan jika Anda berkunjung ke rumah mereka. Sejenak berada di rumah terapung, Anda bisa merasakan sensasi tinggal di atas permukaan air. Saat cuaca cerah, Anda juga bisa juga bisa menghabiskan waktu di rumah terapung menunggu lelapnya sang mentari.

Dengan segala keunikan, keindahan dan keramahan penduduknya, Danau Tempe adalah salah satu destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan jika Anda tengah berkunjung ke Sulawesi Selatan. Akses menuju lokasi obyek wisata Danau Tempe dapat ditempuh melalui jalur darat. Dari Kota Sengkang, Anda dapat menaiki mobil pete-pete (mikrolet) dengan tujuan Sungai Walennae.

Perjalanan akan di lanjutkan dari Sungai Walennae menuju Danau Tempe menggunakan Katinting (perahu motor) selama kurang lebih 30 menit. Namun, tak perlu membayangkan keruwetan menuju Danau Tempe, karena kami ARSY Tours & Travel yang akan mengawal perjalanan Anda ke Danau Tempe dengan nyaman dan aman.(rva)

Tag: Danau Tempe, Danau Purba Unik yang Simpan Keindahan Alam, Danau Tempe, Kota Sengkang, Kecamatan Tempe, Danau Penghasil Ikan Air Tawar dari Kabupaten Wajo (Sengkang), Danau Tektonik Purba, Rumah Terapung, Arsy Tour & Travel

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Wisata Alam Danau Tempe, Danau Purba Unik yang Simpan Keindahan Alam"