Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Server Web dan Fungsinya

Pengertian Server Web dan Fungsinya - Web server dapat diartikan secara sederhana sebagai perangkat keras (hardware) maupun sistem yang terstruktur melalui perangkat lunak (software). Secara bahasa, server berarti penyedia layanan. Dalam sistem komputer, server didefinisikan sebagai komputer berikut sistem yang terintegerasi di dalamnya yang berfungsi sebagai sistem penyimpanan data sekaligus sistem yang memungkinkan pertukaran dan komunikasi antar perangkat komputer. Dengan demikian, web server berfungsi menerima permintaan http/https (hyper text transfer protokol) dari klien yang menggunakan perambah/browser (mozilla firefox, chrom, dll) dan mengirimkan hasil dari permintaan tersebut dalam bentuk halaman web. 

Umumnya respon yang diberikan oleh server berupa berkas atau laman dalam format HTML (HyperText Markup Language). Web server dapat diartikan pula sebagai komputer yang terhubung dengan internet dan berfungsi untuk menyimpan data dan menyampaikan informasi berdasarkan permintaan klien.

Pengertian Server Web
Cara Kerja Server Web Secara Umum
Fungsi utama server adalah mesin pemroses yang mentransfer berkas atas pemintaan klien menggunakan jenis dan bentuk komunikasi yang telah ditentukan. Server hanya menyampaikan berkas yang tersimpan di dalam perangkat kerasnya, dan sebatas menyampaikan segala sesuatu yang diminta oleh klien. Server, dengan demikian, tidak dapat menyampaikan data yang tidak tersimpan atau terdapat dalam perangkat keras penyimpanan atau data yang dibatasi untuk diakses secara terbuka.

Pengertian Server Web dan Fungsinya
Infrastruktur Penempatan Server Web

Dengan demikian, fungsi lain web server adalah sistem pemberkasan. Pengguna dapat meminta server untuk menyediakan berkas sesuai dengan ketersediaan, bentuk testruktur yang dapat diakses melalui perambah dan permintaan pengguna. Halaman web adalah bentuk tampak dari struktur pemberkasan yang dikelola oleh server. Halaman web server dapat berupa teks, gambar, video, audio atau kombinasi antar bentuk tersebut.

Keraksesan data yang disampaikan oleh server juga tergantung dengan kemampuan alat yang digunakan klien untuk menerima data tersebut. Sebagai contoh, web server mengirimkan berkas laman yang mengandung video sementara perambah yang digunakan tidak memiliki kemampuan menampilkan video. Situasi tersebut menyebabkan browser tetap tidak mampu menampilkan pesan atau data yang disampaikan oleh server. Kegagalan mengakses akibat kendala ketidaktersediaan atau gangguan pada sisi server biasanya disampaikan dalam pesan khusus yang umum, seperti 404 (Not Found), 500 (Internal Server Error).

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian Server Web dan Fungsinya"

close