Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menambah File dan Filegroup Menggunakan SSMS

Daripada menempatkan objek user-defined dalam file data primer, tersedia juga pilihan untuk menambahkan file data sekunder ke basis data. File data primer biasanya diakhiri dengan ekstensi .mdf, sedangkan file data sekunder diakhiri dengan ekstensi .ndf. File data sekunder biasanya digunakan untuk membagi data di antara subsistem disk atau untuk menambah ruang disk pada basis data ketika file data lainnya telah mencapai kapasitas maksimum.

Selain menambahkan beberapa file pada sebuah basis data, best practice lainnya adalah mengelompokkan file menggunakan filegroup. Ketika sebuah basis data dibuat, filegroup primer yang berisi file data primer juha kana dibuat secara default. Filegroup tambahan dibuat untuk mempermudah administrasi basis data dan secara tipikal untuk mengelompokkan file - file data secara bersamaan.

Langkah - langkah Menambah File dan Filegroup Menggunakan SSMS

1. Aktifkan SSMS dan lakukan koneksi ke instance SQL Server.

2. Jika Object Explorer belum terbuka, maka tekan tombol F8.

3. Ekspansi folder Database.

4. Klik kanan basis data Modul02SSMS dan pilih Properties pada menu context.


5. Pilih Filegroups dari bagian Select a page pada kotak dialog Database Properties. Klik tombol Add di bawah Rows.


6. Pada baris baru yang saja ditambahkan, ketikkan Modul02SSMSGroup1 di kolom Name dan tandai kotak check box di kolom Default.


7. Pada bagian Select a page, pilih Files. Klik tombol Add dibawah Database files.


8. Pada baris baru yang baru saja ditambahkan, ketikkan Modul02SSMS1 di kolom Logical Name. Pada kolon Filegroup, pilih Modul02SSMSGroup1. Pada kolom Path, klik tombol elipsis dan browse ke folder SQLData. Pada kolom File Name, ketikkan Modul02SSMS1.ndf

9. Klik tombol OK

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Menambah File dan Filegroup Menggunakan SSMS"