Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menyusuri Pesona Keindahan Air Terjun Takappala

Air Terjun Takappala

Menyusuri Pesona Keindahan Air Terjun Takappala - Kecamatan Tinggimoncong Gowa merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan yang kaya akan destinasi wisata alam. Lokasinya yang berada di dataran tinggi, membuat kecamatan ini berhawa sejuk dan ditumbuhi rindang pepohonan. Selain Hutan Pinus dan Perkebunan Teh Malino, Tinggimoncong juga menawarkan pesona wisata air terjun. Salah satunya adalah Air Terjun Takapala. Tak seperti kebanyakan air terjun, air terjun yang berlokasi di desa Bonto Lerung ini begitu unit. Kali ini Arsy Tour & Travel akan mengajak Anda mengulik beberapa keunikan Air Terjun Takapala.

Apabila Anda juga berkunjung ke Perkebunan Teh Malino, maka tak butuh waktu lama untuk sampai ke Air Terjun Takapala. Berjarak sekitar 5 km dari tempat tersebut, Anda bisa menjangkau air terjun ini baik menggunakan sepeda motor maupun mobil. Sepanjang perjalanan dari perkebunan Malino ke Air Terjun Takapala, Anda akan disuguhi pemandangan hijau persawahan yang begitu luas. Pemandangan ini sangat menarik untuk difoto, terlebih saat cuaca cerah.

Sesampainya di area wisata Air Terjun Takapala, Anda akan mendapati dua pilihan untuk menjangkau lokasi air terjun. Anda yang tak ingin letih, bisa langsung memilih memarkir kendaraan di dekat lokasi air terjun. Namun, bagi Anda yang ingin memacu adrenalin disarankan memilih menyusuri jalan setapak yang sudah dilengkapi tangga. Tangga tersebut tak terlalu curam, tetapi jumlahnya yang cukup banyak membuat Anda harus menyiapkan energi untuk bisa melewatinya. Bekal air putih setidaknya cukup untuk mengurangi dahaga di tengah perjalanan.

Meski terasa sedikit menguras keringat, tetapi menyusuri jalan setapak ini akan memberikan sensasi lebih “nendang’ dibanding naik kendaraan dan langsung sampai di lokasi air terjun. Di sepanjang Anda berjalan, di kanan kiri tangga tersaji hamparan pohon rindang. Sesekali terdengar cuitan burung berpadu irama desis angin. Usai menyusuri jalan, Anda akan dihadapkan pada pemandangan deretan penginapan dan parkir kendaraan (pengunjung yang menempuh rute dengan kendaraan).

Usai melewati tangga nan banyak itu, gemercik suara air terjun mulai terdengar dan sesekali tempiasnya akan membasahi wajah Anda. Kini, lelah perjalanan Anda pun akan segera terbayar dengan melihat eloknya Air Terjun Takapala.

Air terjun ini berada di sisi barat Gunung Lompobattang-Bawakaraeng. Aliran airnya cukup deras mengucur dari ketinggian lebih dari 109 meter. Debit airnya yang cukup deras itu  memicu terbentuknya kolam alami yang bisa digunakan untuk bermain air dan berenang.

Selain itu, pesona  Air Terjun Takapala juga tampak dari tebingnya yang berbentuk pilar-pilar atau kolom-kolom. Dalam istilah geologi, struktur batuan yang berbentuk pilar atau kolom itu disebut columnar joint. Struktur batuan ini terbentuk karena proses pedinginan lava magma Gunung Lombobattang yang muncul di permukaan tanah di masa silam.

Puas bermain dan berenang, Anda bisa menikmati melanjutkan panorama Air Terjun Takapala dengan minum minuman hangat dan makanan ringan yang dijajakan penjual di kawasan wisata ini. Jangan lupa pula untuk membeli oleh-oleh khas Malino yang juga dijajakan di lokasi ini. Nah, demikian ulasan soal beberapa keunikan wisata Air Terjun Takapala? Penasaran seperti apa keindahan Takapala yang sesungguhnya, jangan tunda lagi liburan Anda ke tempat ini. Arsy Tour & Travel akan selalu siap menjadi mitra wisata Anda dengan harga terjangkau, tetapi tetap memberikan layanan memukau. (y*)

Tag: beberapa keunikan air terjun Takalapa, Air Terjun Takapal, Tinggimoncong, Gowa, Sulawesi Selatan, hutan pinus, perkebunan teh Malino, Arsy Tour & Travel, columnar joint,
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Menyusuri Pesona Keindahan Air Terjun Takappala"