Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian CLI (Command Line interface)

Pengertian CLI (Command Line interface) - CLI (Command-Line interface) adalah suatu interface dari user ke router menggunakan perintah berbasis teks. CLI menggunakan struktur berhirarki. Struktur ini membutuhkan user untuk memasuki suatu mode tertentu untuk menjalankan suatu perintah. Perintah - perintah dalam CLI hanya berlaku untuk satu mode saja, sehingga apabila user tidak dalam kondisi mode tersebut maka user tidak dapat memberikan perintah tersebut ke router.

Pengertian CLI (Command Line interface)
Perintah perintah dalam CLI

Administrator memberikan perintah ke router melalui software terminal emulation (hyperterminal). Perintah tersebut dilakukan sesuai dengan prompt yang menandakan pada mode mana router sedang bekerja. 

Pengertian CLI (Command Line interface)
Terminal Emulation

IOS menyediakan sebuah command intepreter yang disebut command executive (EXEC). Setelah perintah EXEC ini dimasukkan, EXEC akan mengvalidasi dan menjalankan perintah. Untuk memberikan keamanan, EXEC dibagi menjadi dua level. Level tersebut adalah user EXEC mode dan privileged mode. 

  • User EXEC mode memperbolehkan hanya beberapa perintah monitoring terbatas. Sering disebut mode view only . User mode tidak memperbolehkan perintah apapun yang dapat mengganti konfigurasi router. User mode dapat diidentifikasi dengan prompt > . 
  • Privileged EXEC mode mampu mengakses seluruh perintah router. Mode ini dapat dikonfigurasi untuk membutuhkan password ketika user akan mencoba mengaksesnya. Global configuration mode dan mode lainnya dapat diakses setelah user mengakses mode ini. 
Untuk mengakses privileged exec mode dari user exec mode menggunakan perintah enable , untuk sebaliknya menggunakan perintah disable.

Pengertian CLI (Command Line interface)
Contoh Perintah CLI
Global configuration mode digunakan pada router untuk mengaplikasikan perintah konfigurasi yang berefek pada keseluruhan router. Perintah berikut ini memindahkan dari mode privileged ke global configuration mode. 
Router#configure terminal 
Router(config)# 
Dari global configuration mode dapat masuk ke menu configuration yang lain. Ketika mode specific dimasuki, prompt pada router akan berubah yang mengindikasikan mode configuration yang sekarang berjalan. Untuk kembali ke global configuration mode ketiklah perintah exit . Tekanlah Ctrl+Z untuk keluar dari configuration mode dan kembali ke privileged mode.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian CLI (Command Line interface)"