Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Transmisi Serial Pada Jaringan WAN

Transmisi Serial Pada Jaringan WAN - Untuk komunikasi jarak jauh, WAN menggunakan transmisi serial. Ini adalah proses dimana bit dari data dikirimkan melalui satu channel. Proses ini menyediakan komunikasi jarak jauh yang lebih reliabel dan menggunakan spesifikasi elektromagnetik atau range freksuensi optikal yang khusus.

Transmisi Serial Pada Jaringan WAN
WAN Serial 

Router bertanggung jawab untuk meroutekan paket data dari sumber ke tujuan didalam LAN dan menyediakan koneksi ke WAN. Sebagai tambahan untuk menentukan tipe kabel, diperlukan untuk memastikan apakah kabel DTE atau kabel DCE yang dibutuhkan. DTE adalah endpoint dari perangkat user pada jalur WAN. DCE biasanya titik yang bertanggung jawab untuk mengirimkan data menuju ke tangan service provider. Jika koneksi dibuat langsung ke penyedia layanan, atau ke perangkat yang menyediakan sinyal clocking seperti CSU/DSU, router akan menjadi perangkat DTE dan menggunakan kabel DTE. Bagaimanapun, adakalanya router dibutuhkan untuk menyediakan kecepatan clock dan router tersebut menggunakan kabel DCE.

Transmisi Serial Pada Jaringan WAN
perangkat DTE

Pada sisi router juga dibutuhkan port yang sesuai dengan tipe kabel dan konektor yang digunakan. Port tersebut bisa berupa port yang tetap atau modular. Tipe port yang digunakan akan mempengaruhi sintaks yang digunakan untuk mengkonfigurasi router. Interface pada port serial yang tetap akan dilabeli dengan tipe port dan nomor port. 

Transmisi Serial Pada Jaringan WAN
 tipe port dan nomor port

Interface pada router dengan port serial modular dilabeli untuk tipe port, slot dan lokasi dari modul. Untuk mengkonfigurasi port pada card modular, dibutuhkan untuk mengspesifikasi interface menggunakan sintaks tipe port nomor slot/nomor port .

Transmisi Serial Pada Jaringan WAN
tipe port nomor slot/nomor port

Untuk koneksi ke ADSL dibutuhkan interface Asymmetric Digital Subscriber Liner (ADSL). Untuk menghubungkan jalur ADSL ke port pada router, lakukan langkah langkah sebagai berikut: 

  • koneksikan kabel telepon ke port ADSL pada router 
  • koneksikan ujung yang lain pada jack telepon.


Transmisi Serial Pada Jaringan WAN
menghubungkan router ke layanan DSL

Untuk menghubungkan router ke layanan DSL, gunakan kabel telepon dengan jack RJ-11. DSL bekerja melalui standar line telepon menggunakan pin 3 dan 4 pada standar konektor RJ-11. Untuk menghubungkan router ke layanan kabel modem diperlukan interface khusus yang memiliki konektor F untuk kabel coaxial. Kabel coaxial dan konektor BNC digunakan untuk menghubungkan router dan layanan kabel modem. Lakukan langkah langkah dibawah ini untuk menghubungkan router ke layanan kabel modem: 

  • Pastikan router tidak terhubung ke power. 
  • Carilah kabel coaxial RF pada wall outlet untuk TV kabel. 
  • Instal cable splitter/directional coupler, jika dibutuhkan, untuk memisahkan sinyal untuk TV dan untuk komputer. Jika dibutuhkan, instal juga high-pass filter untuk mencegah interferensi antara sinyal TV dan komputer. 
  • Hubungkan kabel coaxial ke konektor F pada router. Kencangkan konektor dengan memutar searah jarum jam.
Transmisi Serial Pada Jaringan WAN
menghubungkan router ke layanan kabel modem

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Transmisi Serial Pada Jaringan WAN"