Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kandungan dan Manfaat Buah Tomat Bagi Tubuh

Tomat merupakan tanaman perdu semusim (siklus hidup antara 2-3 bulan) dengan nama Latin Solanum Lycopersicum syn. lycopersicum esculentum famili Solanaceae. Daun tanaman ini berbentuk segitiga, bercelah dengan tulang daun menyirip, dan tersusun dalam sebuah tangkai bersama. Tinggi tanaman dapat mencapai 1-3 m, Akarnya tunggang dengan akar samping yang banyak dan dangkal, berwarna kuning ketika masih dalam bentuk bunga, kemudian berubah warna menjadi hijau ketika muda dan menjadi kuning atau merah ketika tua, dengan bentuk buah bermacam - macam seperti bulat, bulat pipih, dan mirip bola lampu. Daging buahnya banyak mengandung air dan tersusun dalam tandan, sedangkan bijinya berukuran relatif kecil dan jumlahnya banyak. Tomat saat ini memiliki bermacam - macam varietas seperti tomat apel, tomat porselin atau tomat sayur, tomat kentang, tomat keriting, tomat liar, tomat ranti dan tomat ceri.


Kandungan dan Manfaat Tomat

Tomat mengandung alkaloid slonain (0.007%), tomatin, asam sitrat, asal folat, asam malat, mineral, vitamin, gula, biofalvonoid, sapinin, protein, lemak, adenin, trigolin, holin, histamin. Zat - zat yang terkandung di dalam tomat beberapa diantaranya, berdasarkan penelitian, memiliki manfaat untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan, hilangnya nafsu makan (lost of appetile), hepatitis, sariawan, wasir, hipertensi dan kolestrol. Tomat kaya akan likopen (suatu golongan karotenoid), yaitu salah satu antioksidan yang paling kuat yang diduga dapat mencegah karsinogenesis. penelitian Giovanucci et al. menunjukka bahwa asupan makanan yang kaya likopen (misa tomat, saus tomat, dan pizza) menurunkan resiko kanker prostat.


Buah tomat sangat baik untuk kesehatan kulit. beberapa penelitian di inggris teleh menemukan bahwa menambahkan tomat yang dimasak ke dalam menu makanan setiap hari akan meningkatkan kemampuan kuit untuk melindungi diri dari sinar ultraviolet yang berbahaya. senada dengan hasil penelitian tersebut adalah penelitian dari University of Manchester dan University of Newcastle, yang menunjukkan bahw menambahkan lima sendok makan pasta tomat ke dalam menu makan setiap harinya dapat membantu menghindari kerusakan kulit dengan cara melindungi kulit terhadap dampak sinar ultraviolet pada 10 dari 20 relewan penelitian. 
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Kandungan dan Manfaat Buah Tomat Bagi Tubuh"