Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arsitektur Pengalamatan IPv6

Arsitektur Pengalamatan IPv6 - IPv6 akan memberikan ruang yang sangat banyak dalam penggunaan alamatnya dan dapat dipakai untuk masa depan nanti persediaanya. IP versi 6 ini juga membentuk inftastruktur routing yang di susun secara hirarki yang tujuannya untuk mengurangi kompleksitas proses routingyang panjang dan tabel routing. Berbeda dengan IP versi 4, pada IP versi 6 menggunakan konfigurasi alamat dengan menggunakan DHCP server yang istilah asingnya disebut stateful address configuration. Ada juga konfigutasi alamat IPv6 yang tanpa menggunakan DHCP server yang disebut dengan istilah stateless address configuration. Dalam IPv6 bit-bit tingkat tinggi akan digunakan sebagai identitas dalam alamat IPv6 yang disebut dengan istilah Format Prefix. IPv6 tidak mengenal istilah subnetting yang ada hanyalah format prefix. Dalam IPv6 pengalamatan didefinisikan dalam RFC 2373. IPv6 ini memiliki fitur-fitur baru yakni sebagai berikut :

  1. Peningkatan kapasitas menjadi 128 bit. 
  2. Penyederhanaan format header untuk mempercepat pemrosesan paket. 
  3. Option dan ekstensi header agar lebih efisien dalam penerusan paket (packet forwarding). 
  4. Kemampuan pelabelan aliran untuk kualitas layanan yang lebih baik. 
  5. Autentifikasi dan kemampuan privasi untuk keamanan. 
  6. Konfigurasi yang otomatis. 
  7. Alamat yang anycast (penyampaian paket data kepada anggota terdekat dari sebuah grup). 
Alamat IPv6 sebenarnya merupakan idetifikator sepanjang 128 bit untuk interface dan sekumpulan interface lainnya. Ada tiga tipe alamat IPv6 : 

a. Alamat Unicast 

Dipergunakan untuk interface tunggal. Paket yang dikirimkan ke alamat unocast adalah paket yang dikirimkan ke sebuah interface yang diidentifikasi oleh alamat tersebut.
Arsitektur Pengalamatan IPv6
Pengiriman Dengan Alamat Unicast 

b. Alamat Anycast 

Dipergunakan untuk sekumpulan interface (milik node yang berbeda). Paket yang dikirimkan ke alamat anycast adalah paket yang dikirimkan ke salah satu dari sekumpulan interface yang diidentifikasi oleh alamat tersebut dimana alamat yang paling dekat, mengacu pada pengukuran jarak dari protokol routing.

Arsitektur Pengalamatan IPv6
Pengiriman Dengan Alamat Anycast

c. Alamat Multicast 

Dipergunakan untuk sekumpulan interface (milik node yang berbeda). Paket yang dikirimkan ke alamat multicast adalah paket yang dikirimkan ke semua interface yang diidentifikasi oleh alamat tersebut.

Arsitektur Pengalamatan IPv6
Pengiriman Dengan Alamat Multicast

Perlu diketahui, jika dibandingkan dengan format arsitektur pengalamatan pada IPv4, maka untuk IPv6, tidak ada alamat broadcast. Dalam arsitektur pengalamatan IPv6 fungsi alamat broadcast digantikan oleh alamat multicast. Alamat-alamat IPv6 dari semua tipe diberikan pada interface, tidak pada node. Alamat unicast IPv6 mengacu pada interface tunggal. Karena setiap interface milik node tunggal, alamat unicast yang diberikan pada node tersebit juga digunakan untuk mengidentifikasi node tersebut.

Arsitektur Pengalamatan IPv6
Perbandingan Header IPv4 Dan IPv6
Semua interface diharuskan untuk mempunyai setidaknya satu alamat unicast link-local. Satu buah interface dapat diberikan atau dialokasikan alamat IPv6 lebih dari satu dengan berbagai macam tipe alamat atau scope. Alamat unicast dengan scope lebih besar dari link-scope tidak diperlukan untuk interface yang tidak digunakan sebagai alamat asal atau tujuan dari paket IPv6. Hal ini kadang-kadang tepat untuk interface pointto-point, atau dalam bentuk link point-to-point, tidak perlu adanya pemberian alamat unicast pada kedua interface tersebut. Ada satu pengecualian pada model pengalamatan ini, yaitu alamat unicast atau sekumpulan ala,at unicast mungkin diberikan ke interface fisik yang banyak jika implementasi tersebut menganggap interface yang banyak tersebut sebagai satu kesatuan interface ketika dihadapkan pada layer internet. Hal ini sangat berguna untuk load-sharing melalui interface fisik yang banyak. Saat ini IPv6 melanjutkan model IPv4 dimana prefix subnet diasosiasikan dengan satu link (link tunggal). Prefix subnet yang mungkin diberikan pada link yang sama dapat lebih dari satu.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

1 komentar untuk "Arsitektur Pengalamatan IPv6"